Pengembangan Media Pembelajaran Alfabet Konstruksi Berbasis Android untuk Meningkatkan Literasi Membaca dan Literasi Digital
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era revolusi 4.0 mengakibatkan masyarakat sudah terbiasa dengan penggunaan android sebagai hasil produk perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan teknologi dan komunikasi berpengaruh di segala bidang, terutama dibidang pendidikan.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah melakukan pengujian kelayakan terhadap media yang dikembangkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pengujian kelayakan melalui uji validitas dan uji kepraktisan media yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian R&D dengan model 4D (Define, Design, Development dan Dissemination). Teknik analisis yang digunakan adalah Uji Validitas dan Uji kepraktisan. Hasil uji validitas media alfabet konstruksi yang didapatkan dari ketiga validator yaitu 97.5% dengan kategori validitas sangat tinggi. Hasil uji kepraktisan media alfabet konstruksi melalui angket respon siswa didapatkan nilai rata-rata kelas 3,7 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji validitas dan uji kepraktisan media menunjukkan bahwa media alfabet konstruksi layak digunakan pada siswa sekolah dasar di SDN 23 Batara Kota Palopo. Temuan dalam penelitian ini adalah media membantu siswa belajar alfabet dan media membantu meningkatka literasi membaca dan literasi digital.
Downloads
Metrics
References
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.
Afriyanti, E. D., & Permata, R. D. (2021). Perancangan Media Pembelajaran Papan Abjad Untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun: Studi Kasus Di Tk Muslimat NU. Prosiding SNasPPM, 6(1), 680-685.
Amiton, K. A. F., Haryana, K. S., & Ibrahim, R. N. (2013). Pengembangan Aplikasi Belajar Menulis Alfabet Dan Angka Untuk Perangkat Mobile Berbasis Android Dan Ios Menggunakan Framework Cocos2. Jurnal Computech & Bisnis (e-Journal), 7(1), 1-12.
Aribowo, W. P., & Sukarjo, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Adobe Flash Berbasis Budaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Ips Siswa Kelas V Sd. Joyful Learning Journal, 11(1), 38-43.
Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., & Putra, A. B. N. R. (2019). Kompetensi literasi digital bagi guru dan pelajar di lingkungan sekolah kabupaten Malang. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 98-104.
Atho, Y. M., & Widjanarko, M. (2022). Pengaruh Media Cerita Bergambar Berbasis Mind Mapping Terhadap Literasi Berbahasa Anak. Joyful Learning Journal, 11(3), 114-121.
Baalwi, M. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Teknologi Augmen-ted Reality Berbasis Smartphone Android pada Materi Bangun Ruang. Journal on Teacher Education, 4(3), 756-761.
Dermawan, D. D., Wardani, S., & Pranoto, Y. K. S. (2021). Pengembangan Instrumen Assesmen HOTS pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3).
Devega, A. T., & Kom, S. (2022). Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. CV Batam Publisher.
Dinata, K. B. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 105-119.
Fahmy, Z., Utomo, A. P. Y., Nugroho, Y. E., Maharani, A. T., Liana, N. I., Alfatimi, N. A., ... & Kesuma, R. G. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sastra Indonesia, 10(2), 121-126.
Fatmawati, N. I., & Sholikin, A. (2019). Literasi Digital, mendidik anak di era digital bagi orang tua milenial. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119-138.
Fikriyah, F., Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran orang tua dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik sekolah dasar. DWIJA CENDEKIA: jurnal riset pedagogik, 4(1), 94-107.
Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan teknologi informasi dalam menciptakan model inovasi pembelajaran (e-learning). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(1), 117-140.
Husain, A., Saleh, H., & Hamria, H. (2018). Game Edukatif Bentuk Puzzle Pengenalan Tokoh Pahlawan Nasional Indonesia Berbasis Android. Jurnal Cosphi, 2(1).
Idham, F., & Maliki, O. (2022). Aplikasi Kamus Istilah Komputer Pada Perangkat Mobile Menggunakan fitur Voice, Abjad dan Kategori Berbasis Android. Journal Scientific and Applied Informatics, 5(1), 12-19.
