Penerapan Model Pembelajaran Tipe STAD Berbantuan Live Worksheet untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas III SD 182 Angin-angin
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5673Keywords:
Model Pembelajaran, STAD, Live Worksheet, Keterampilan Berpikir Kritis, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa kelas III, yang terlihat dari kurangnya kemampuan menganalisis, mengevaluasi informasi, dan mengemukakan alasan logis dalam proses pembelajaran, sehingga diperlukan penerapan model pembelajaran yang mampu mendorong keterlibatan aktif dan pemikiran mendalam, seperti STAD berbantuan Live Worksheet. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas III SDN Angin-Angin melalui penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan Live Worksheet. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dari prasiklus dengan rata-rata 62,4 (kategori kurang) menjadi 72,8 (kategori cukup) pada siklus I dan 85,3 (kategori baik) pada siklus II. Aktivitas pembelajaran siswa meningkat dari 68% (kategori cukup) pada siklus I menjadi 87% (kategori sangat baik) pada siklus II. Kinerja guru dalam menerapkan model STAD berbantuan Live Worksheet juga mengalami peningkatan dari 75% (kategori cukup) pada siklus I menjadi 92% (kategori sangat baik) pada siklus II. Kesimpulannya bahwa penerapan model STAD berbantuan Live Worksheet efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas III SDN Angin-Angin.
Downloads
References
Akhyaruddin, A. (2022). Implementasi Project Based Learning-Case Method (PjBL-CM) dalam Pembelajaran Morfologi Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 1. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.243.
Andriani, R., Subanji, S., & As’ari, A. R. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Pembelajaran Problem Posing. Briliant Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(3), 604. https://doi.org/10.28926/briliant.v6i3.652.
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis keterampilan berpikir kritis Siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika kurikulum 2013. Jurnal penelitian pendidikan, 35(1), 61-70. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13529
Dwiyanti, N. K. E. M., Rati, N. W., & Lestari, L. P. S. (2023). Dampak model problem based learning berbantuan Liveworksheet terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 285-294. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60494
Herianto, E., Kurniawansyah, E., & Ismail, M. (2024). Model Pembelajaran STAD Berbantuan Liveworksheets: Mampukah meningkatkan motivasi berprestasi siswa agar terwujudnya SDGs. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 18(2), 132-142. https://doi.org/10.21067/jppi.v18i2.10507
Huda, A. I. N., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(3), 1547-1554. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.973
Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Miarsyah, M., Ali, A., Arif, W. P., & Prayitno, T. A. (2020). HOTS-AEP: Higher order thinking skills from elementary to master students in environmental learning. European Journal of Educational Research, 9(4), 1657-1667.
Ikhsandi, M. R. H., & Ramadan, Z. H. (2021). Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1312-1320. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.901
Listyaningrum, M., & Pratama , A. P. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Type STAD Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan . Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(1), 29–35. https://doi.org/10.54065/pelita.3.1.2023.213
Ningsih , R. ., & Adhalia , N. F. . (2022). Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Tematik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Siswa di SMP Al Madina 1 Nabire. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 2(2), 76–83. https://doi.org/10.54065/pelita.2.2.2022.320
Nuraida, D. (2019). Peran guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 51-60.
Rahmadayanti, D., Zaini, M., & Kaspul, K. (2022). Keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif: Pembelajaran sistem peredaran darah menggunakan LKPD-Elektronik: Critical thinking skills and cognitive learning outcomes: Learning the circulatory system using Electronic-LKPD. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(2), 65-77. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v1i2.20
Santoso, S., & Hidayati, R. (2021). Analisis komparatif self confidence siswa kelas khusus dan kelas reguler. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 9(1), 36-43. https://doi.org/10.29210/158200
Sasmita, F. E., & Kusuma, R. S. (2023). Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan & Pengajaran (JUPE2), 1(2), 238-251. https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i2.173
Sugandi, A. I., Sofyan, D., Bernard, M., Widianti, D., & Linda, L. (2024). Pengembangan E-Lkpd Pendekatan Berbasis Masalah Berbantuan Web Live Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(4). http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i4.9364
Sulistyowati, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menjelaskan Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara Siswa Kelas VIII SMPN 3 Geger. Journal Social Society, 1(2), 46–50. https://doi.org/10.54065/jss.1.2.2021.85
Suyani, S., Afifah, D. S. N., & Purnawananti, Y. S. (2025). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad pada Materi Aljabar. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 267-277. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.5157
Syukur , S. W. ., & Sutrisno, A. B. (2023). Bahan Ajar IPA Terpadu dengan Wawasan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(1), 36–44. https://doi.org/10.54065/pelita.3.1.2023.319
Tamam, B., & Nurhikmah, N. (2023). Cooperative Learning Model Type STAD for Improving Students’ Skills in Determining Main Ideas of Paragraphs . Jurnal Dieksis ID, 3(1), 55–62. https://doi.org/10.54065/dieksis.3.1.2023.200
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode penelitian tindakan kelas (PTK): Panduan praktis untuk guru dan mahasiswa di institusi pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19-19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Wedyastuti, R. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Polinomial menggunakan Media Interaktif Live Worksheet. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 171-178. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.427
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.