Implementasi Model Pembelajaran STEAM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI UPT SDN Inpres Tonrong Saddang
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5629Keywords:
Implementasi, Model Pembelajaran STEAM, Meningkatkan, Hasil Belajar IPA, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Urgensi dari penelitian ini terletak pada rendahnya hasil belajar dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPA di kelas VI UPT SDN Inpres Tonrong Saddang, yang ditunjukkan oleh masih rendahnya rata-rata nilai dan tingkat ketuntasan belajar sebelum diterapkannya model pembelajaran STEAM, sehingga diperlukan upaya inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan berpikir siswa secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI UPT SDN Inpres Tonrong Saddang melalui penerapan model pembelajaran STEAM. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari dua siklus, masing-masing mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI UPT SDN Inpres Tonrong Saddang yang berjumlah 25 orang, dan penelitian ini dilaksanakan pada semester berjalan tahun ajaran 2024/2025. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model STEAM. Rata-rata nilai siswa pada Siklus I adalah 68 dengan tingkat ketuntasan 56%. Setelah perbaikan strategi pada siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 78 dengan tingkat ketuntasan mencapai 80%. Penerapan model STEAM juga meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, dari 65% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis STEAM efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA serta keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif siswa
Downloads
References
Astuti, L., Mayasari, D., & Setyowati, R. (2023). Pengaruh Pendekatan Steam dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pembelajaran IPA SDN 15 Singkawang. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2063-2070. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.547
Barkah, E. S., Awaludin, D., & Bahtiar, M. I. E. A. (2024). Implementasi model pembelajaran steam (science, technology, engineering, art and mathematics): strategi peningkatan kecakapan abad 21. Jurnal Syntax Admiration, 5(9), 3501-3511. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i9.1497
Dewi, L. G. D. P., Dantes, N., & Suastra, I. W. (2023). Peningkatan Sikap Ilmiah dan Self-esteem Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berorientasi STEAM dalam Pembelajaran IPA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 335-345. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.61744
Febriansari, D., Sarwanto, S., & Yamtinah, S. (2022). Konstruksi model pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dengan pendekatan design thinking pada materi energi terbarukan. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 8(2), 186-200. https://doi.org/10.22219/jinop.v8i2.22456
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PjBL (Project-Based Learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209-226. https://doi.org/10.24252/ip.v10i1.17642
Jumarniati, J., & Fitriani A, F. A. (2023). Pembelajaran STEAM dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(2), 72–82. https://doi.org/10.54065/pelita.3.2.2023.315
Lestari, A. A., Mulyana, E. H., & Muiz, D. A. (2020). Analisis unsur engineering pada pengembangan pembelajaran steam untuk anak usia dini. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(4), 211-225. https://doi.org/10.32832/jpg.v1i4.3555
Maulidiansy, H., & Hendrayana, A. (2023). E-Motivector (E-Modul Interaktif Berbantuan Video Creator) yang Mendukung Pembelajaran STEAM. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 336-346. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2742
Mustofiyah, L., Rahmawati, F. P., & Ghufron, A. (2024). Pengembangan kurikulum berbasis stem untuk meningkatkan kompetensi siswa di era digital: tinjauan systematic literature review. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03), 1-22.
Nuragnia, B., & Usman, H. (2021). Pembelajaran STEAM di sekolah dasar: Implementasi dan tantangan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 187-197. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2388
Putra, D. P., & Murniati, M. (2023). Media Pembelajaran Berbasis STEAM: Membantu Mengembangkan Keterampilan Anak. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(2), 83–100. https://doi.org/10.54065/pelita.3.2.2023.331
Razak, F., Alimuddin, H., & Abdullah, A. (2023). Konsep Pembelajaran STEAM di Masa Depan Menuju Ruang Pembelajaran'Mixed Reality'. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(2), 114-129. https://doi.org/10.54065/pelita.3.2.2023.385
Rosdiana, R., Marnita, M., & Safarati, N. (2022). Model pembelajaran STEAM untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMA Negeri 2 Peusangan. JEMAS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 3(2), 47-52.
Rosiani, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.37859/eduteach.v4i2.4673
Sadiah, N. H., & Lestari, R. H. (2020). Upaya meningkatkan pengetahuan sains pada anak usia dini melalui pembelajaran steam. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(3), 237-244. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i3.p237-244
Salamah, S., Hidayat, R., & Herniawati, A. (2024). Analisis Pembelajaran Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Hots) Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Intisabi, 1(2), 50-61. https://doi.org/10.61580/itsb.v1i2.10
Sappaile, B. I., Putro, A. N. S., Ahmad, S. N., Artayani, M., Zahir, L. A., & Andilah, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Penanaman Konsep Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 8547-8557.
Sari, L. E. (2023). Penerapan Pembelajaran STEAM Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 530-543. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.1652
Sholihah, N. A., Suhada, D., & Khoimatun, K. (2024). Model Pembelajaran Steam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dan Keaktifan Siswa Kelas VI SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03), 16-26. https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.15809
Sukmawati, N. I., & Rakhmawati, N. I. S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematic) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Critical Thinking And Problem Solving) Pada Anak Usia Dini. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(1), 127-141. https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.238
Triprani, E. K., Sulistyani, N., & Aini, D. F. N. (2023). Implementasi pembelajaran STEAM berbasis PjBL terhadap kemampuan problem solving pada materi energi alternatif di SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(2), 176-187. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p176-187
Zaid, M., Razak, F., & Alam, A. A. F. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis STEAM dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar . Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 2(2), 59–68. https://doi.org/10.54065/pelita.2.2.2022.316
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.