Pengaruh Gaya Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Menengah Pertama Kota Jambi
Abstract
Rendahnya keinginan siswa untuk belajar matematika, termasuk cara guru berkomunikasi dengan mereka sepanjang pelajaran, yang menyebabkan siswa menjadi kurang terlibat dan tidak menyelesaikan pekerjaan yang diberikan guru. Penelitian ini berusaha untuk memastikan apakah gaya komunikasi guru berdampak pada motivasi siswa kelas VIII di SMPN 9 Kota Jambi untuk belajar matematika pada tahun ajaran 2022–2023. Penelitian korelasional dengan menggunakan metodologi kuantitatif adalah jenis penelitian yang digunakan. Ada 226 partisipan dalam populasi penelitian, dan 34 partisipan menjadi sampel. Sebelum pengambilan sampel acak, data populasi dikenakan uji homogenitas dan kenormalan. Kuesioner motivasi belajar dan kuesioner gaya komunikasi guru adalah alat penelitian. Uji regresi linier sederhana, uji signifikansi regresi, persamaan regresi linier sederhana, dan perhitungan koefisien korelasi dan determinan adalah metode yang digunakan untuk analisis data. Hasil analisis data menunjukkan persamaan regresi hubungan antara motivasi belajar dengan gaya komunikasi guru adalah Y = 14,73380549 + 0,76488277X1 dengan nilai koefisien korelasi rx1y = 0,59 yang menunjukkan hubungan cukup kuat dan koefisien determinan sebesar 34,57%. Selain itu, uji signifikansi regresi menghasilkan thitung = 4,14 > ttabel = 2,04 yang menunjukkan gaya komunikasi guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi tahun ajaran 2022–2023.
Downloads
Metrics
References
Abidin, S. (2017). Strategi komunikasi guru dalam meningkatkan prestasi belajar. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 3(2).
Amalia, R., Rahmat, T., Aniswita, A., & Fitri, H. (2024). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) terhadap Kedisiplinan Belajar Matematika di Kelas VIII SMP N 2 Ampek Angkek TA 2022/2023. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 9057-9069.
Andrini, V. S. (2022). Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Dan Kontrol Orang Tua Terhadap Academic Performance Siswa Kelas X Mipa 3. Jurnal Ilmu Pendidikan Ekonomi, 3(2).
Aniswita, A., Yogi, S., & Gema Hista, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII SMP N 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman Tahun Ajaran 2019/2020. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 63-68.
Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
As’ad, M. (2014). Pengaruh Iklim Komunikasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Motivasi (Studi pada Guru SMA Negeri di Kabupaten Demak yang berstatus PNS) (Doctoral dissertation, Postgraduate Program in Communication Studies).
Aviati, R. N. (2023). Komunikasi Interpersonal Guru dalam Memberikan Layanan Pendidikan Kepada Siswa di SDN 2 Tonatan Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).
Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan antara minat dan motivasi belajar dengan hasil belajar ipa pada siswa SD. Journal of Education Technology, 1(4), 231-238.
Barida, M. (2016). Modul assertiveness training untuk meningkatkan komunikasi asertif. Yogyakarta: K-Media.
Efendy, M., Murwani, D., Hitipeuw, I., & Rahmawati, H. (2021). Motivasi berprestasi siswa di sekolah, bagaimana peran relasi guru dan siswa. Jurnal Psikologi Konseling Vol, 19(2).
Farida, A., Rois, S., & Ahmad, E. S. (2023). Sekolah yang Menyenangkan: metode kreatif mengajar dan pengembangan karakter siswa. Bandung: Nuansa Cendekia.
Fitriyanti, E. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Atas Layanan Konseling Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS. Sosio e-Kons, 7(2).
Giantika, G. G. (2020). Strategi komunikasi guru dalam upaya meningkatkan proses pembelajaran siswa SDN Tebet Barat 01 Jakarta Selatan di masa pandemi covid-19. Jurnal Komunikasi, 11(30), 143-150.
Gumanti, T. A., & Yunidar, S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2916.
Harahap, G. (2018). Konsep Komunikasi Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Dakwah Risalah, 29(2), 143-160.
Hudiarini, S. (2017). Penyertaan etika bagi masyarakat akademik di kalangan dunia pendidikan tinggi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(1), 1-13.
Husamah, H., Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2016). Belajar dan pembelajaran. Malang: Research Report.
Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150-167.
Iqbal, H. (2019). Gaya Komunikasi Guru Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa (Studi Pada Madrasah Aliyah Swasta Lamno Aceh Jaya) (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).
Jaya, T. S. (2016). Statistik Terapan dalam Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Junita, S., Rahmi, A., & Fitri, H. (2019). Pengaruh Motivasi belajar dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baso tahun pelajaran 2018/2019. Juring (journal for research in mathematics learning), 2(1), 088-098.
Meylinda, D., & Surya, E. (2017). Kemampuan koneksi dalam pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-12.
Misbahuddin, M., & Hasan, I. (2014). Analisis Data Dengan Statistic. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nasir, M. (2016). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01).
Pratiwi, I., & Islam, A. F. F. (2022). Etika Komunikasi Dakwah Dalam QS. Ar-Rahman ayat 1-4. Spektra Komunika, 1(1), 1-12.
Rafliani, D., & Aniswita, A. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK N 1 Matur Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2454-2462.
Saebani, S., & Maryono, M. (2019). Gaya Komunikasi Pendidik Dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Al-Firdaus Mertoyudan dan MTs Mamba'ul Hisan Kabupaten Magelang. Jurnal Tarbiyatuna, 10(1), 68-80.)
Safitri, W., Rusdi, R., Rahmat, T., & Aniswita, A. (2023). Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Strategi Pembelajaran The Power Of Two Di Kelas VIII MTS N 6 Agam Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 4057-4066.
Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). An Effort to Improve Students ’ Learning Motivation through Teachers’ Interpersonal Communication Skill, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(1), 52–61.
Siregar, S. (2013). Statistik Prametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara
Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif, Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara
Slameto, S. (2020). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sucia, V. (2017). Pengaruh gaya komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa. Komuniti: jurnal komunikasi dan teknologi informasi, 8(5), 112-126.
Suciati, P., Maulidiyanti, M., Triawinata, F. M, & Rizkiyanti, N. (2018). Pengaruh Gaya Komunikasi Dosen dalam Proses Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa HUMAS Program Pendidikan Vokasi. Jurnal Sosial Humaniora Terapan,2018, 1(1), 15–20.
Sudjana, N., & Ibrahim, I. (2014). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Suryabata, S. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers
Suyatma, A. (2017). Uji Statistik Berbantuan SPSS Untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi
Uno, H. B. (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Yuliardi, R., & Nuraeni, Z. (2017). Statistika Penelitian. Yogyakarta: Innosain
Copyright (c) 2024 Rts Novita Sari, Aniswita Aniswita, Isnaniah Isnaniah, Muhammad Imamuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.