Pengaruh Alat Permainan Edukatif Portable Sensory Path terhadap Pemahaman Budaya Indonesia pada Anak Usia Dini di TK An-Najwa
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5824Keywords:
Pengaruh, Alat Permainan Edukatif, Portable Sensory Path, Pemahaman Budaya, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman budaya pada anak usia dini masih tergolong kurang optimal, yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan serta terbatasnya ketersediaan Alat Permainan Edukatif (APE) yang sesuai dengan karakteristik anak. Padahal, pemahaman budaya sejak dini penting untuk membentuk identitas dan nilai-nilai kebangsaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan APE Portable Sensory Path terhadap pemahaman budaya Indonesia pada anak usia dini di TK An-Najwa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental) model One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 30 anak usia 5–6 tahun yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda bergambar dan lembar observasi. Uji validitas dilakukan menggunakan Aiken’s V, reliabilitas diuji menggunakan Alpha Cronbach, dan analisis data dilakukan dengan uji non-parametrik Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan APE Portable Sensory Path terhadap peningkatan pemahaman budaya anak. Rata-rata skor pre-test sebesar 5,87 meningkat menjadi 13,63 pada post-test, dengan distribusi skor post-test yang lebih merata dan simetris (skewness -0,045), mengindikasikan peningkatan yang konsisten di seluruh subjek. Peningkatan ini menunjukkan bahwa APE Portable Sensory Path tidak hanya efektif dalam menyampaikan materi budaya secara lebih konkret dan menarik, tetapi juga mampu menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Dengan demikian, media ini dapat menjadi salah satu alternatif strategi pembelajaran yang relevan dan aplikatif bagi guru PAUD dalam mengembangkan pemahaman budaya anak sejak usia dini.
Downloads
References
Agustia, E. (2023). Merancang alat permainan edukatif (APE) bagi anak usia dini. Jurnal Agilearner, 1(1). https://doi.org/10.56783/ja.v1i1.14
Apsari, Y., Lisdawati, I., & Mulyani, E. R. (2020). Alat Permainan Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 3(1), 38-47. https://doi.org/10.22460/as.v3i1p%25p.3385
Asfiati, A., Muslim, M., & Ramadhan, S. (2025). Strategi penguatan profil pelajar Pancasila berbasis budaya lokal Bima pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), 790-804. https://doi.org/10.53299/jppi.v5i2.1445
Azri, A., & Raniyah, Q. (2024). Peran Teknologi Dan Pelatihan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(4), 4859-4884.
Azzahra, L., Ardiansyah, R., Kurniasih, L., Nafiza, B., Habibah, A., & Yusnaldi, E. (2024). Toleransi Keanekaragamanbudaya Dan Suku Bangsa. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1), 98-103. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i1.202
Cahya, P., & Ramadhana, M. A. (2023). Pembelajaran Berbasis Budaya Untuk Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Asing Di Yogyakarta . Jurnal Dieksis ID, 3(2), 84–98. https://doi.org/10.54065/dieksis.3.2.2023.349
Damayanti, P. D., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Efektivitas alat permainan edukatif (APE) terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. As-Sabiqun, 4(2), 443-455. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i2.1780
Fasha, A. K., & Hibana, H. (2023). Pemahaman Guru Tentang Penggunaan Alat Permainan Edukatif Dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 9(1), 1-8. https://doi.org/10.18592/jea.v9i1.8728
Fitrianingsih, R., & Musdalifah, M. (2015). Efektivitas penggunaan media video pada pembelajaran pembuatan strapless siswa kelas XII SMK Negeri 1 Jambu. Fashion and Fashion Education Journal, 4(1). https://doi.org/10.15294/ffej.v4i1.7793
Hasanah, U. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Pada Taman Kanak-Kanak Se-Kota Metro. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 20-40. http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3831
Hasanah, U., & Deiniatur, M. (2019). Membangun budaya membaca pada anak usia dini di era digital. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3(01), 10-24. http://dx.doi.org/10.24127/att.v3i01.973
Irhandayaningsih, A. (2019). Menanamkan budaya membaca pada anak usia dini. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 3(2), 109-118. https://doi.org/10.9767/bcrec.5230
Jannah, M. (2025). Membangun Rumah Literasi di Desa: Menumbuhkan Budaya Membaca dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Literasi Digital, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.54065/jld.5.1.2025.558
Jatmika, D. (2018). Hubungan budaya individualis-kolektif dan motivasi berbelanja hedonik pada masyarakat kota Jakarta. Psibernetika, 10(1). http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v10i1.1037
Kangas, J., Harju-Luukkainen, H., Brotherus, A., Kuusisto, A., & Gearon, L. (2019). Playing to learn in Finland: Early childhood curricular and operational contexts. In Policification of early childhood education and care (pp. 71-85). Routledge.
Nityanasari, D. (2020). Alat Permainan Edukatif Pasak Warna Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 9-14. https://doi.org/10.24853/yby.4.1.9-14
Rakhmawati, R. (2022). Alat Permainan Edukatif (APE) untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 381-387. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.293
Rikza, A., & Islam, S. (2019). Pendidikan karakter dalam tafsir almisbah surat alisra’ayat 23-24 dan surat luqman ayat 12-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1-26.
Susanti, U. V. (2024). Portable Sensory Path: Alternatif Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Masa Covid-19. WALADUNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(2), 122-132.
Trimantara, H., & Mulya, N. (2019). Mengembangkan Bahasa anak usia 4-5 tahun melalui alat permainan Edukatif puzzle. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 25-34. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4553
Wigati, M., & Wiyani, N. A. (2020). Kreativitas Guru Dalam Membuat Alat Permainan Edukatif Dari Barang Bekas. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 43-56. https://doi.org/10.32678/assibyan.v5i1.10561
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.