Pengaruh Alat Permainan Edukatif Portable Sensory Path terhadap Pemahaman Budaya Indonesia pada Anak Usia Dini di TK An-Najwa

Authors

  • Sintia Nurjannah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Widya Masitah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5824

Keywords:

Pengaruh, Alat Permainan Edukatif, Portable Sensory Path, Pemahaman Budaya, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman budaya pada anak usia dini masih tergolong kurang optimal, yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan serta terbatasnya ketersediaan Alat Permainan Edukatif (APE) yang sesuai dengan karakteristik anak. Padahal, pemahaman budaya sejak dini penting untuk membentuk identitas dan nilai-nilai kebangsaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan APE Portable Sensory Path terhadap pemahaman budaya Indonesia pada anak usia dini di TK An-Najwa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental) model One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 30 anak usia 5–6 tahun yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda bergambar dan lembar observasi. Uji validitas dilakukan menggunakan Aiken’s V, reliabilitas diuji menggunakan Alpha Cronbach, dan analisis data dilakukan dengan uji non-parametrik Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan APE Portable Sensory Path terhadap peningkatan pemahaman budaya anak. Rata-rata skor pre-test sebesar 5,87 meningkat menjadi 13,63 pada post-test, dengan distribusi skor post-test yang lebih merata dan simetris (skewness -0,045), mengindikasikan peningkatan yang konsisten di seluruh subjek. Peningkatan ini menunjukkan bahwa APE Portable Sensory Path tidak hanya efektif dalam menyampaikan materi budaya secara lebih konkret dan menarik, tetapi juga mampu menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Dengan demikian, media ini dapat menjadi salah satu alternatif strategi pembelajaran yang relevan dan aplikatif bagi guru PAUD dalam mengembangkan pemahaman budaya anak sejak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustia, E. (2023). Merancang alat permainan edukatif (APE) bagi anak usia dini. Jurnal Agilearner, 1(1). https://doi.org/10.56783/ja.v1i1.14

Apsari, Y., Lisdawati, I., & Mulyani, E. R. (2020). Alat Permainan Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 3(1), 38-47. https://doi.org/10.22460/as.v3i1p%25p.3385

Asfiati, A., Muslim, M., & Ramadhan, S. (2025). Strategi penguatan profil pelajar Pancasila berbasis budaya lokal Bima pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), 790-804. https://doi.org/10.53299/jppi.v5i2.1445

Azri, A., & Raniyah, Q. (2024). Peran Teknologi Dan Pelatihan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(4), 4859-4884.

Azzahra, L., Ardiansyah, R., Kurniasih, L., Nafiza, B., Habibah, A., & Yusnaldi, E. (2024). Toleransi Keanekaragamanbudaya Dan Suku Bangsa. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1), 98-103. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i1.202

Cahya, P., & Ramadhana, M. A. (2023). Pembelajaran Berbasis Budaya Untuk Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Asing Di Yogyakarta . Jurnal Dieksis ID, 3(2), 84–98. https://doi.org/10.54065/dieksis.3.2.2023.349

Damayanti, P. D., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Efektivitas alat permainan edukatif (APE) terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. As-Sabiqun, 4(2), 443-455. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i2.1780

Fasha, A. K., & Hibana, H. (2023). Pemahaman Guru Tentang Penggunaan Alat Permainan Edukatif Dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 9(1), 1-8. https://doi.org/10.18592/jea.v9i1.8728

Fitrianingsih, R., & Musdalifah, M. (2015). Efektivitas penggunaan media video pada pembelajaran pembuatan strapless siswa kelas XII SMK Negeri 1 Jambu. Fashion and Fashion Education Journal, 4(1). https://doi.org/10.15294/ffej.v4i1.7793

Hasanah, U. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Pada Taman Kanak-Kanak Se-Kota Metro. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 20-40. http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3831

Hasanah, U., & Deiniatur, M. (2019). Membangun budaya membaca pada anak usia dini di era digital. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3(01), 10-24. http://dx.doi.org/10.24127/att.v3i01.973

Irhandayaningsih, A. (2019). Menanamkan budaya membaca pada anak usia dini. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 3(2), 109-118. https://doi.org/10.9767/bcrec.5230

Jannah, M. (2025). Membangun Rumah Literasi di Desa: Menumbuhkan Budaya Membaca dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Literasi Digital, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.54065/jld.5.1.2025.558

Jatmika, D. (2018). Hubungan budaya individualis-kolektif dan motivasi berbelanja hedonik pada masyarakat kota Jakarta. Psibernetika, 10(1). http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v10i1.1037

Kangas, J., Harju-Luukkainen, H., Brotherus, A., Kuusisto, A., & Gearon, L. (2019). Playing to learn in Finland: Early childhood curricular and operational contexts. In Policification of early childhood education and care (pp. 71-85). Routledge.

Nityanasari, D. (2020). Alat Permainan Edukatif Pasak Warna Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 9-14. https://doi.org/10.24853/yby.4.1.9-14

Rakhmawati, R. (2022). Alat Permainan Edukatif (APE) untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 381-387. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.293

Rikza, A., & Islam, S. (2019). Pendidikan karakter dalam tafsir almisbah surat alisra’ayat 23-24 dan surat luqman ayat 12-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1-26.

Susanti, U. V. (2024). Portable Sensory Path: Alternatif Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Masa Covid-19. WALADUNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(2), 122-132.

Trimantara, H., & Mulya, N. (2019). Mengembangkan Bahasa anak usia 4-5 tahun melalui alat permainan Edukatif puzzle. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 25-34. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4553

Wigati, M., & Wiyani, N. A. (2020). Kreativitas Guru Dalam Membuat Alat Permainan Edukatif Dari Barang Bekas. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 43-56. https://doi.org/10.32678/assibyan.v5i1.10561

Published

2025-06-15

How to Cite

Nurjannah, S., & Masitah, W. (2025). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Portable Sensory Path terhadap Pemahaman Budaya Indonesia pada Anak Usia Dini di TK An-Najwa. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 602–615. https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5824

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.