Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pamulang

  • Jasinah Jasinah Universitas Terbuka
  • Gorky Sembiring Universitas Terbuka
  • Rais Hidayat Universitas Terbuka
Keywords: Supervisi, Motivasi Kerja, Kinerja Guru, Guru SD, Kepala Sekolah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru; (2) mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru; dan (3) mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Sampel penelitian ini berjumlah 84 guru dengan teknik random sampling. Hasil uji t diperoleh bahwa taraf signifikansi variabel supervisi kepala sekolah adalah 0,000 dan motivasi kerja sebesar 0,000 < 0,005 artinya kedua variabel tersebut memberikan pengaruh terhadap kinerja guru. Hasil Uji F taraf signifikansi 0,000 < 0,05 artinya bahwa secara bersama-sama variabel supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja memberikan pengaruh terhadap kinerja guru. Hasil uji koefisien determinasi sebesar 0,84 artinya variabel supervisi dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 84 % sisanya sebesar 16 % dipengaruhi oleh variabel di luar variabel penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ahmadi, Rulam. (2018). Profesi Keguruan. Jogjakarta: Ar Ruzz Media

Akhtar, Javed Hassan and Irum Iqbal. (2010). Impact of Motivation on Teachers’ Job Performance: A Case Study of a Public Sector University, Journal of Educational Sciences & Research, Spring 2017, Volume 4 No.1

Anoraga, Pandji. (2006). Psikologi Kerja. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana. (2019). Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

Atmodiwiryo, Soebagio. (2000). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ar Dadaizya Jaya.

Asmani, Jamal Ma’mur. (2012). Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jogjakarta: Diva Press

Donkoh, Kweku Esia and Eric Ofosu-Dwamena. (2015). Effects of Educational Supervision on Professional Development Perception of Public Basic School Teachers at Winneba, Ghana. British Journal of Education, Vol.2, No.6, pp.63-82, December 2014

Fahriana, Ava Swastika dan Mulyadi. (2018). Supervisi Akademik. Malang: Citra Intrans Selaras

Hutagalung, Joni. (2011). Pengaruh supervise Kepala Sekolah, motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru sekolah permata harapan Batam. Tesis. Jakarta: Universitas Terbuka

Ikurite. (2017). Influence of Motivation on Teachers Performance in a Local Government Area in Nigeria. Department of Physics, Niger Delta University, Wilberforce Island, Amasoma, Nigeria. *Isaac Jasper Boro College of Education Sagbama Nigeria.IOSR Journal of Humanities and Social Science (IOSR-JHSS). Volume 22, Issue 5, Ver. 3 (May 2017) PP 22-28

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Masrun. (2018). Pengaruh Supervisi Kepala sekolah dan budaya organisasi dengan kepuasan kerja guru PNS SD Negeri di kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur. Tesis. Jakarta: Universitas Terbuka

Ondima, Cleopha, Dr. Walter Okibo, Dr. Andrew Nyang’au, Daniel Mabeya & Dennis Nyamasege. (2014). Effects of Motivation on teacher’s performance in Kenyan Schools: A Survey of Nyamira District Secondary Schools in Nyamira County. Journal of Education and Practice, Vol.5, No.30, 2014.

Priansa, Donni Juni. (2017). Manajemen Kinerja Pegawai. Bandung: CV Pustaka Setia.

Purwaningsih, Happy. (2012). Pengaruh supervise Kepala Sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru ekonomi /akuntansi SMA/MA/SMK di Kota Pekalongan. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Suryana, AA dan Pupuh Faturrohman. (2011). Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Risnawati, Rinidan M. Nur Ghufron. (2010). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Suparjo. (2018). Hubungan supervise akademik dan motivasi kerja terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam SMP se Kabupaten Banyumas. Tesis. Purwekerto: IAIN Purwekerto

Supriono, Edi. (2014). Pengaruh supervis ikepala sekolah terhadap kinerja guru SD se Kecamatan Sewon Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Published
14-03-2022
How to Cite
Jasinah, J., Sembiring, G., & Hidayat, R. (2022). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pamulang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(1), 111-119. https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1578
Section
Articles