Perbedaan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V di SD Negeri Bedahan 01 Cibinong Bogor

Authors

  • Mujahid Helmi Pascasarjana Universitas Terbuka
  • Rais Hidayat Universitas Pakuan
  • Rhini Fatmasari Pascasarjana Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5588

Keywords:

Problem-Based Learning, Project-Based Learning, Hasil Belajar IPA, Quasi-Experimental

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya mencari model pembelajaran yang paling efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa, mengingat perkembangan teknologi dan tuntutan keterampilan berpikir kritis yang semakin penting di era pendidikan abad 21, serta untuk memberikan wawasan bagi guru dalam memilih metode yang dapat lebih optimal meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan efektivitas model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dan Project-Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri Bedahan 01 Cibinong, Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Quasi-Experimental dan teknik pengumpulan data melalui pretest dan posttest. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, masing-masing menerapkan model PBL dan PjBL. Hasil analisis data menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai probabilitas (sig. 2-tailed) sebesar 0,027, lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis nol (H₀) ditolak. Rata-rata hasil posttest siswa pada kelas PBL adalah 86,21, sedangkan pada kelas PjBL adalah 81,29, dengan selisih sebesar 4,92. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA dibandingkan dengan model PjBL. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar guru mengombinasikan kedua model pembelajaran ini secara strategis untuk memaksimalkan hasil belajar dan pengembangan keterampilan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Rahman, M., Azmi, M. N. L., binti Wahab, Z., bin Abdullah, A. T. H., & binti Azmi, N. J. (2016). The impacts of'Problem-based learning’approach in enhancing critical thinking skills to teaching literature. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 5(6), 249-258. https://doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.5n.6p.249

Adicondro, T., & Anugraheni, I. (2022). Pengaruh Problem Based Learning (Pbl) Dan Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(14), 452-461. https://doi.org/10.5281/zenodo.7016068

Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Anggerani, A., Hidayat, W., & Asni, Y. (2022). The effect of project-based learning (PBL) on lessons written in the second grade of SMPN 1 Parepare. INSPIRING, 33-44. https://doi.org/10.35905/inspiring.v5i1.2531

Della, A., & Dahlan, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Literasi Sains Peserta Didik Kelas V SDN 30 Mattirowalie. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 4(2), 160–171. https://doi.org/10.54065/pelita.4.2.2024.516

Ekawati, M., & Amir, N. Q. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran IPA Terpadu dan Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 2(1) https://doi.org/10.54065/pelita.2.1.2022.433

Fatimah, F., & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi, 1(2), 108. https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113

Khairat, Y. (2020). Penerapan model project based learning dalam Meningkatkan aktifitas dan hasil belajar peserta didik Pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 185-185. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i2.3198

Khasanah, L. A. I. U., MZ, A. S. A., & Irmaningrum, R. N. (2022). Pengaruh penggunaan media flipchart terhadap hasil belajar menulis surat resmi siswa kelas V di sekolah dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 125-130. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.141

Kiranadewi, D. F., & Hardini, A. T. A. (2021). Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Model Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PPKn. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.33860

Mahmudah, U. (2020). Meta analisis pengaruh model discovery learning dan problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas V SD. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(2), 69-78. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i2.29721

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v2i1.188

Nurhayati, N., Angraeni, L., & Wahyudi, W. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Mosharafa, 7(1), 12–20. https://doi.org/10.15408/es.v11i1.7464

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34-42. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612

Prihatmojo, A., Agustin, I. M., Ernawati, D., & Indriyani, D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Abad 21. Prosiding SEMNASFIP, 1(1), 180–186. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/index

Putri, R. M., Risdianto, E., & Rohadi, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Adobe Captivate Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 113–120. https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.113-120

Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548

Simanjuntak, R. (2018). Mengenal teori-teori belajar. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 7(1), 47-60. https://doi.org/10.46495/sdjt.v7i1.43

Sobandi, H. R. (2020). Peningkatan Keaktipan Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Kompetensi Menulis Dalam Teks Prosedur Melalui Model Pembelajaran Make A Match Siswa Kelas Ix Mts Negeri 5 Kuningan Tahun Pelajaran 2019/2020. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 16(2), 116-123. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i2.3506

Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3295

Wabula, M., Papilaya, P. M., & Rumahlatu, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan video dan Problem Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01), 29–41. https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.657

Watie, R. H., Riskawati, R., & Baharuddin , H. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kognitif IPA Siswa pada Materi Panas dan Perpindahannya Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.54065/pelita.3.1.2023.205

Yunus, N. M., & Suryani, A. I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Sains Terpadu dalam Pencemaran Air. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 2(2), 103–111. https://doi.org/10.54065/pelita.2.2.2022.323

Zulyusri, Z., Elfira, I., Lufri, L., & Santosa, T. A. (2023). Literature study: Utilization of the PjBL model in science education to improve creativity and critical thinking skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 133-143. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2555

Published

2025-03-26

How to Cite

Helmi, M., Hidayat, R., & Fatmasari, R. (2025). Perbedaan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V di SD Negeri Bedahan 01 Cibinong Bogor. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 372–386. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5588

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.