Pengembangan Media Pembelajaran “Buria” Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar
Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai proses pengembangan media “Buria” berbasis flipbook untuk pembelajaran tematik kelas V di SD N Pandeanlamper 04 Kota Semarang untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yanng mencakup 5 tahapan yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi serta tahap evaluasi. Penelitian ini menggunakan subjek peserta didik sebanyak 32 peserta didik yang terdiri dari 18 laki-laki serta 14 perempuan dengan menggunakan uji coba skala besar. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dilakukan dengan validasi serta angket. Pengembangan media “Buria” berbasis flipbook untuk siswa sekolah dasar kelas V di SD N Pandeanlamper 04 Kota Semarang sangat dibutuhkan oleh peserta didik agar dapat meningkatkan ketersediaan bahan ajar yang efektif serta inovatif bagi peserta didik dan pendidik serta mendukung proses pembelajaran baik di sekolah maupun dirumah. Komponen uji validasi materi menunjukkan bahwa kualitas produk berdasarkan kriteria sangat baik, tetapi penyajiannya dan keterampilan yang digunakan banyak hal yang membuat produk tidak valid sehingga produk harus dicek kembali. Hasil penelitian ini menunjukkan kevalidan media “Buria” berbasis flipbook berdasarkan hasil validasi media dengan skor 94% serta hasil validasi materi mendapatkan skor 97% yang menyatakan bahwa media sangat valid. Kepraktisan media “Buria” berbasis flipbook diperoleh dari hasil angket guru memperoleh skor 97% sedangkan siswa memperoleh skor 96% menyatakan bahwa media fllipbook sangat praktis.
Downloads
Metrics
References
Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan media pembelajaran flipbook digital guna menunjang proses pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37-44. http://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300
Andina, Elga. 2011. "Buku Digital dan Pengaturannya". Aspirasi, Volume 2, Nomor 1, halaman 85.
Andina, Elga. 2011. "Buku Digital dan Pengaturannya". Aspirasi, Volume 2, Nomor 1, halaman 85
Aperta, M., & Amini, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Bebasis Kvisoft Flipbook Maker Pro di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1025-1032.
Aprilutfi, D. N. (2022). Flipbook tematik: Alternatif media pembelajaran PKN berbasis fliphtml5 di SD. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 380-385. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i4.111
Arsyad, A. 2016. Media Pembelajaran . Jakarta: Rajawali Pers.
Astuti, N.H., Reffiane, F., & Baedowi, S. (2019). Pengembangan Media Big Book pada Tema Kewajiban dan Hakku. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3 (2), 105-111.
Chandra, R. (2016). Pengembangan media buku cerita bergambar flipbook untuk peningkatan hasil belajar pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam As-Salam Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Damayanti, D. S., & Perdana, P. I. (2023). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Tematik (EMOTIK) Berbasis Flipbook pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2891-2900. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5932
Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234-244. http://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.20819
Durrotun, Nafisah Henry Januar Saputra, dan Mei Fita Asri Untari. 2018 Pengembangan Media Black Box Pada Model Pembelajaraan CTL Mata Pelajaraan Matematika Kelas V Sekolah DASAR. Jurnal Sekolah (JS). Vol 2 (4). Semarang : Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Fitri, N. D., & Syafiqoh, N. (2020). Pengembangan media buku digital flipbook untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A TK Al-Azhhariyyah Sekargeneng Lamongan. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 471-485. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.850
Fitri, N. N., & Amini, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Radec Pada pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V Sd. Journal of Basic Education Studies, 6(2), 376-396.
Hendrianti, S. D., Hidayat, S., & Suherman, S. (2021). Pengembangan Media E-Booklet Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker pada Materi Identifikasi Karir Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 178-184. https://doi.org/10.33394/jtp.v6i2.4089
Listyarini, Ikha Henry Januar Sapura, dan Moh. Aniq Khairul Bahsyar. 2018 “Pengembangan Media Digital Book Berbasis Flipbook Maker Materi IPA Kelas V Di Sekolah Dasar”. Jurnal Penelitian (JP). Semarang : Prodi PGSD Fakultas llmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Maghfirah, M., Afifulloh, M., & Dina, L. N. A. B. (2022). Pengembangan Media Flipbook Pada Pembelajaran Tematik Tema 1 Subtema 1 Kelas V. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 1-9.
Monica, M., Halidjah, S., & Pranata, R. (2022). Pengembangan Buku Digital Cerita Bergambar Berbentuk Flipbook Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 195-206.
Nirmala, N. S., & Istianah, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook sebagai media belajar pada pembelajaran IPA materi metamorfosis kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1).
Nurwidiyanti, A., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan media pembelajaran flipbook berbasis literasi sains pada pembelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6949-6959. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3421
Praditya, Made dkk. 2017. “Pengembangan Buku Cerita Elektronik dengan Metode Story Telling pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 di SD Negeri 4 Banyuning”. Dalam Jurnal EDUTECH Volume 5 (2) (152 -159). Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.
Putri, I. P., Yuniasih, N., & Sakdiyah, S. H. (2020, November). Pengembangan E-modul berbasis kvisoft flipbook maker perjuangan para pahlawan di kelas IV sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 4, No. 1, pp. 523-530).
Riani, R.P., Huda, K., & Fajriyah, K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik “Fun Thinkers Book” tema Berbagai Pekerjaan. Jurnal Sinektik, 2(2), 173-184.
Rosvita, A., & Anugraheni, I. (2021). Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar berbasis kemampuan membaca pada pembelajaran tematik. Jurnal Pendidikan Rokania, 6(1), 23-34. https://doi.org/10.37728/jpr.v6i1.368
Rukmi, A.S. (2018). Pengembangan Media E-Flipbook Untuk Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.
Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2819-2826. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung : Alfabeta.
Sukmadinata. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yusuf, N., Setyawan, H., Immawati, S., Santoso, G., & Usman, M. (2022). gembangan Media Flipbook Berbasis Fabel untuk Meningkatkan Pemahaman Pesan Moral pada Peserta Didik Kelas Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8314-8330. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3735
Copyright (c) 2023 Myo Opidianto, Fine Reffiane, Choirul Huda, Ismartiningsih Ismartiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.