Pengaruh Gaya Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Menengah Pertama Kota Jambi

  • Rts Novita Sari UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Aniswita Aniswita UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Isnaniah Isnaniah UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Muhammad Imamuddin UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
Keywords: Gaya Komunikasi Guru, Motivasi Belajar, Matematika

Abstract

Rendahnya keinginan siswa untuk belajar matematika, termasuk cara guru berkomunikasi dengan mereka sepanjang pelajaran, yang menyebabkan siswa menjadi kurang terlibat dan tidak menyelesaikan pekerjaan yang diberikan guru. Penelitian ini berusaha untuk memastikan apakah gaya komunikasi guru berdampak pada motivasi siswa kelas VIII di SMPN 9 Kota Jambi untuk belajar matematika pada tahun ajaran 2022–2023. Penelitian korelasional dengan menggunakan metodologi kuantitatif adalah jenis penelitian yang digunakan. Ada 226 partisipan dalam populasi penelitian, dan 34 partisipan menjadi sampel. Sebelum pengambilan sampel acak, data populasi dikenakan uji homogenitas dan kenormalan. Kuesioner motivasi belajar dan kuesioner gaya komunikasi guru adalah alat penelitian. Uji regresi linier sederhana, uji signifikansi regresi, persamaan regresi linier sederhana, dan perhitungan koefisien korelasi dan determinan adalah metode yang digunakan untuk analisis data. Hasil analisis data menunjukkan persamaan regresi hubungan antara motivasi belajar dengan gaya komunikasi guru adalah Y = 14,73380549 + 0,76488277X1 dengan nilai koefisien korelasi rx1y = 0,59 yang menunjukkan hubungan cukup kuat dan koefisien determinan sebesar 34,57%. Selain itu, uji signifikansi regresi menghasilkan thitung = 4,14 > ttabel = 2,04 yang menunjukkan gaya komunikasi guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi tahun ajaran 2022–2023.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abidin, S. (2017). Strategi komunikasi guru dalam meningkatkan prestasi belajar. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 3(2).

Amalia, R., Rahmat, T., Aniswita, A., & Fitri, H. (2024). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) terhadap Kedisiplinan Belajar Matematika di Kelas VIII SMP N 2 Ampek Angkek TA 2022/2023. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 9057-9069.

Andrini, V. S. (2022). Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Dan Kontrol Orang Tua Terhadap Academic Performance Siswa Kelas X Mipa 3. Jurnal Ilmu Pendidikan Ekonomi, 3(2).

Aniswita, A., Yogi, S., & Gema Hista, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII SMP N 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman Tahun Ajaran 2019/2020. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 63-68.

Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

As’ad, M. (2014). Pengaruh Iklim Komunikasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Motivasi (Studi pada Guru SMA Negeri di Kabupaten Demak yang berstatus PNS) (Doctoral dissertation, Postgraduate Program in Communication Studies).

Aviati, R. N. (2023). Komunikasi Interpersonal Guru dalam Memberikan Layanan Pendidikan Kepada Siswa di SDN 2 Tonatan Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).

Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan antara minat dan motivasi belajar dengan hasil belajar ipa pada siswa SD. Journal of Education Technology, 1(4), 231-238.

Barida, M. (2016). Modul assertiveness training untuk meningkatkan komunikasi asertif. Yogyakarta: K-Media.

Efendy, M., Murwani, D., Hitipeuw, I., & Rahmawati, H. (2021). Motivasi berprestasi siswa di sekolah, bagaimana peran relasi guru dan siswa. Jurnal Psikologi Konseling Vol, 19(2).

Farida, A., Rois, S., & Ahmad, E. S. (2023). Sekolah yang Menyenangkan: metode kreatif mengajar dan pengembangan karakter siswa. Bandung: Nuansa Cendekia.

Fitriyanti, E. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Atas Layanan Konseling Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS. Sosio e-Kons, 7(2).

Giantika, G. G. (2020). Strategi komunikasi guru dalam upaya meningkatkan proses pembelajaran siswa SDN Tebet Barat 01 Jakarta Selatan di masa pandemi covid-19. Jurnal Komunikasi, 11(30), 143-150.

Gumanti, T. A., & Yunidar, S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2916.

Harahap, G. (2018). Konsep Komunikasi Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Dakwah Risalah, 29(2), 143-160.

Hudiarini, S. (2017). Penyertaan etika bagi masyarakat akademik di kalangan dunia pendidikan tinggi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(1), 1-13.

Husamah, H., Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2016). Belajar dan pembelajaran. Malang: Research Report.

Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150-167.

Iqbal, H. (2019). Gaya Komunikasi Guru Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa (Studi Pada Madrasah Aliyah Swasta Lamno Aceh Jaya) (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).

Jaya, T. S. (2016). Statistik Terapan dalam Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Junita, S., Rahmi, A., & Fitri, H. (2019). Pengaruh Motivasi belajar dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baso tahun pelajaran 2018/2019. Juring (journal for research in mathematics learning), 2(1), 088-098.

Meylinda, D., & Surya, E. (2017). Kemampuan koneksi dalam pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-12.

Misbahuddin, M., & Hasan, I. (2014). Analisis Data Dengan Statistic. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nasir, M. (2016). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01).

Pratiwi, I., & Islam, A. F. F. (2022). Etika Komunikasi Dakwah Dalam QS. Ar-Rahman ayat 1-4. Spektra Komunika, 1(1), 1-12.

Rafliani, D., & Aniswita, A. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK N 1 Matur Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2454-2462.

Saebani, S., & Maryono, M. (2019). Gaya Komunikasi Pendidik Dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Al-Firdaus Mertoyudan dan MTs Mamba'ul Hisan Kabupaten Magelang. Jurnal Tarbiyatuna, 10(1), 68-80.)

Safitri, W., Rusdi, R., Rahmat, T., & Aniswita, A. (2023). Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Strategi Pembelajaran The Power Of Two Di Kelas VIII MTS N 6 Agam Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 4057-4066.

Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). An Effort to Improve Students ’ Learning Motivation through Teachers’ Interpersonal Communication Skill, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(1), 52–61.

Siregar, S. (2013). Statistik Prametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif, Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara

Slameto, S. (2020). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sucia, V. (2017). Pengaruh gaya komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa. Komuniti: jurnal komunikasi dan teknologi informasi, 8(5), 112-126.

Suciati, P., Maulidiyanti, M., Triawinata, F. M, & Rizkiyanti, N. (2018). Pengaruh Gaya Komunikasi Dosen dalam Proses Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa HUMAS Program Pendidikan Vokasi. Jurnal Sosial Humaniora Terapan,2018, 1(1), 15–20.

Sudjana, N., & Ibrahim, I. (2014). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Suryabata, S. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers

Suyatma, A. (2017). Uji Statistik Berbantuan SPSS Untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi

Uno, H. B. (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Yuliardi, R., & Nuraeni, Z. (2017). Statistika Penelitian. Yogyakarta: Innosain

Published
14-08-2024
How to Cite
Sari, R. N., Aniswita, A., Isnaniah, I., & Imamuddin, M. (2024). Pengaruh Gaya Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Menengah Pertama Kota Jambi. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 193-204. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4331