Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Materi Bangun Ruang di SDN 54 Salupikung
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran Matematika yang berupa pop up book yang dapat digunakan di SD Negeri 54 Salupikung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan R&D model Borg & Gall. Langkah-langkah penelitian meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi pertama, uji coba lapangan utama, revisi kedua, uji pelaksanaan lapangan, revisi akhir, serta diseminasi. Penelitian ini melibatkan 16 siswa sebagai subjek uji coba, di mana 1 siswa berpartisipasi dalam uji coba lapangan awal, 6 siswa pada uji coba lapangan utama, dan 16 siswa pada uji pelaksanaan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran pop up book yang dihasilkan melalui 10 langkah model Borg & Gall layak digunakan dengan hasil kategori sangat baik pada uji coba lapangan awal rata-rata 4,70 dengan kategori “Sangat Baik”, uji coba lapangan dengan rata-rata 4,51 dengan kategori “Sangat Baik” dan uji coba pelaksanaan lapangan rata-rata 4,53 dengan kategori “Sangat Baik”.
Downloads
Metrics
References
Adam Andi. (2021), Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Media Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 04(1), 54-61.
Andra Bedy, E.S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA Materi Struktur Bumi untuk Kelas V di SD Negeri Kotagede Yogyakarta. (Skripi Sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta).
Abner, D., Avianty, D., & Sefaverdiana, P. V. (2021, November). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book pada Materi Bangun Ruang. In Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo (Vol. 2, No. 01, pp. 38-44). https://doi.org/10.33503/prosiding.v2i01.1489
Amriani, N. (2020). Pengembangan Media pembelajaran Pop Up Book Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD (Penelitian PengembanganMedia Pop-Up Book Pada Materi bangn Ruang di Kelas V SD Negeri 013 Kumantan) (Doctoral dissertation, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai).
Aprilia Jian Fitri, dkk. (2021), Pengembanagan Media Visual Pohon Faktor untuk Materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari Dua Bilangan Siswa Kelas IV SDN Gayam 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2020/2021.
Arahmah Fidian, dkk. (2021), Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi pada Matematika melalui Metode Student Facilitator and Explaining. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III 2021.
Ariyanti, S dkk. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book pada Mata Pelajaran IPS Tema Pahlawanku Siswa Kelas IV SDN 87 Palembang. Journal On Teacher Education, 4 (2), 62-67.
Asro Moch Kabibul, dkk. (2019), Pengaruh Kompetensi Pedagogic Guru dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fiqih di MA Darusallam Krempyang Nganjuk.
Damayanti Aprilia. (2022), Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Monopoli Pembelajaran IPA kelas IV SDN 156 Wonosari Luwu Utara. (Skripsi Sarjana, Universitas Cokroaminoto Palopo).
Dantes Nyoman, dkk. (2021), Peningkatan Literasi Sekolah dan Literasi Numerasi melalui Model Blanded Learning pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (3).
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Desi Rahayu. (2020). Pengembangan Pop Up book Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Struktur Atom di SMA Inshafuddin Banda Aceh.
Desy Suci R. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Peristiwa Alam Kelas 1 di SDN Wanagiri. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Mataram).
Dimayanti, dkk. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta Jakarta. Han Weillin, M.Sc, dkk. (2017), Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta Timur.
Febriani. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Permainan pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edustudent : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran, 1 (2), 121-127. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Habibi, C. D., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1341-1351. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.620
Hartanti, F. D., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2020). Pengembangan media pembelajaran matematika sigeru buku pop-up berbasis etnomatematika materi kubus dan balok. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 6(1), 31-37. https://doi.org/10.29100/jp2m.v6i1.1740
Hermawan Rizal, dkk. (2020), Pengaruh Literasi Terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong.
Intan Sri Ayu W. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD Islam Taman Quraniyah. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Grup Penerbitan CV Budi Utama.
Muhammad Mukhlisin. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Tematika Materi Bangun Ruang Melalui Penggunaan Media Tiga Dimensi pada Siswa Kelas V SDN Tlogoadi Mlati Sleman Yogyakarta. ( Skripsi Sarjana, Universitas Yogyakarta).
Mundir. (2014). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Musyrifah Eva, dkk. (2022), Pengembangan Bahan Ajar Matematika Bagi Guru MI dalam Upaya Mendukung Keterampilan Mengajar Serta Peningkatan Literasi Numerasi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 8(1), 61-72.
Noni Fitria. (2020). Pengembangan Media Pop Up Book pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Ibnu Qoyyim Pekanbaru. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru).
Nurfhadillah Septy, dkk. (2021), Penerapan Media Visual untuk Siswa V di SDN Muncul 1. Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 225-242.
Pakpahan. F.A. dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Pradiani, N. P. W. Y., Turmuzi, M., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Materi Bangun Ruang Pada Muatan Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1456-1469. http://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1503
Rahma, N. 2013. Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2),1-10. Palopo: IAIN Palopo.
Rini Astra. (2018). Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Kontekstual pada Pembelajaran IPS Kelas III Sekolah Dasar. (Skripsi Sarjana, Universitas Jambi).
Riwayat, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Tematik Tema 6 untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 SDN 4 Bajur. ( Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Mataram).
Ryanda, A. B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi terhadap Kemampuan Daya Ingat Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 29 Songka. (Skripsi Sarjana, Universitas Cokroaminoto Palopo).
Saudah. (2022) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada Siswa Kelas 9-1 SMP N 10 Malang. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 2(1).
Siagian Daud, M. (2016), Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran 43 Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).
Simbolon. E.M. dkk. (2021). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Adi Widya : Jurnal Pendidikan Dasar, 6 (1). Universitas Kuningan & Universitas Pendidikan Indonesia.
Siti Ruqoyyah. dkk. (2020). Belajar bangun Ruang dengan VBA Microsoft Excel. Cimahi.
Sukma, S. P., Wahyuningsi, W. A., & Irsal, I. L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pop-Up Book Materi Bangun Ruang Kelas V Sdn 52 Rejang Lebong (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).
Sugiyono, dkk. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharjana Agus. (2008), Pengenalan Bangun Ruang dan Sifat-Sifat Bangun Ruang. Yogyakarta. Tabroni Iman, dkk. (2022), Penerapan Model Pembelajaran Vygotski untuk Meningkatkan Literasi Numerasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6 (3).
Widiantari Ni Kadek Kasi, dkk. (2022) Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10 (2), 331-343.
Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika SD. Universitas Muhammadiyah Malang.
Yuristia Ririn. (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Visual pada Mata Pelajaran Matematika dengan Meteri Mengenal Sifat-Sifat Bangun Datar pada Siswa Kelas V Mis Madinatussalam Desa Sei Ritan Kecamatan Precut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Yusriati, Y., Safruddin, S., & Rosyidah, A. N. K. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN 09 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1959-1964. http://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.878
Ziva Nayla, dkk. (2022), Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau dari Kecemasan Matematika
Copyright (c) 2023 Sari Triana, Juwita Crestiani M
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.