Lestari, N. G. A. M. Y. (2013). Peningkatan Kemampuan Baca-Tulis Permulaan melalui Penggunaan Media Wayang Abjad Kontekstual. Jurnal pendidikan usia dini, 7(2), 201-220.
Maryanto, R. I. P., & Wulanata, I. A. (2018). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Siswa Kelas I Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Abc Manado. Pedagogia, 16(3), 305.
Muntahanah, M., Khairunnisyah, K., & Pangestu, I. D. (2020). Penerapan Algoritme Fisher Yates Dalam Pembuatan Aplikasi Pengenalan Media Pembelajaran Hurup, Angka, Jenis Warna, Sayuran dan Buah-Buhan Untuk Anak Usia Dini Berbasis Smartphone Android. Pseudocode, 7(2), 88-96.
Naufal, H. A. (2021). Literasi digital. Perspektif, 1(2), 195-202.
Octavianto, R. (2017). Media Pembelajaran Mengenal Huruf Alfabet Berbasis Augmented Reality pada Perangkat Mobile Android (Doctoral dissertation, Program Studi Teknik Informatika FTI-UKSW).
Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan abjad pada anak usia dini melalui media kartu huruf. Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 51-66.
Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Ujang Entis untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Kalor Kelas V SD. Joyful Learning Journal, 11(3), 100-107.
Prasetyo, G. E., & Ginting, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Metode Adobe Flash Dengan Menggunakan Model 4-D Tentang Kearifan Lokal Budaya Melayu Langkat Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Sintaksis, 2(1), 93-102.
Purnomo, E. A., & Suparman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Matakuliah Pembelajaran Matematika SD. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 187-195.
Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media pembelajaran berbasis aplikasi android dalam meningkatkan keaksaraan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399-3409.
Rahmi, M. A. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif macromedia flash 8 pada pembelajaran tematik tema pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178-185.
Ridwanulloh, A., Suyahmo, S., & Utomo, C. B. (2022). The Effects of a Problem-Based Learning Model Aided by Mind Mapping on Self-directed Learning in Elementary School Students. Journal of Primary Education, 11(1), 1-13.
Saniyyah, A. W., & Marniati, M. (2023). Penerapan Media Handout Digital terhadap Hasil Belajar Membuat Gambar Bagian dan Bentuk Busana Siswa Kelas X Tata Busana SMK Dharma Wanita Gresik. Journal on Education, 5(2), 4731-4742.
Sari, R. C., Aisyah, M. N., Ilyana, S., & Hermawan, H. D. (2022). Developing a Financial Literacy Storybook for Early Childhood in an Augmented Reality Context. Contemporary Educational Technology, 14(2), ep363.
Satria, T. G., & Egok, A. S. (2020). Pengembangan Etnosains Multimedia Learning Untuk Meningkatkan Kognitif Skill Siswa Sd Di Kota Lubuklinggau. Jurnal Basicedu, 4(1), 13-21.
Sumantri, M. S., & Rachmadtullah, R. (2016). The effect of learning media and self-regulation to elementary students’ history learning outcome. Advanced Science Letters, 22(12), 4104-4108
Sutrisna, I. P. G. (2020). Gerakan literasi digital pada masa pandemi covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 269-283.
Tahel, F., & Ginting, E. (2019). Perancangan aplikasi media pembelajaran pengenalan pahlawan nasional untuk meningkatkan rasa nasionalis berbasis android. Teknomatika, 9(02), 113-120.
Tanjung, R. J. (2018). Penggunaan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Huruf Abjad pada Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina I Kota Sabang. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(2), 319-327.
Triana, M., Sumardi, S., & Rahman, T. (2020). Pengembangan Media Big Book Alfabet untuk Memfasilitasi Kemampuan Mengenal Huruf Alfabet Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 24-38.
Ulfadhilah, K., & Suyadi, S. (2021). Penggunaan Media Box of Number and Alfabeth untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitf, Bahasa dalam Mengenal Angka, dan Abjad. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 67-77.
Wijayanti, D. S., & Setyadi, D. (2022). Pengembangan Elasi dengan Soal HOTS Berbasis Android pada Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1278-1290.
Copyright (c) 2023 Nurhikmah Nurhikmah, Wiwi Isnaeni, Sri Sulistriorini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.