Respon Mahasiswa PGSD terhadap Pembelajaran Daring Selama Pademi Covid 19

  • Jumarniati Jumarniati Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Sukmawati Sukmawati Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Pembelajaran Daring, Respon Mahasiswa, Aplikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Responden dalam penelitian ini merupakan mahasiswa semester ganjil Universitas Cokroaminoto Palopo sebanyak 131. Data diperoleh dengan menggunakan angket yang diberikan secara online melalui google form. Link google form disebar melalui WA group di kelas secara acak. Hasil penelitian tentang respon mahasiswa dalam pembelajaran daring antara lain: (1) Aplikasi yang sering dan efektif digunakan dalam pembelajaran daring adalah WA Group, karena mudah dalam pengoprasiannya serta dapat menghemat kuota internet, (2) Saat pembelajaran daring seluruh kegiatan pembelajaran terlaksana dengan baik, karena interaksi dosen dan mahasiswa baik serta bahan ajar yang diberikan oleh dosen cukup berkualitas sehingga mahasiswa cukup tertarik untuk mengikuti pembelajaran secara daring, (3) kendala yang dihadapi mahasiswa dalam pembelajaran daring yaitu jaringan internet yang tidak mendukung, serta memerlukan kuota internet yang banyak

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Dewantara, J., & Nurgiansah, T. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa. JURNAL BASICEDU, 5,(1), 367-375.

Handarini, O., & Wulandari, S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pendemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8, (3), 496-503.

Hasanah, A. (2020, May 01). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Retrieved 15-02-2021

Kusnayat, A., Muiz, M., Sumarni, N., Mansyur, A., & Zaqiah, Q. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153–165.

Mulawarman, W. (2020). Persoalan Dosen dan Mahasiswa Masa Pandemik Covid 19: Dari Gagap Teknologi Hingga Mengeluh Boros Paket Data. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas (pp. 37-45). Gorontalo: Ideas Publishing.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.

Putria, H., Maula, L., & Uswatun, D. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4 (4) 861-872.

Rohaeti, T., & Sumliyah, S. (2020). Respon Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Penggunaan Google Classroom di Era Covid 19. Integral : Pendidikan Matematika, 11(1), 6-68 https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JNR/article/view/1185.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224.

Sofyana, & Abdul. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 8(1). 81-86.

Solviana, M. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 : Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1, (1), 1-14.

Zahra, A., & Wijayanti, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Basis Online Di IAIN Tulungagung Dengan Adanya Kebijakan Physical Distancing Era Pandemi Covid 19. Geram (Gerakan Aktif Menulis), 8(1), 83–89.

Published
31-10-2021
How to Cite
Jumarniati, J., & Sukmawati, S. (2021). Respon Mahasiswa PGSD terhadap Pembelajaran Daring Selama Pademi Covid 19. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(2), 84-92. https://doi.org/10.30605/cjpe.422021.1402

Most read articles by the same author(s)