Implementasi Model Pembelajaran STEAM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI UPT SDN Inpres Tonrong Saddang

Authors

  • Nurlina Rasyid Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Ismail Ismail Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Aminullah Aminullah Universitas Muhammadiyah Enrekang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5629

Keywords:

Implementasi, Model Pembelajaran STEAM, Meningkatkan, Hasil Belajar IPA, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Urgensi dari penelitian ini terletak pada rendahnya hasil belajar dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPA di kelas VI UPT SDN Inpres Tonrong Saddang, yang ditunjukkan oleh masih rendahnya rata-rata nilai dan tingkat ketuntasan belajar sebelum diterapkannya model pembelajaran STEAM, sehingga diperlukan upaya inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan berpikir siswa secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI UPT SDN Inpres Tonrong Saddang melalui penerapan model pembelajaran STEAM. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari dua siklus, masing-masing mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI UPT SDN Inpres Tonrong Saddang yang berjumlah 25 orang, dan penelitian ini dilaksanakan pada semester berjalan tahun ajaran 2024/2025. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model STEAM. Rata-rata nilai siswa pada Siklus I adalah 68 dengan tingkat ketuntasan 56%. Setelah perbaikan strategi pada siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 78 dengan tingkat ketuntasan mencapai 80%. Penerapan model STEAM juga meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, dari 65% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis STEAM efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA serta keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, L., Mayasari, D., & Setyowati, R. (2023). Pengaruh Pendekatan Steam dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pembelajaran IPA SDN 15 Singkawang. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2063-2070. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.547

Barkah, E. S., Awaludin, D., & Bahtiar, M. I. E. A. (2024). Implementasi model pembelajaran steam (science, technology, engineering, art and mathematics): strategi peningkatan kecakapan abad 21. Jurnal Syntax Admiration, 5(9), 3501-3511. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i9.1497

Dewi, L. G. D. P., Dantes, N., & Suastra, I. W. (2023). Peningkatan Sikap Ilmiah dan Self-esteem Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berorientasi STEAM dalam Pembelajaran IPA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 335-345. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.61744

Febriansari, D., Sarwanto, S., & Yamtinah, S. (2022). Konstruksi model pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dengan pendekatan design thinking pada materi energi terbarukan. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 8(2), 186-200. https://doi.org/10.22219/jinop.v8i2.22456

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PjBL (Project-Based Learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209-226. https://doi.org/10.24252/ip.v10i1.17642

Jumarniati, J., & Fitriani A, F. A. (2023). Pembelajaran STEAM dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(2), 72–82. https://doi.org/10.54065/pelita.3.2.2023.315

Lestari, A. A., Mulyana, E. H., & Muiz, D. A. (2020). Analisis unsur engineering pada pengembangan pembelajaran steam untuk anak usia dini. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(4), 211-225. https://doi.org/10.32832/jpg.v1i4.3555

Maulidiansy, H., & Hendrayana, A. (2023). E-Motivector (E-Modul Interaktif Berbantuan Video Creator) yang Mendukung Pembelajaran STEAM. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 336-346. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2742

Mustofiyah, L., Rahmawati, F. P., & Ghufron, A. (2024). Pengembangan kurikulum berbasis stem untuk meningkatkan kompetensi siswa di era digital: tinjauan systematic literature review. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03), 1-22.

Nuragnia, B., & Usman, H. (2021). Pembelajaran STEAM di sekolah dasar: Implementasi dan tantangan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 187-197. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2388

Putra, D. P., & Murniati, M. (2023). Media Pembelajaran Berbasis STEAM: Membantu Mengembangkan Keterampilan Anak. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(2), 83–100. https://doi.org/10.54065/pelita.3.2.2023.331

Razak, F., Alimuddin, H., & Abdullah, A. (2023). Konsep Pembelajaran STEAM di Masa Depan Menuju Ruang Pembelajaran'Mixed Reality'. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(2), 114-129. https://doi.org/10.54065/pelita.3.2.2023.385

Rosdiana, R., Marnita, M., & Safarati, N. (2022). Model pembelajaran STEAM untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMA Negeri 2 Peusangan. JEMAS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 3(2), 47-52.

Rosiani, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.37859/eduteach.v4i2.4673

Sadiah, N. H., & Lestari, R. H. (2020). Upaya meningkatkan pengetahuan sains pada anak usia dini melalui pembelajaran steam. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(3), 237-244. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i3.p237-244

Salamah, S., Hidayat, R., & Herniawati, A. (2024). Analisis Pembelajaran Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Hots) Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Intisabi, 1(2), 50-61. https://doi.org/10.61580/itsb.v1i2.10

Sappaile, B. I., Putro, A. N. S., Ahmad, S. N., Artayani, M., Zahir, L. A., & Andilah, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Penanaman Konsep Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 8547-8557.

Sari, L. E. (2023). Penerapan Pembelajaran STEAM Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 530-543. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.1652

Sholihah, N. A., Suhada, D., & Khoimatun, K. (2024). Model Pembelajaran Steam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dan Keaktifan Siswa Kelas VI SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03), 16-26. https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.15809

Sukmawati, N. I., & Rakhmawati, N. I. S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematic) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Critical Thinking And Problem Solving) Pada Anak Usia Dini. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(1), 127-141. https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.238

Triprani, E. K., Sulistyani, N., & Aini, D. F. N. (2023). Implementasi pembelajaran STEAM berbasis PjBL terhadap kemampuan problem solving pada materi energi alternatif di SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(2), 176-187. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p176-187

Zaid, M., Razak, F., & Alam, A. A. F. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis STEAM dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar . Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 2(2), 59–68. https://doi.org/10.54065/pelita.2.2.2022.316

Published

2025-04-20

How to Cite

Rasyid, N., Ismail, I., & Aminullah, A. (2025). Implementasi Model Pembelajaran STEAM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI UPT SDN Inpres Tonrong Saddang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 444–454. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5629

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.