Pengembangan Media Augmented Reality Gerhana Matahari untuk Melatih Literasi Sains Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Fransiska Nauli Adventine Br. Nainggolan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  • Kintan Limiansih Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5483

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Augmented Reality, Gerhana Matahari, Literasi Sains Siswa

Abstract

Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan literasi sains berdasarkan dari data PISA dan kurangnya media pembelajaran interaktif guna meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran augmented reality topik gerhana matahari guna melatih kemampuan literasi sains siswa kelas IV di SDN Sokowaten Baru, serta untuk mengetahui kualitas dari media augmented reality. Penelitian ini menggunakan metode Resecearch and Development (RnD) dengan model ADDIE. Penilaian validasi dilakukan oleh ahli media, ahli praktisi (guru kelas IV), ahli materi (guru IPA)dan dilakukan uji coba kepada siswa kelas IV yang berjumlah 12 siswa terdiri dari 6 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Hasil dari penilaian validasi mendapatkan rerata sebesar 93% maka dapat disimpulkan masuk dalam kriteria media pembelajaran sangat baik. Hasil implementasi sebelum dan sesudah menggunakan media augmented reality yang diperoleh dari pretest dan post test mendapatkan hasil peningkatan sebesar 43% dengan hasil pretest 40% dan post  test 83%. Adanya juga peningkatan dalam tiap kompetensi literasi sains hingga dapat disimpulkan dari hasil poin tes siswa adanya peningkatan yang optimal pada kompetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah (C1), disusul dengan mengontruksi dan mengevaluasi desain-desain untuk penyelidikan ilmiah serta menginterpretasikan data dengan bukti ilmiah secara kritis (C2), hingga yang belum optimal telihat pada kompetensi meneliti, mengevaluasi, dan meggunakan informasi ilmiah untuk pengambilan keputusan dan tindakan (C3). Kesimpulannya bahwa media augmented reality topik gerhana matahari dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas IV SDN Sokowaten Baru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Absa, U. K., & Anas, N. (2024). Pengembangan Media Solar System Pada Materi Tata Surya Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Usia Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3057-3066. https://doi.org/10.58230/27454312.946

Ahmad, A. P. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Aplikasi Augmented Reality pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Makassar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 1667-1673. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i2.1312

Almardiyah, A., Syaputra, W. Z., Yulistina, N., Rozi, M. F., Mardiansyah, R., & Maiziani, F. (2023). Garhana: Development Of Applications For Elementary School Students To Learn About Solar And Lunar Eclipses Based On Augmented Reality. International Journal of Ethnoscience, Bio-Informatic, Innovation, Invention and Techno-Science, 2(01), 1-5. https://doi.org/10.54482/ijebiiits.v2i01.183

Atong, I., Sirait, J., & Oktavianty, E. (2024). Pengembangan Komik Dilengkapi Augmented Reality Dan Game Wordwall Pada Pokok Bahasan Tata Surya Di Smp. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, 12(1), 92-107. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v12i1.9308

Basri, S., Alimuddin, N., & Nur, S. M. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dalam Meningkatkan Kemampuan Pra Literasi Anak Usia Dini. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.37985/pmsdu.v2i1.256

Dharmawan, W. S., & Arisandi, D. (2023). Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Hardware Komputer Di Smk Cahaya Sakti. Simtek: jurnal sistem informasi dan teknik komputer, 8(2), 238-241. https://doi.org/10.51876/simtek.v8i2.208

Hakim, L. (2018). Pengembangan media pembelajaran PAI berbasis augmented reality. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59-72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6

Ismail, T., & Muda, L. I. (2021). Aplikasi mobile augmented reality pada proses terjadinya gerhana matahari. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 5(2), 575-588. http://dx.doi.org/10.30645/j-sakti.v5i2.358

Kanti, L., Rahayu, S. F., Apriana, E., & Susanti, E. (2022). Analisis pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality dengan model POE2WE pada materi teori kinetik gas: literature review. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 2(1), 75-82. https://doi.org/10.52434/jpif.v2i1.1731

Latifah, A., Tresnawati, D., & Sanjaya, H. (2022). Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Augmented Reality untuk Tanaman Daun Herbal. Jurnal Algoritma, 19(2), 515-526. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1138

Laya, M., & Rewaldy, R. (2015). Visualisasi Sistem Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. MULTINETICS, 1(1), 36-40. https://doi.org/10.32722/multinetics.v1i1.1039

Lestari, S. D., Istyadji, M., & Hafizah, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline pada Materi Gerhana untuk Siswa SMP. Indonesian Journal of Science Education and Applied Science, 2(2), 1-16. https://doi.org/10.20527/i.v2i2.7388

Meilindawati, R., Zainuri, Z., & Hidayah, I. (2023). Penerapan media pembelajaran augmented reality (ar) dalam pembelajaran matematika. JURNAL e-DuMath, 9(1), 55-62. https://doi.org/10.52657/je.v9i1.1941

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 13(2), 174-183. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525

Pramono, A., & Setiawan, M. D. (2019). Pemanfaatan augmented reality sebagai media pembelajaran pengenalan buah-buahan. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(1), 54-68. https://doi.org/10.29407/intensif.v3i1.12573

Pratiwi, V. S., Mayub, A., & Hamdani, D. (2018). Pengembangan media pembelajaran planetarium gerhana sebagai alat bantu dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Bumi Antariksa (IPBA) pada materi gerhana. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3 Desember), 71-75. https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.71-75

Putra, P. B. A. A. (2020). Implementasi Augmented Reality Pada Media Promosi Penjualan Rumah. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 14(2), 142-149. https://doi.org/10.47111/jti.v14i2.1163

Ramadhan, D. N., & Adhisa, R. R. (2024). Pengembangan Game Edukasi Materi Sistem Tata Surya Sekolah Dasar Menggunakan Aplikasi Construct 3. JIKA (Jurnal Informatika), 8(4), 374-381. http://dx.doi.org/10.31000/jika.v8i4.12247

Saurina, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran untuk anak usia dini menggunakan augmented reality. Jurnal Iptek, 20(1), 95. https://doi.org/10.31284/j.iptek.2016.v20i1.27

Suartama, I. W. A., Suartama, I. K., & Renda, N. T. (2022). Video Blogging (VLOG) Gerhana Bulan dan Matahari untuk Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(3), 445-457. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.50766

Sucipto, A., Adrian, Q. J., & Kencono, M. A. (2021). Martial art augmented reality book (arbook) sebagai media pembelajaran seni beladiri nusantara pencak silat. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 10(1), 40-45. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i1.983

Utami, Z. N., & Sekarwati, K. A. (2020). Perancangan Aplikasi Sistem Tata Surya Menggunakan Teknologi Virtual Reality. Jurnal Ilmiah Komputasi, 19(4), 589-596. https://doi.org/10.32409/jikstik.19.4.363

Wibowo, V. R., Putri, K. E., & Mukmin, B. A. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi penggolongan hewan kelas V sekolah dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 58-69. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.119

Published

2025-03-01

How to Cite

Nainggolan, F. N. A. B., & Limiansih, K. (2025). Pengembangan Media Augmented Reality Gerhana Matahari untuk Melatih Literasi Sains Siswa Kelas IV SD. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 141–154. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5483

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.