Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Materi Bangun Ruang di SDN 54 Salupikung

  • Sari Triana Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Juwita Crestiani M Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Pengembangan, Media Pop Up Book, Bangun Ruang, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran Matematika yang berupa pop up book yang dapat digunakan di SD Negeri 54 Salupikung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan R&D model Borg & Gall. Langkah-langkah penelitian meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi pertama, uji coba lapangan utama, revisi kedua, uji pelaksanaan lapangan, revisi akhir, serta diseminasi. Penelitian ini melibatkan 16 siswa sebagai subjek uji coba, di mana 1 siswa berpartisipasi dalam uji coba lapangan awal, 6 siswa pada uji coba lapangan utama, dan 16 siswa pada uji pelaksanaan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran pop up book yang dihasilkan melalui 10 langkah model Borg & Gall layak digunakan dengan hasil kategori sangat baik pada uji coba lapangan awal rata-rata 4,70 dengan kategori “Sangat Baik”, uji coba lapangan dengan rata-rata 4,51 dengan kategori “Sangat Baik” dan uji coba pelaksanaan lapangan rata-rata 4,53 dengan kategori “Sangat Baik”.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Adam Andi. (2021), Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Media Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 04(1), 54-61.

Andra Bedy, E.S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA Materi Struktur Bumi untuk Kelas V di SD Negeri Kotagede Yogyakarta. (Skripi Sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta).

Abner, D., Avianty, D., & Sefaverdiana, P. V. (2021, November). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book pada Materi Bangun Ruang. In Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo (Vol. 2, No. 01, pp. 38-44). https://doi.org/10.33503/prosiding.v2i01.1489

Amriani, N. (2020). Pengembangan Media pembelajaran Pop Up Book Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD (Penelitian PengembanganMedia Pop-Up Book Pada Materi bangn Ruang di Kelas V SD Negeri 013 Kumantan) (Doctoral dissertation, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai).

Aprilia Jian Fitri, dkk. (2021), Pengembanagan Media Visual Pohon Faktor untuk Materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari Dua Bilangan Siswa Kelas IV SDN Gayam 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2020/2021.

Arahmah Fidian, dkk. (2021), Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi pada Matematika melalui Metode Student Facilitator and Explaining. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III 2021.

Ariyanti, S dkk. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book pada Mata Pelajaran IPS Tema Pahlawanku Siswa Kelas IV SDN 87 Palembang. Journal On Teacher Education, 4 (2), 62-67.

Asro Moch Kabibul, dkk. (2019), Pengaruh Kompetensi Pedagogic Guru dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fiqih di MA Darusallam Krempyang Nganjuk.

Damayanti Aprilia. (2022), Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Monopoli Pembelajaran IPA kelas IV SDN 156 Wonosari Luwu Utara. (Skripsi Sarjana, Universitas Cokroaminoto Palopo).

Dantes Nyoman, dkk. (2021), Peningkatan Literasi Sekolah dan Literasi Numerasi melalui Model Blanded Learning pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (3).

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Desi Rahayu. (2020). Pengembangan Pop Up book Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Struktur Atom di SMA Inshafuddin Banda Aceh.

Desy Suci R. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Peristiwa Alam Kelas 1 di SDN Wanagiri. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Mataram).

Dimayanti, dkk. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta Jakarta. Han Weillin, M.Sc, dkk. (2017), Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta Timur.

Febriani. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Permainan pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edustudent : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran, 1 (2), 121-127. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Habibi, C. D., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1341-1351. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.620

Hartanti, F. D., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2020). Pengembangan media pembelajaran matematika sigeru buku pop-up berbasis etnomatematika materi kubus dan balok. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 6(1), 31-37. https://doi.org/10.29100/jp2m.v6i1.1740

Hermawan Rizal, dkk. (2020), Pengaruh Literasi Terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong.

Intan Sri Ayu W. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD Islam Taman Quraniyah. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Muhammad Mukhlisin. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Tematika Materi Bangun Ruang Melalui Penggunaan Media Tiga Dimensi pada Siswa Kelas V SDN Tlogoadi Mlati Sleman Yogyakarta. ( Skripsi Sarjana, Universitas Yogyakarta).

Mundir. (2014). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Musyrifah Eva, dkk. (2022), Pengembangan Bahan Ajar Matematika Bagi Guru MI dalam Upaya Mendukung Keterampilan Mengajar Serta Peningkatan Literasi Numerasi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 8(1), 61-72.

Noni Fitria. (2020). Pengembangan Media Pop Up Book pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Ibnu Qoyyim Pekanbaru. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru).

Nurfhadillah Septy, dkk. (2021), Penerapan Media Visual untuk Siswa V di SDN Muncul 1. Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 225-242.

Pakpahan. F.A. dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Pradiani, N. P. W. Y., Turmuzi, M., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Materi Bangun Ruang Pada Muatan Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1456-1469. http://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1503

Rahma, N. 2013. Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2),1-10. Palopo: IAIN Palopo.

Rini Astra. (2018). Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Kontekstual pada Pembelajaran IPS Kelas III Sekolah Dasar. (Skripsi Sarjana, Universitas Jambi).

Riwayat, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Tematik Tema 6 untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 SDN 4 Bajur. ( Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Mataram).

Ryanda, A. B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi terhadap Kemampuan Daya Ingat Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 29 Songka. (Skripsi Sarjana, Universitas Cokroaminoto Palopo).

Saudah. (2022) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada Siswa Kelas 9-1 SMP N 10 Malang. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 2(1).

Siagian Daud, M. (2016), Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran 43 Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).

Simbolon. E.M. dkk. (2021). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Adi Widya : Jurnal Pendidikan Dasar, 6 (1). Universitas Kuningan & Universitas Pendidikan Indonesia.

Siti Ruqoyyah. dkk. (2020). Belajar bangun Ruang dengan VBA Microsoft Excel. Cimahi.

Sukma, S. P., Wahyuningsi, W. A., & Irsal, I. L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pop-Up Book Materi Bangun Ruang Kelas V Sdn 52 Rejang Lebong (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).

Sugiyono, dkk. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharjana Agus. (2008), Pengenalan Bangun Ruang dan Sifat-Sifat Bangun Ruang. Yogyakarta. Tabroni Iman, dkk. (2022), Penerapan Model Pembelajaran Vygotski untuk Meningkatkan Literasi Numerasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6 (3).

Widiantari Ni Kadek Kasi, dkk. (2022) Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10 (2), 331-343.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika SD. Universitas Muhammadiyah Malang.

Yuristia Ririn. (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Visual pada Mata Pelajaran Matematika dengan Meteri Mengenal Sifat-Sifat Bangun Datar pada Siswa Kelas V Mis Madinatussalam Desa Sei Ritan Kecamatan Precut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Yusriati, Y., Safruddin, S., & Rosyidah, A. N. K. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN 09 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1959-1964. http://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.878

Ziva Nayla, dkk. (2022), Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau dari Kecemasan Matematika

Published
31-10-2023
How to Cite
Triana, S., & Crestiani M, J. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Materi Bangun Ruang di SDN 54 Salupikung . Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(2), 127-135. https://doi.org/10.30605/cjpe.622023.2496