Pengembangan Media Pembelajaran “Buria” Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar

Indonesia

  • Myo Opidianto Universitas PGRI Semarang
  • Fine Reffiane Universitas PGRI Semarang
  • Choirul Huda Universitas PGRI Semarang
  • Ismartiningsih Ismartiningsih Universitas PGRI Semarang
Keywords: Media Pembelajaran, Buria, Flipbook, Pembelajaran Tematik, Four D

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai proses pengembangan media “Buria” berbasis flipbook untuk pembelajaran tematik kelas V di SD N Pandeanlamper 04 Kota Semarang untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yanng mencakup 5 tahapan yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi serta tahap evaluasi. Penelitian ini menggunakan subjek peserta didik sebanyak 32 peserta didik yang terdiri dari 18 laki-laki serta 14 perempuan dengan menggunakan uji coba skala besar. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dilakukan dengan validasi serta angket. Pengembangan media “Buria” berbasis flipbook untuk siswa sekolah dasar kelas V di SD N Pandeanlamper 04 Kota Semarang sangat dibutuhkan oleh peserta didik agar dapat meningkatkan ketersediaan bahan ajar yang efektif serta inovatif bagi peserta didik dan pendidik serta mendukung proses pembelajaran baik di sekolah maupun dirumah. Komponen uji validasi materi menunjukkan bahwa kualitas produk berdasarkan kriteria sangat baik, tetapi penyajiannya dan keterampilan yang digunakan banyak hal yang membuat produk tidak valid sehingga produk harus dicek kembali. Hasil penelitian ini menunjukkan kevalidan media “Buria” berbasis flipbook berdasarkan hasil validasi media dengan skor 94% serta hasil validasi materi mendapatkan skor 97% yang menyatakan bahwa media sangat valid. Kepraktisan media “Buria” berbasis flipbook diperoleh dari hasil angket guru memperoleh skor 97% sedangkan siswa memperoleh skor 96% menyatakan bahwa media fllipbook sangat praktis.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan media pembelajaran flipbook digital guna menunjang proses pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37-44. http://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300

Andina, Elga. 2011. "Buku Digital dan Pengaturannya". Aspirasi, Volume 2, Nomor 1, halaman 85.

Andina, Elga. 2011. "Buku Digital dan Pengaturannya". Aspirasi, Volume 2, Nomor 1, halaman 85

Aperta, M., & Amini, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Bebasis Kvisoft Flipbook Maker Pro di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1025-1032.

Aprilutfi, D. N. (2022). Flipbook tematik: Alternatif media pembelajaran PKN berbasis fliphtml5 di SD. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 380-385. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i4.111

Arsyad, A. 2016. Media Pembelajaran . Jakarta: Rajawali Pers.

Astuti, N.H., Reffiane, F., & Baedowi, S. (2019). Pengembangan Media Big Book pada Tema Kewajiban dan Hakku. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3 (2), 105-111.

Chandra, R. (2016). Pengembangan media buku cerita bergambar flipbook untuk peningkatan hasil belajar pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam As-Salam Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Damayanti, D. S., & Perdana, P. I. (2023). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Tematik (EMOTIK) Berbasis Flipbook pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2891-2900. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5932

Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234-244. http://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.20819

Durrotun, Nafisah Henry Januar Saputra, dan Mei Fita Asri Untari. 2018 Pengembangan Media Black Box Pada Model Pembelajaraan CTL Mata Pelajaraan Matematika Kelas V Sekolah DASAR. Jurnal Sekolah (JS). Vol 2 (4). Semarang : Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.

Fitri, N. D., & Syafiqoh, N. (2020). Pengembangan media buku digital flipbook untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A TK Al-Azhhariyyah Sekargeneng Lamongan. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 471-485. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.850

Fitri, N. N., & Amini, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Radec Pada pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V Sd. Journal of Basic Education Studies, 6(2), 376-396.

Hendrianti, S. D., Hidayat, S., & Suherman, S. (2021). Pengembangan Media E-Booklet Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker pada Materi Identifikasi Karir Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 178-184. https://doi.org/10.33394/jtp.v6i2.4089

Listyarini, Ikha Henry Januar Sapura, dan Moh. Aniq Khairul Bahsyar. 2018 “Pengembangan Media Digital Book Berbasis Flipbook Maker Materi IPA Kelas V Di Sekolah Dasar”. Jurnal Penelitian (JP). Semarang : Prodi PGSD Fakultas llmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.

Maghfirah, M., Afifulloh, M., & Dina, L. N. A. B. (2022). Pengembangan Media Flipbook Pada Pembelajaran Tematik Tema 1 Subtema 1 Kelas V. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 1-9.

Monica, M., Halidjah, S., & Pranata, R. (2022). Pengembangan Buku Digital Cerita Bergambar Berbentuk Flipbook Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 195-206.

Nirmala, N. S., & Istianah, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook sebagai media belajar pada pembelajaran IPA materi metamorfosis kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1).

Nurwidiyanti, A., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan media pembelajaran flipbook berbasis literasi sains pada pembelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6949-6959. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3421

Praditya, Made dkk. 2017. “Pengembangan Buku Cerita Elektronik dengan Metode Story Telling pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 di SD Negeri 4 Banyuning”. Dalam Jurnal EDUTECH Volume 5 (2) (152 -159). Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.

Putri, I. P., Yuniasih, N., & Sakdiyah, S. H. (2020, November). Pengembangan E-modul berbasis kvisoft flipbook maker perjuangan para pahlawan di kelas IV sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 4, No. 1, pp. 523-530).

Riani, R.P., Huda, K., & Fajriyah, K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik “Fun Thinkers Book” tema Berbagai Pekerjaan. Jurnal Sinektik, 2(2), 173-184.

Rosvita, A., & Anugraheni, I. (2021). Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar berbasis kemampuan membaca pada pembelajaran tematik. Jurnal Pendidikan Rokania, 6(1), 23-34. https://doi.org/10.37728/jpr.v6i1.368

Rukmi, A.S. (2018). Pengembangan Media E-Flipbook Untuk Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2819-2826. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yusuf, N., Setyawan, H., Immawati, S., Santoso, G., & Usman, M. (2022). gembangan Media Flipbook Berbasis Fabel untuk Meningkatkan Pemahaman Pesan Moral pada Peserta Didik Kelas Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8314-8330. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3735

Published
31-10-2023
How to Cite
Opidianto, M., Reffiane , F., Huda , C., & Ismartiningsih, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran “Buria” Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar : Indonesia. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(2), 136-145. https://doi.org/10.30605/cjpe.622023.2570