Pengembangan Bahan Ajar E – LKPD Interaktif Berbasis Website Liveworksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelas V pada Mata Pelajaran IPA di UPT SDN 1 Enrekang

Authors

  • Nur Asmi Azis Universitas Muhaammadiyah Enrekang
  • Aminullah Aminullah Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Ekajayanti Kining Universitas Muhammadiyah Enrekang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5600

Keywords:

Pengembangan E–LKPD, Bahan Ajar Interaktif, Website Liveworksheet, Kemampuan Kognitif, Pembelajaran IPA

Abstract

Permasalahan utama pada penelitian ini adalah penggunaan bahan ajar interaktif pada mata pelajaran IPA masih belum cukup maksimal. Tujuan pengembangan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kebutuhan guru, peserta didik dan kurikulum, mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar interaktif berbasis website Liveworksheet pada tema 1 organ gerak hewan dan manusia. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti termasuk penelitian pengembangan atau biasa juga dikenal Research and Development (R&D). Proses pengembangan bahan ajar E – LKPD interaktif berbasis website Liveworksheet menggunakan model ADDIE yaitu memiliki 5 tahapan dalam proses pengembangan meliputi Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Bahan ajar E – LKPD interaktif berbasis website Liveworksheet dikategorikan valid dan cocok dipakai sebagai alternatif pada pelaksanaan pembelajaran, hal ini dibuktikan dengan telah dilakukannya validasi oleh beberapa ahli dalam bidang pengembangan dengan hasil akhir rata-rata 4,30 dengan kategori “Sangat Layak”. Bahan ajar E – LKPD interaktif berbasis website Liveworksheet efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas, adapun hasil evaluasi Pretest dan Posttest yang dilakukan oleh peserta didik sebanyak 25 orang dengan hasil nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 77 sebelum digunakannya bahan ajar interaktif dan untuk posttest diperoleh nilai rata-rata 82 setelah digunakannya bahan ajar E – LKPD interaktif berbasis website Liveworksheet. Berdasarkan hasil Uji T, nilai sig. 2-tailed diperoleh sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05, menunjukkan signifikansi. Uji one-sample test pada pretest menghasilkan nilai t hitung 22,758, yang lebih besar dari t tabel 2,060, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Pada posttest, nilai t hitung sebesar 39,164 juga lebih besar dari t tabel 2,060, yang mengindikasikan bahwa bahan ajar E-LKPD interaktif berbasis website Liveworksheet efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas V UPT SDN 1 Enrekang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliya, N., Mukmin, A., & Laila, A. (2024). Pengembangan Liveworksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Sistem Peredaran Darah Manusia Sekolah Dasar di Kediri. azkiya, 9(2), 172-183. https://doi.org/10.32505/azkiya.v9i2.8828

Anita, D. E. J., & Yanti , R. . (2023). Peningkatan Kemampuan Kognitif IPA Siswa melalui Pembelajaran Problem Solving Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(1), 57–64. https://doi.org/10.54065/pelita.3.1.2023.209

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43. https://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Dwiyanti, N. K. E. M., Rati, N. W., & Lestari, L. P. S. (2023). Dampak model problem based learning berbantuan Liveworksheet terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 285-294. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60494

Farhana, F., Suryadi, A., & Wicaksono, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Smk Atlantis Plus Depok. Instruksional, 3(1), 1. https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.1-17

Hariyati, D. P., & Rachmadyanti, P. (2022). Pengembangan bahan ajar berbasis Liveworksheet untuk siswa sekolah dasar kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(7), 1473-1483.

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Liveworksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193

Lailiah, I., Wardani, S., Sudarmin, S., & Sutanto, E. (2021). Implementasi Guided Inquiry Berbantuan E-Lkpd Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Redoks Dan Tata Nama Senyawa Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2792–2801. https://doi.org/10.15294/jipk.v15i1.26204

Mispa, R., Putra, A. P., Zaini, M. (2021). Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi). Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(10), 1707–1715. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.478

Nirmayani, L. H. (2022). Kegunaan Aplikasi Liveworksheet Sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-Guru SD di Masa Pembelajaran Daring Pandemi Covid 19. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 9-16. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2295

Nurhidayah, R., Irwandi, D., & Saridewi, N. (2015). Pengembangan modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Edusains, 7(1), 36-47. https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1397

Okpatrioka Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154

Prabowo, A. (2021). Penggunaan liveworksheet dengan aplikasi berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(10), 383-388. https://doi.org/10.52436/1.jpti.

Prastika, Y., & Masniladevi, M. (2021). Pengembangan E-LKPD interaktif segi banyak beraturan dan tidak beraturan berbasis liveworksheets terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601-2614.

Putri, S. M., Mulyawati, Y., & Purnamasari, R. (2024). Pengembangan E-Lkpd Menggunakan Liveworksheet Pada Subtema Benda Tunggal Dan Campuran. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(02), 1535–1543. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.3490

Ragil, I., Atmojo, W., Matsuri, M., & Adi, F. P. (2022). Pemanfaatan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Muatan IPA Peserta Didik Kelas V di SD Negeri Jajar Kota Surakarta Jurnal PengabdianUNDIKMA: 3(2), 241–249. https://doi:https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5514

Septonanto, D., Nugrahani, F., & Widayati, M. (2024). Pengembangan Media E-Lkpd Liveworksheet Soal Hots untuk Menguatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(1), 124-138. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2315

Wahyudi, A. (2022). Pentingnya pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran IPS. JESS: Jurnal Education Social Science, 2(1), 51-61.

Watie, R. H., Riskawati, R., & Baharuddin , H. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kognitif IPA Siswa pada Materi Panas dan Perpindahannya Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.54065/pelita.3.1.2023.205

Zahroh, D. A., & Yuliani. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. BioEdu. 10 (3). 605-616. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616

Zainiati, H. S. (2017). Understanding the Cognition Process of the Students using the Internet as a Learning Resource. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 57. https://doi.org/10.15575/jpi.v3i1.92

Published

2025-04-20

How to Cite

Azis, N. A., Aminullah, A., & Kining, E. (2025). Pengembangan Bahan Ajar E – LKPD Interaktif Berbasis Website Liveworksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelas V pada Mata Pelajaran IPA di UPT SDN 1 Enrekang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 404–420. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5600

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.