Meningkatkan Kemampuan Guru dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar

  • Maria Imakulata Roja SD Katholik Uwa 1 Palue
Keywords: Lingkungan, Sumber Belajar, Diskusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru kelas di SD Katholik Uwa 1 Palue dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar melalui metode diskusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek dalam penelitian yaitu guru-guru di SD Katholik Uwa 1 yang berjumlah 11 orang. Pelaksanaan penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif. Data kuantitatif yang diperoleh di deskripsikan dalam bentuk kata-kata atau penjelasan. Hasil yang diperoleh menujukan bahwa pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar memalui metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Baharuddin, M. R., & Jumarniati, J. (2018). Pola Interaksi Belajar Matematika Siswa Berkemampuan Awal Rendah dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 149-156.

Bunga, M. H. D., Zaenuri, Z., & Isnaeni, W. (2018). Ethnomathemtical Exploration of Palue Cultural Tribe and Its Integration Toward Learning Process at Elementary School in Nusa Tenggara Timur. Journal of Primary Education, 7(1), 64-73.

Ekowati, Endang. (2001). Stategi Pembelajaran Kooperatif. Modul Pelatihan Guru Terintegrasi Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

Hau, R. R. H., Marwoto, P., Putra, N. M. D., & Wiyanto, W. (2018). Deskripsi Kemampuan Representasi Matematik dalam Pemecahan Masalah Fisika pada Perkuliahan Listrik Magnet. Physics Communication, 2(1), 1-17.

Mbari, M. A., Yufrinalis, M., & Nona, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 94-102.

Mariyana, R, dkk. (2010). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana PrenadaMedia Group

Sangidun. (2010). Kampus Kawasan Lingkungan. Yogyakarta: SAKA

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sudjana, N. & Rivai, A. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Yunanto, S. J. (2004). Sumber belajar anak cerdas. Grasindo.

Published
31-10-2019
How to Cite
Roja, M. I. (2019). Meningkatkan Kemampuan Guru dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 67 - 72. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.122