ISSN 2654-6434 (Online)
ISSN 2654-6426 (Print)
Cokroaminoto Journal of Primary Education merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolalah Dasar FKIP UNCP yang terbit pertama kali pada Oktober 2018. jurnal ini merupakan jurnal ilmiah yang terbit secara on-line dan menerbitkan artikel atau karya ilmiah hasil penelitian dalam bidang ilmu pendidikan dasar. sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal maka pada tahun 2019 (Volume 2. No. 1) tim pengelola melakukan revisi terhadap template sehingga terdapat perbedaan tatak letak dan sistematika penulisan artikel.
Pernyataan kode etik ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah ini yaitu pengelola, editor, mitra bestari, dan penulis (author). Kode Etika Publikasi Ilmiah pada intinya menjunjung tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu (i) Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (ii) Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang; dan (iii) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme dalam publikasi.
Cokroaminoto Journal of Primary Education Terbit dua kali setiap tahun yaitu diterbitkan pada bulan April untuk Edisi No. 1 dan pada bulan Oktober untuk Edisi No. 2.
Fokus Cokroaminoto Journal of Primary Education adalah Pendidikan Dasar meliputi Siswa, Guru, Bahan Ajar, Evaluasi, Kurikulum, dan Lesson Study
Jenis Artikel yang diterbitkan Cokroaminoto Journal of Primary Education adalah (1) Hasil Penelitian dan (2) Studi Pustaka. Artikel di Submit secara online di website https://e-journal.my.id/cjpe atau dapat dikirimkan via email cjpe@uncp.ac.id atau redaksi.cjpe@gmail.com dengan mengikuti Template, indexed and peer-reviewed.
Cokroaminoto Journal of Primary Education merupakan jurnal open akses dengan Lisensi creative commons Atribusi CC BY. Pembaca dapat didownload secara gratis, dibaca dan disebarluaskan dengan hanya mencantumkan penulis. Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Editor Cokroaminoto Journal of Primary Education akan melakukan plagiarism check menggunakan Crossref Similarity Check berbasis IThenticate sebelum di kirim kepada reviewer. Jika hasil cek menunjukkan tingkat plagiasi melebihi 20% secara keseluruhan artikel dan atau persumber melebihi 5% maka akan dikembalikan kepada penulis untuk dilakukan revisi.
Setiap Artikel yang akan dipublikasi melalui tahap riview oleh dua riviewer dengan mempertimbangkan bidang keilmuan. Keputusan Accepted, revisi, dan ditolak berdasarkan hasil penelian reviewer. Setelah ditinjau, akan ada tiga jenis keputusan editor berdasarkan rekomendasi reviewer yaitu: 1) Menerima Artikel Tanpa Revisi; 2) Menerima Artikel dengan Revisi, atau 3) Artikel di Tolak.
ISSN 2654-6434 (Online)
ISSN 2654-6426 (Print)