Peningkatkan Kemampuan Menyimak melalui Pendekatan Culture Responsive Teaching (CRT) pada Siswa SD Telkom Makassar
Abstract
Urgensi permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengatasi kurangnya keterampilan menyimak siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang mungkin disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang tidak sesuai dengan latar belakang budaya siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak melalui penerapan pendekatan Culture Responsive Teaching (CRT) pada pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV.C SD Telkom Makassar, yang berjumlah 32 siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2024-2025. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama, 66% siswa berhasil mencapai ketuntasan, dan persentase tersebut meningkat menjadi 87% pada siklus kedua. Hal ini membuktikan bahwa penerapan Culture Responsive Teaching (CRT) efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa di kelas IV.C SD Telkom Makassar.
Downloads
Metrics
References
Amir, S. D., Samputri, S., Rasyid, A., & Suryani, S. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching SMP Negeri 1 Malili. Jurnal pemikiran dan pengembangan pembelajaran, 5(2), 923-930. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i2.566
Astiti, N. L. Y., Rasmini, N. W., & Ekaningtyas, N. L. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita terhadap Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9-18. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i1.262
Fitria, Saenab, S., Tahir, S., & Djumriah. (2023). Peningkatan hasil belajar IPA peserta didik menggunakan pendekatan culturally responsive teaching di SMP Negeri 1 Pallanga. Jurnal Pendidikan, 5(2), https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i2.661
Gay, G. (2018). Culturally responsive teaching: Theory, research, & practice. Teachers College Press.
Khalisah, H., Firmansyah, R., Munandar, K., & Kuntoyono, K. (2023). Penerapan PjBL (Project Based Learning) dengan pendekatan CRT (culturally responsive teaching) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bioteknologi kelas X-7 SMA Negeri 5 Jember. Jurnal Biologi, 1(4), 1–9. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.1986
Khasanah, I. M., Nuroso, H., & Pramasdyahsari, A. S. (2023). Efektivitas pendekatan culturally responsive teaching (CRT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 3(2).
Maulana, R., & Segara, N. B. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Kolaborasi dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS di SMPN 2 MOJOSARI. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3897-3906. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14713
Mufarikha, M., & Darihastining, S. (2022, November). Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V MI Ghozaliyah Melalui Media Audio. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya (Vol. 1, No. 2, pp. 30-53). https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i2.106
Munar, A., & Suyadi, S. (2021). Penggunaan media animasi dalam peningkatan kemampuan menyimak anak usia dini. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 155-164. http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.13207
Putri, L. P., Lestari, H., Rukiyah, S., & Rohmadhawati, D. A. (2024). Pembelajaran berbasis budaya dengan menggunakan model pembelajaran problem-based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII.2 pada materi teks surat di SMP Negeri 10 Palembang. Jurnal Sains Student Research, 2, 63–69. https://doi.org/10.61722/jssr.v2i2.1171
Rimang, S. S., Usman, H., & Mansur. (2023). Implementasi pendekatan teaching at the right level dan culturally responsive teaching pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IX Andi Page SMPN 1 Segeri-Pangkep. Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(4), 158–166. https://doi.org/10.51878/language.v3i4.2641
Rohmah, S. L., Armawati, H. Y., & Kiptiyah, S. M. (2024). I Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching Berbasis Media Wayang Tanah Liat Warak Ngendok Pada Materi dongeng Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas 2 A SDN Srondol Wetan 06 Semarang. Jurnal Sinektik, 7(1), 74-83. https://doi.org/10.33061/js.v7i1.10769
Saiful Whatoni, A., Arian Sani Anwar, Y., & Namira, D. (2024). Penerapan pendekatan culturally responsive teaching untuk meningkatkan hasil belajar dan minat belajar kimia peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 2(1).
Septiani, D. A., Andayani, Y., Rena, B., & Astuti, P. (2024). Penerapan model problem-based learning terintegrasi culturally responsive teaching untuk meningkatkan hasil belajar kimia. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 2(1).
Suharsimi A., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.
Taher, T. (2023). Analisis keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa introvert dengan pendekatan culturally responsive teaching. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 21-27. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.17463
Tarigan, H. G. (2008). Menyimak sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa Bandung. Wijaya
Yaasmin, L. S. (2024). Analisis Desain Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Dalam Konteks Penguatan Literasi Humanistik Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3420-3435. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13885
Copyright (c) 2024 Nurul Fadhilah Suardi, Nursakiah Nursakiah, Sulastri Sulastri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.