Peningkatkan Kemampuan Menyimak melalui Pendekatan Culture Responsive Teaching (CRT) pada Siswa SD Telkom Makassar

  • Nurul Fadhilah Suardi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nursakiah Nursakiah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sulastri Sulastri SD Telkom Makassar
Keywords: Peningkatkan, Kemampuan Menyimak, Culture Responsive Teaching, PTK

Abstract

Urgensi permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengatasi kurangnya keterampilan menyimak siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang mungkin disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang tidak sesuai dengan latar belakang budaya siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak melalui penerapan pendekatan Culture Responsive Teaching (CRT) pada pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV.C SD Telkom Makassar, yang berjumlah 32 siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2024-2025. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama, 66% siswa berhasil mencapai ketuntasan, dan persentase tersebut meningkat menjadi 87% pada siklus kedua. Hal ini membuktikan bahwa penerapan Culture Responsive Teaching (CRT) efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa di kelas IV.C SD Telkom Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Amir, S. D., Samputri, S., Rasyid, A., & Suryani, S. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching SMP Negeri 1 Malili. Jurnal pemikiran dan pengembangan pembelajaran, 5(2), 923-930. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i2.566

Astiti, N. L. Y., Rasmini, N. W., & Ekaningtyas, N. L. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita terhadap Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9-18. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i1.262

Fitria, Saenab, S., Tahir, S., & Djumriah. (2023). Peningkatan hasil belajar IPA peserta didik menggunakan pendekatan culturally responsive teaching di SMP Negeri 1 Pallanga. Jurnal Pendidikan, 5(2), https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i2.661

Gay, G. (2018). Culturally responsive teaching: Theory, research, & practice. Teachers College Press.

Khalisah, H., Firmansyah, R., Munandar, K., & Kuntoyono, K. (2023). Penerapan PjBL (Project Based Learning) dengan pendekatan CRT (culturally responsive teaching) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bioteknologi kelas X-7 SMA Negeri 5 Jember. Jurnal Biologi, 1(4), 1–9. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.1986

Khasanah, I. M., Nuroso, H., & Pramasdyahsari, A. S. (2023). Efektivitas pendekatan culturally responsive teaching (CRT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 3(2).

Maulana, R., & Segara, N. B. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Kolaborasi dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS di SMPN 2 MOJOSARI. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3897-3906. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14713

Mufarikha, M., & Darihastining, S. (2022, November). Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V MI Ghozaliyah Melalui Media Audio. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya (Vol. 1, No. 2, pp. 30-53). https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i2.106

Munar, A., & Suyadi, S. (2021). Penggunaan media animasi dalam peningkatan kemampuan menyimak anak usia dini. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 155-164. http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.13207

Putri, L. P., Lestari, H., Rukiyah, S., & Rohmadhawati, D. A. (2024). Pembelajaran berbasis budaya dengan menggunakan model pembelajaran problem-based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII.2 pada materi teks surat di SMP Negeri 10 Palembang. Jurnal Sains Student Research, 2, 63–69. https://doi.org/10.61722/jssr.v2i2.1171

Rimang, S. S., Usman, H., & Mansur. (2023). Implementasi pendekatan teaching at the right level dan culturally responsive teaching pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IX Andi Page SMPN 1 Segeri-Pangkep. Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(4), 158–166. https://doi.org/10.51878/language.v3i4.2641

Rohmah, S. L., Armawati, H. Y., & Kiptiyah, S. M. (2024). I Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching Berbasis Media Wayang Tanah Liat Warak Ngendok Pada Materi dongeng Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas 2 A SDN Srondol Wetan 06 Semarang. Jurnal Sinektik, 7(1), 74-83. https://doi.org/10.33061/js.v7i1.10769

Saiful Whatoni, A., Arian Sani Anwar, Y., & Namira, D. (2024). Penerapan pendekatan culturally responsive teaching untuk meningkatkan hasil belajar dan minat belajar kimia peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 2(1).

Septiani, D. A., Andayani, Y., Rena, B., & Astuti, P. (2024). Penerapan model problem-based learning terintegrasi culturally responsive teaching untuk meningkatkan hasil belajar kimia. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 2(1).

Suharsimi A., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.

Taher, T. (2023). Analisis keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa introvert dengan pendekatan culturally responsive teaching. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 21-27. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.17463

Tarigan, H. G. (2008). Menyimak sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa Bandung. Wijaya

Yaasmin, L. S. (2024). Analisis Desain Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Dalam Konteks Penguatan Literasi Humanistik Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3420-3435. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13885

Published
29-08-2024
How to Cite
Suardi, N. F., Nursakiah, N., & Sulastri, S. (2024). Peningkatkan Kemampuan Menyimak melalui Pendekatan Culture Responsive Teaching (CRT) pada Siswa SD Telkom Makassar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 233-242. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4460

Most read articles by the same author(s)