Perbedaan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V di SD Negeri Bedahan 01 Cibinong Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5588Keywords:
Problem-Based Learning, Project-Based Learning, Hasil Belajar IPA, Quasi-ExperimentalAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya mencari model pembelajaran yang paling efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa, mengingat perkembangan teknologi dan tuntutan keterampilan berpikir kritis yang semakin penting di era pendidikan abad 21, serta untuk memberikan wawasan bagi guru dalam memilih metode yang dapat lebih optimal meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan efektivitas model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dan Project-Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri Bedahan 01 Cibinong, Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Quasi-Experimental dan teknik pengumpulan data melalui pretest dan posttest. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, masing-masing menerapkan model PBL dan PjBL. Hasil analisis data menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai probabilitas (sig. 2-tailed) sebesar 0,027, lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis nol (H₀) ditolak. Rata-rata hasil posttest siswa pada kelas PBL adalah 86,21, sedangkan pada kelas PjBL adalah 81,29, dengan selisih sebesar 4,92. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA dibandingkan dengan model PjBL. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar guru mengombinasikan kedua model pembelajaran ini secara strategis untuk memaksimalkan hasil belajar dan pengembangan keterampilan siswa.
Downloads
References
Abd Rahman, M., Azmi, M. N. L., binti Wahab, Z., bin Abdullah, A. T. H., & binti Azmi, N. J. (2016). The impacts of'Problem-based learning’approach in enhancing critical thinking skills to teaching literature. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 5(6), 249-258. https://doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.5n.6p.249
Adicondro, T., & Anugraheni, I. (2022). Pengaruh Problem Based Learning (Pbl) Dan Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(14), 452-461. https://doi.org/10.5281/zenodo.7016068
Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173
Anggerani, A., Hidayat, W., & Asni, Y. (2022). The effect of project-based learning (PBL) on lessons written in the second grade of SMPN 1 Parepare. INSPIRING, 33-44. https://doi.org/10.35905/inspiring.v5i1.2531
Della, A., & Dahlan, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Literasi Sains Peserta Didik Kelas V SDN 30 Mattirowalie. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 4(2), 160–171. https://doi.org/10.54065/pelita.4.2.2024.516
Ekawati, M., & Amir, N. Q. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran IPA Terpadu dan Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 2(1) https://doi.org/10.54065/pelita.2.1.2022.433
Fatimah, F., & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi, 1(2), 108. https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113
Khairat, Y. (2020). Penerapan model project based learning dalam Meningkatkan aktifitas dan hasil belajar peserta didik Pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 185-185. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i2.3198
Khasanah, L. A. I. U., MZ, A. S. A., & Irmaningrum, R. N. (2022). Pengaruh penggunaan media flipchart terhadap hasil belajar menulis surat resmi siswa kelas V di sekolah dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 125-130. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.141
Kiranadewi, D. F., & Hardini, A. T. A. (2021). Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Model Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PPKn. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.33860
Mahmudah, U. (2020). Meta analisis pengaruh model discovery learning dan problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas V SD. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(2), 69-78. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i2.29721
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v2i1.188
Nurhayati, N., Angraeni, L., & Wahyudi, W. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Mosharafa, 7(1), 12–20. https://doi.org/10.15408/es.v11i1.7464
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34-42. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612
Prihatmojo, A., Agustin, I. M., Ernawati, D., & Indriyani, D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Abad 21. Prosiding SEMNASFIP, 1(1), 180–186. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/index
Putri, R. M., Risdianto, E., & Rohadi, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Adobe Captivate Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 113–120. https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.113-120
Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548
Simanjuntak, R. (2018). Mengenal teori-teori belajar. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 7(1), 47-60. https://doi.org/10.46495/sdjt.v7i1.43
Sobandi, H. R. (2020). Peningkatan Keaktipan Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Kompetensi Menulis Dalam Teks Prosedur Melalui Model Pembelajaran Make A Match Siswa Kelas Ix Mts Negeri 5 Kuningan Tahun Pelajaran 2019/2020. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 16(2), 116-123. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i2.3506
Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3295
Wabula, M., Papilaya, P. M., & Rumahlatu, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan video dan Problem Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01), 29–41. https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.657
Watie, R. H., Riskawati, R., & Baharuddin , H. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kognitif IPA Siswa pada Materi Panas dan Perpindahannya Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.54065/pelita.3.1.2023.205
Yunus, N. M., & Suryani, A. I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Sains Terpadu dalam Pencemaran Air. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 2(2), 103–111. https://doi.org/10.54065/pelita.2.2.2022.323
Zulyusri, Z., Elfira, I., Lufri, L., & Santosa, T. A. (2023). Literature study: Utilization of the PjBL model in science education to improve creativity and critical thinking skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 133-143. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2555
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.