Pengembangan Media Augmented Reality Gerhana Matahari untuk Melatih Literasi Sains Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5483Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Augmented Reality, Gerhana Matahari, Literasi Sains SiswaAbstract
Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan literasi sains berdasarkan dari data PISA dan kurangnya media pembelajaran interaktif guna meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran augmented reality topik gerhana matahari guna melatih kemampuan literasi sains siswa kelas IV di SDN Sokowaten Baru, serta untuk mengetahui kualitas dari media augmented reality. Penelitian ini menggunakan metode Resecearch and Development (RnD) dengan model ADDIE. Penilaian validasi dilakukan oleh ahli media, ahli praktisi (guru kelas IV), ahli materi (guru IPA)dan dilakukan uji coba kepada siswa kelas IV yang berjumlah 12 siswa terdiri dari 6 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Hasil dari penilaian validasi mendapatkan rerata sebesar 93% maka dapat disimpulkan masuk dalam kriteria media pembelajaran sangat baik. Hasil implementasi sebelum dan sesudah menggunakan media augmented reality yang diperoleh dari pretest dan post test mendapatkan hasil peningkatan sebesar 43% dengan hasil pretest 40% dan post test 83%. Adanya juga peningkatan dalam tiap kompetensi literasi sains hingga dapat disimpulkan dari hasil poin tes siswa adanya peningkatan yang optimal pada kompetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah (C1), disusul dengan mengontruksi dan mengevaluasi desain-desain untuk penyelidikan ilmiah serta menginterpretasikan data dengan bukti ilmiah secara kritis (C2), hingga yang belum optimal telihat pada kompetensi meneliti, mengevaluasi, dan meggunakan informasi ilmiah untuk pengambilan keputusan dan tindakan (C3). Kesimpulannya bahwa media augmented reality topik gerhana matahari dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas IV SDN Sokowaten Baru.
Downloads
References
Absa, U. K., & Anas, N. (2024). Pengembangan Media Solar System Pada Materi Tata Surya Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Usia Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3057-3066. https://doi.org/10.58230/27454312.946
Ahmad, A. P. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Aplikasi Augmented Reality pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Makassar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 1667-1673. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i2.1312
Almardiyah, A., Syaputra, W. Z., Yulistina, N., Rozi, M. F., Mardiansyah, R., & Maiziani, F. (2023). Garhana: Development Of Applications For Elementary School Students To Learn About Solar And Lunar Eclipses Based On Augmented Reality. International Journal of Ethnoscience, Bio-Informatic, Innovation, Invention and Techno-Science, 2(01), 1-5. https://doi.org/10.54482/ijebiiits.v2i01.183
Atong, I., Sirait, J., & Oktavianty, E. (2024). Pengembangan Komik Dilengkapi Augmented Reality Dan Game Wordwall Pada Pokok Bahasan Tata Surya Di Smp. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, 12(1), 92-107. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v12i1.9308
Basri, S., Alimuddin, N., & Nur, S. M. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dalam Meningkatkan Kemampuan Pra Literasi Anak Usia Dini. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.37985/pmsdu.v2i1.256
Dharmawan, W. S., & Arisandi, D. (2023). Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Hardware Komputer Di Smk Cahaya Sakti. Simtek: jurnal sistem informasi dan teknik komputer, 8(2), 238-241. https://doi.org/10.51876/simtek.v8i2.208
Hakim, L. (2018). Pengembangan media pembelajaran PAI berbasis augmented reality. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59-72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6
Ismail, T., & Muda, L. I. (2021). Aplikasi mobile augmented reality pada proses terjadinya gerhana matahari. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 5(2), 575-588. http://dx.doi.org/10.30645/j-sakti.v5i2.358
Kanti, L., Rahayu, S. F., Apriana, E., & Susanti, E. (2022). Analisis pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality dengan model POE2WE pada materi teori kinetik gas: literature review. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 2(1), 75-82. https://doi.org/10.52434/jpif.v2i1.1731
Latifah, A., Tresnawati, D., & Sanjaya, H. (2022). Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Augmented Reality untuk Tanaman Daun Herbal. Jurnal Algoritma, 19(2), 515-526. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1138
Laya, M., & Rewaldy, R. (2015). Visualisasi Sistem Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. MULTINETICS, 1(1), 36-40. https://doi.org/10.32722/multinetics.v1i1.1039
Lestari, S. D., Istyadji, M., & Hafizah, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline pada Materi Gerhana untuk Siswa SMP. Indonesian Journal of Science Education and Applied Science, 2(2), 1-16. https://doi.org/10.20527/i.v2i2.7388
Meilindawati, R., Zainuri, Z., & Hidayah, I. (2023). Penerapan media pembelajaran augmented reality (ar) dalam pembelajaran matematika. JURNAL e-DuMath, 9(1), 55-62. https://doi.org/10.52657/je.v9i1.1941
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 13(2), 174-183. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525
Pramono, A., & Setiawan, M. D. (2019). Pemanfaatan augmented reality sebagai media pembelajaran pengenalan buah-buahan. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(1), 54-68. https://doi.org/10.29407/intensif.v3i1.12573
Pratiwi, V. S., Mayub, A., & Hamdani, D. (2018). Pengembangan media pembelajaran planetarium gerhana sebagai alat bantu dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Bumi Antariksa (IPBA) pada materi gerhana. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3 Desember), 71-75. https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.71-75
Putra, P. B. A. A. (2020). Implementasi Augmented Reality Pada Media Promosi Penjualan Rumah. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 14(2), 142-149. https://doi.org/10.47111/jti.v14i2.1163
Ramadhan, D. N., & Adhisa, R. R. (2024). Pengembangan Game Edukasi Materi Sistem Tata Surya Sekolah Dasar Menggunakan Aplikasi Construct 3. JIKA (Jurnal Informatika), 8(4), 374-381. http://dx.doi.org/10.31000/jika.v8i4.12247
Saurina, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran untuk anak usia dini menggunakan augmented reality. Jurnal Iptek, 20(1), 95. https://doi.org/10.31284/j.iptek.2016.v20i1.27
Suartama, I. W. A., Suartama, I. K., & Renda, N. T. (2022). Video Blogging (VLOG) Gerhana Bulan dan Matahari untuk Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(3), 445-457. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.50766
Sucipto, A., Adrian, Q. J., & Kencono, M. A. (2021). Martial art augmented reality book (arbook) sebagai media pembelajaran seni beladiri nusantara pencak silat. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 10(1), 40-45. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i1.983
Utami, Z. N., & Sekarwati, K. A. (2020). Perancangan Aplikasi Sistem Tata Surya Menggunakan Teknologi Virtual Reality. Jurnal Ilmiah Komputasi, 19(4), 589-596. https://doi.org/10.32409/jikstik.19.4.363
Wibowo, V. R., Putri, K. E., & Mukmin, B. A. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi penggolongan hewan kelas V sekolah dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 58-69. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.119
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.