Respon Mahasiswa PGSD terhadap Pembelajaran Daring Selama Pademi Covid 19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Responden dalam penelitian ini merupakan mahasiswa semester ganjil Universitas Cokroaminoto Palopo sebanyak 131. Data diperoleh dengan menggunakan angket yang diberikan secara online melalui google form. Link google form disebar melalui WA group di kelas secara acak. Hasil penelitian tentang respon mahasiswa dalam pembelajaran daring antara lain: (1) Aplikasi yang sering dan efektif digunakan dalam pembelajaran daring adalah WA Group, karena mudah dalam pengoprasiannya serta dapat menghemat kuota internet, (2) Saat pembelajaran daring seluruh kegiatan pembelajaran terlaksana dengan baik, karena interaksi dosen dan mahasiswa baik serta bahan ajar yang diberikan oleh dosen cukup berkualitas sehingga mahasiswa cukup tertarik untuk mengikuti pembelajaran secara daring, (3) kendala yang dihadapi mahasiswa dalam pembelajaran daring yaitu jaringan internet yang tidak mendukung, serta memerlukan kuota internet yang banyak
Downloads
Metrics
References
Dewantara, J., & Nurgiansah, T. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa. JURNAL BASICEDU, 5,(1), 367-375.
Handarini, O., & Wulandari, S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pendemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8, (3), 496-503.
Hasanah, A. (2020, May 01). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Retrieved 15-02-2021
Kusnayat, A., Muiz, M., Sumarni, N., Mansyur, A., & Zaqiah, Q. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153–165.
Mulawarman, W. (2020). Persoalan Dosen dan Mahasiswa Masa Pandemik Covid 19: Dari Gagap Teknologi Hingga Mengeluh Boros Paket Data. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas (pp. 37-45). Gorontalo: Ideas Publishing.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.
Putria, H., Maula, L., & Uswatun, D. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4 (4) 861-872.
Rohaeti, T., & Sumliyah, S. (2020). Respon Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Penggunaan Google Classroom di Era Covid 19. Integral : Pendidikan Matematika, 11(1), 6-68 https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JNR/article/view/1185.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224.
Sofyana, & Abdul. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 8(1). 81-86.
Solviana, M. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 : Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1, (1), 1-14.
Zahra, A., & Wijayanti, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Basis Online Di IAIN Tulungagung Dengan Adanya Kebijakan Physical Distancing Era Pandemi Covid 19. Geram (Gerakan Aktif Menulis), 8(1), 83–89.
Copyright (c) 2021 Jumarniati Jumarniati, Sukmawati Sukmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.