Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Sosial Emosional pada Sekolah Inklusi SDN Pojok
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4096Keywords:
Lingkungan Keluarga, Perkembangan, Sosial Emosional, Sekolah Inklusi, KualitatifAbstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh lingkungan rumah terhadap perkembangan sosial emosional siswa selama dan di luar pembelajaran di SDN Pojok dan bagaimana upaya guru dalam mendorong perkembangan sosial emosional siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan informasi secara lengkap. Tahapan analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik triangulasi digunakan dalam penelitian ini untuk memeriksa keabsahan data. Penelitian ini dilakukan di SDN Pojok Sinduadi Sleman Yogyakarta. Sasarannya adalah siswa, orang tua, dan guru SD Pojok. Penelitian ini menyasar seluruh siswa kelas 1 sampai 4 di SDN Pojok. Hasil analisis perkembangan sosial dan emosional siswa, pertama, minimal ada dua anak inklusif di setiap kelas. Kedua, meskipun keberhasilan akademis memungkinkan siswa untuk menunjukkan keterlibatan dalam pembelajaran, anak-anak inklusif menerima sedikit dukungan untuk belajar di rumah di lingkungan rumah mereka; Ketiga, di luar belajar pun saya cenderung membantu teman lain ketika mereka membutuhkan bantuan, namun saat bermain dengan teman, saya tidak bisa mengendalikan emosi dan terkadang berakhir dengan pertengkaran. Keempat, memberikan solusi atau inisiatif untuk memecahkan permasalahan sosial dan emosional siswa.
Downloads
References
Ardillani, S. P., & Wulandari, M. D. (2022). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Siswa SD Kelas Bawah Selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 6(1), 62-71. https://doi.org/10.20961/jdc.v6i1.59194
Arista, E. N., Istiningsih, S., & Safruddin, S. (2022). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran berbasis literasi numerasi di sekolah inklusi SDN 1 Sangkawana. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2453-2459. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.990
Assingkily, M. S., & Hardiyati, M. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Tercapai dan Tidak Tercapai Siswa Usia Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(2), 19–31. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i2.5210
Dewi, A. R. T. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Terhadap Perilaku Sosial Emosinal Anak. Jurnal Golden Age, 2(02), 66-74.
Dewi, P. A. S., & Wijaya, I. K. W. B. (2024). Penguatan Literasi Humanistik Di Lingkungan Keluarga. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(1), 312-321. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3787
Dewi, S. L. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Permainan pada Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(2), 313-319. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.346
Hariyanti, H., & Sundawa, D. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 133-146. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8326
Hotimah, D. H. (2022). Teks Laporan Hasil Observasi & Teks Eksposisi. Guepedia.
Ilham, I. (2020). Perkembangan Emosi Dan Sosial Pada Anak Usia Sekolah Dasar. ELMuhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 162–180
Kaffa, Z., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Analisis Perkembangan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2612-2616. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1260
Khusniyah, N. L. (2018). Peran Orangtua Sebagai Pembentuk Emosional Sosial Anak. Qawwam: Journal for Gender Mainstreaming, 12(1): 87-101.
Melinda, A. E., & Izzati, I. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Teman Sebaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 127-131.
Muzzamil, F. (2021). Pengaruh lingkungan terhadap perkembangan sosial emosional anak. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02). https://doi.org/10.35706/murangkalih.v2i02.5811
Nasution, F., Waisa, N. H., Aulia, S., & Rosidah, I. (2024). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Teman Sebaya di TK Al Fiqri School. Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 5(1), 141-147. https://doi.org/10.59059/tarim.v5i1.994
Rahmatika, L., & Damayanti, A. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Bimbingan Guru Terhadap Kemandirian Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 6(2), 96-106. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2604
Sastradiharja, E. J., Sarnoto, A. Z., & Nurikasari, N. (2023). Pengembangan Kecerdasan Emosi Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Sekolah Dasar. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 13(1), 85-100. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v13i1.1424
Sibuea, A. R., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Para Ahli. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2344-2358.
Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-228.
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial dan emosional anak usia dini dimasa pandemi corona virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683-696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792
Tusyana, E., & Trengginas, R. (2019). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai Siswa Usia Dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 18-26. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1804
Ummah, S. A., & Fitri, N. A. N. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan sosial Emosional Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(1), 84-88. https://doi.org/10.29062/seling.v6i1.624
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.