Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Sosial Emosional pada Sekolah Inklusi SDN Pojok

Authors

  • Dewita Aprilia Rahayu Universitas PGRI Yogyakarta
  • Ronna Rizky Nabilla Universitas PGRI Yogyakarta
  • Anjani Fatmadila Kusumawastuti Universitas PGRI Yogyakarta
  • Jinny Wulandari Universitas PGRI Yogyakarta
  • Danuri Danuri Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4096

Keywords:

Lingkungan Keluarga, Perkembangan, Sosial Emosional, Sekolah Inklusi, Kualitatif

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh lingkungan rumah terhadap perkembangan sosial emosional siswa selama dan di luar pembelajaran di SDN Pojok dan bagaimana upaya guru dalam mendorong perkembangan sosial emosional siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan informasi secara lengkap. Tahapan analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik triangulasi digunakan dalam penelitian ini untuk memeriksa keabsahan data. Penelitian ini dilakukan di SDN Pojok Sinduadi Sleman Yogyakarta. Sasarannya adalah siswa, orang tua, dan guru SD Pojok. Penelitian ini menyasar seluruh siswa kelas 1 sampai 4 di SDN Pojok. Hasil analisis perkembangan sosial dan emosional siswa, pertama, minimal ada dua anak inklusif di setiap kelas. Kedua, meskipun keberhasilan akademis memungkinkan siswa untuk menunjukkan keterlibatan dalam pembelajaran, anak-anak inklusif menerima sedikit dukungan untuk belajar di rumah di lingkungan rumah mereka; Ketiga, di luar belajar pun saya cenderung membantu teman lain ketika mereka membutuhkan bantuan, namun saat bermain dengan teman, saya tidak bisa mengendalikan emosi dan terkadang berakhir dengan pertengkaran. Keempat, memberikan solusi atau inisiatif untuk memecahkan permasalahan sosial dan emosional siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardillani, S. P., & Wulandari, M. D. (2022). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Siswa SD Kelas Bawah Selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 6(1), 62-71. https://doi.org/10.20961/jdc.v6i1.59194

Arista, E. N., Istiningsih, S., & Safruddin, S. (2022). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran berbasis literasi numerasi di sekolah inklusi SDN 1 Sangkawana. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2453-2459. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.990

Assingkily, M. S., & Hardiyati, M. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Tercapai dan Tidak Tercapai Siswa Usia Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(2), 19–31. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i2.5210

Dewi, A. R. T. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Terhadap Perilaku Sosial Emosinal Anak. Jurnal Golden Age, 2(02), 66-74.

Dewi, P. A. S., & Wijaya, I. K. W. B. (2024). Penguatan Literasi Humanistik Di Lingkungan Keluarga. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(1), 312-321. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3787

Dewi, S. L. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Permainan pada Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(2), 313-319. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.346

Hariyanti, H., & Sundawa, D. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 133-146. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8326

Hotimah, D. H. (2022). Teks Laporan Hasil Observasi & Teks Eksposisi. Guepedia.

Ilham, I. (2020). Perkembangan Emosi Dan Sosial Pada Anak Usia Sekolah Dasar. ELMuhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 162–180

Kaffa, Z., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Analisis Perkembangan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2612-2616. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1260

Khusniyah, N. L. (2018). Peran Orangtua Sebagai Pembentuk Emosional Sosial Anak. Qawwam: Journal for Gender Mainstreaming, 12(1): 87-101.

Melinda, A. E., & Izzati, I. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Teman Sebaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 127-131.

Muzzamil, F. (2021). Pengaruh lingkungan terhadap perkembangan sosial emosional anak. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02). https://doi.org/10.35706/murangkalih.v2i02.5811

Nasution, F., Waisa, N. H., Aulia, S., & Rosidah, I. (2024). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Teman Sebaya di TK Al Fiqri School. Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 5(1), 141-147. https://doi.org/10.59059/tarim.v5i1.994

Rahmatika, L., & Damayanti, A. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Bimbingan Guru Terhadap Kemandirian Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 6(2), 96-106. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2604

Sastradiharja, E. J., Sarnoto, A. Z., & Nurikasari, N. (2023). Pengembangan Kecerdasan Emosi Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Sekolah Dasar. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 13(1), 85-100. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v13i1.1424

Sibuea, A. R., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Para Ahli. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2344-2358.

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-228.

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial dan emosional anak usia dini dimasa pandemi corona virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683-696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792

Tusyana, E., & Trengginas, R. (2019). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai Siswa Usia Dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 18-26. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1804

Ummah, S. A., & Fitri, N. A. N. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan sosial Emosional Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(1), 84-88. https://doi.org/10.29062/seling.v6i1.624

Published

2024-11-29

How to Cite

Rahayu, D. A., Nabilla, R. R., Kusumawastuti, A. F., Wulandari, J., & Danuri, D. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Sosial Emosional pada Sekolah Inklusi SDN Pojok. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 588–599. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4096

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.