Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Komitmen Organisasi Guru Sekolah Dasar

  • Yusrizal Yusrizal Universitas Terbuka
  • Rhini Fatmasari Universitas Terbuka
  • Rais Hidayat Universitas Pakuan
Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja, Komitmen Organisasi, Sekolah Dasar, Korelasional

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) menguji hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dengan Komitmen Organisasi Guru; (2) menguji hubungan Motivasi Kerja Guru dengan Komitmen Organisasi Guru; dan (3) menguji hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru dengan Komitmen Organisasi Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pamulang. Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dan metode yang digunakan adalah metode korelasional. Pengujian dilakukan dengan menggunakan SPSS 22.0. Sampel penelitian ini diperoleh dengan metode slovin berjumlah 86 guru. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah angket tertutup. Pengumpulan data diperoleh dengan metode angket. Uji validitas dengan teknik analisis data Product Moment dan Uji Reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji Korelasi Parsial diperoleh nilai koefisien korelasi (Correlation) r hitung Kepemimpinan Transformasional sebesar 0,771 (positif) dan Motivasi Kerja sebesar 0,750 (positif) > r tabel sebesar 0,2133 artinya kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan Komitmen Organisasi Guru. Hasil uji nilai signifikansi F change sebesar 0,000 < 0,05 dan F change 85, 717 > F tabel 3, 10 artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah dan motivasi kerja guru dengan komitmen organisasi guru. Adapun tingkat keeratan hubungan tersebut adalah 0,821 dengan kategori korelasi tinggi. Temuan pada penelitian ini adalah guru PNS lebih mendapatkan prioritas perhatian dari pemerintah dalam hal peningkatan kemampuan profesionalnya melalui pendidikan dan juga pelatihan-pelatihan dibandingkan guru non-PNS.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ahmadi, R. (2018). Profesi Keguruan. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Arikunto, S. & Yuliana, L. (2019). Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Rieneka Cipta.

Desiyanti, S., Sudrajat, A., & Sapriati, A. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Supervisi Klinis Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Gugus 21 Kecamatan Ciputat Timur. Jurnal Sinestesia, 12(1), 274-280.

Diannita, A. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Etos Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan. Jurnal Studi Islam dan Sosial, 4(2), 1-20.

Esia-Donkoh, K., & Ofosu-Dwamena. E., (2015). Effects of Educational Supervision On Professional Development Perception Of Public Basic School Teachers At Winneba, Ghana. British Journal of Education, 2(6), 63-82.

Fahriana, A. S., & Mulyadi. (2018). Motivasi Kerja Guru. Malang: Citra Intrans Selaras.

Laila, I. R.(2021). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Sma Negeri 1 Kota Tangerang Selatan (Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Masrun. (2018). Hubungan supervisi kepala sekolah dan budaya organisasi dengan kepuasan kerja guru PNS SD Negeri di kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur. (Tesis, Universitas Terbuka).

Mufarrohah, F. (2020). Pengaruh Komunikasi Persuasif dan Kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah terhadap Etos Kerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Pamulangkota Tangerang Selatan (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).

Nurainy, N. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Pondok Ranji Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan (Master's thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Pahrudin, P., Martono, T., & Murtini, W. (2016). The effect of pedagogic competency, personality, professional and social competency teacher to study achievement of economic lesson in State Senior High school of East Lombok district academic year 2015/2016. In Proceeding of the International Conference on Teacher Training and Education (Vol. 2, No. 1, pp. 332-345).

Praptiyani, M. (2016). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD Se Kecamatan Ngaglik Sleman Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Yogyakarta).

Priansa, D. J. (2017). Manajemen Kinerja Pegawai. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rulandari, N. (2017). The effect of supervision and professionalism on staff performance at the office of social affairs in east Jakarta administrative city. International journal of humanities and social science, 7(2), 184-192.

Suparjo. (2018). Hubungan Motivasi Kerja Guru dan motivasi kerja terh adap kinerja guru Pendidikan Agama Islam SMP se Kabupaten Banyumas. (Tesis, IAIN Purwekerto.

Published
31-10-2022
How to Cite
Yusrizal, Y., Fatmasari, R., & Hidayat, R. (2022). Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Komitmen Organisasi Guru Sekolah Dasar . Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(2), 211-218. https://doi.org/10.30605/cjpe.522022.2261