Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Sekolah Dasar

  • Alif Aryadi Hardi Universitas Muhammadiyah Bone
  • Andi Mutmainna Universitas Muhammadiyah Bone
Keywords: Proses, Belajar Mengajar, Pendidikan Jasmani, Olahraga, Kesehatan

Abstract

Penelitian deskriptif ini dilaksanakan untuk mengidentifikasi efektivitas metode pengajaran dan kondisi sarana prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Dasar Negeri 56 Lanca, Kabupaten Bone. Sebanyak 72 siswa terlibat sebagai populasi dalam penelitian ini, sementara sampel yang digunakan berjumlah 31 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Proses Belajar Mengajar PJOK di lokasi penelitian dilaksanakan dengan beberapa indikator. Untuk metode pengajaran yang menggunakan demonstrasi, diperoleh kriteria sedang dengan tingkat respon rata-rata mencapai 78 kali (50%). Sementara itu, metode ceramah juga menunjukkan kriteria sedang dengan tingkat respon rata-rata sebanyak 83 kali (59,83%). Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Dasar Negeri 56 Lanca Kabupaten Bone termasuk dalam kategori sedang, dengan kriteria peralatan olahraga yang memiliki indikator sedang, berdasarkan rata-rata respons siswa sebanyak 72 kali atau 49,56%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Alam, H. W. N. (2017). Peningkatan kemampuan memproduksi teks prosedur kompleks dengan menggunakan metode demonstrasi. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 32-38. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i1.176

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. PILAR, 14(1), 15-31.

Darmawati, D., Rahayu, T., & Rc, A. R. (2017). Leadership Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 108-116. https://doi.org/10.15294/jpes.v6i2.17359

Dewi, R., Gustiawati, R., & Afrinaldi, R. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 4 Karawang. Journal Coaching Education Sports, 1(2), 85-92. https://doi.org/10.31599/jces.v1i2.327

Handayani, E. (2021). Perbaikan Pembelajaran Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Tentang Kemampuan Membilang Benda Dan Pengenalan Konsep Bilangan Pada Pengembangan Kognitif Di TK Handayani Banjaranyar Kelompok A Semester 1 Tahun 2018/2019. Wawasan Pendidikan, 1(1), 106-114. https://doi.org/10.26877/wp.v1i1.9257

Humaedi, H., Wahyudhi, A. S. B. S. E., & Gunawan, G. (2023). Biomotor Atlet Elit Pada Olahraga Unggulan. Jambura Journal of Sports Coaching, 5(1), 1-13. https://doi.org/10.37311/jjsc.v5i1.16781

Indrayanti, Y. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya di MTs Negeri 2 Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(2), 247-252. https://doi.org/10.14421/jpm.2020.52-10

Iqbal, R., RA, O. R. A., Kesuma, A. R., & Susana, J. (2022). Strategi Pengolahan Bahan Pustaka Sebagai Pusat Sumber Referensi Informasi Di Perpustakaan Al-Kindi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Bandar Lampung. Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 6(2), 157-168. https://doi.org/10.29240/tik.v6i2.4386

Isyani, I., Permadi, A. G., & Lubis, M. R. (2023). Profil Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1). https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4766

Kenmandola, D. (2022). kualitas pendidikan di indonesia.

Kiranida, O. (2019). Memaksimalkan Perkembangan Motorik Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelajaran Penjaskes. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 318-328.

Muntahanah, S., Cahyo, H., Setiawan, H., & Rahmah, S. (2021). Literasi Keuangan, Pendapatan dan Gaya Hidup terhadap Pengelolaan Keuangan di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1245. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i3.1647

Mustafa, P. S., & Winarno, M. E. (2020). Penerapan pendekatan saintifik dalam aktivitas belajar pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SMK Negeri 4 Malang. Jurnal Penjakora Olahraga dan Kesehatan, 7(2), 78-92. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.25633

Nugraha, N. E., & Izzuddin, D. A. (2021). Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang. Jurnal Olahraga Kebugaran Dan Rehabilitasi (JOKER), 1(1), 41-52. https://doi.org/10.35706/joker.v1i1.5279

Rulianto, F. (2018). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. 4(2).

Sari, Y. Y., Ulfani, D. P., & Ramos, M. (2024). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 478-488. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1657

Sholikhah, A. (2016). Statistik deskriptif dalam penelitian kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342-362. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953

Suharti, D. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Xi Smk Negeri 1 Balikpapan Tahun Pelajaran 2019/2020 (Studi Penelitian Tindakan Kelas dalam Upaya Peningkatan Pemahaman dan Keterampilan pada Tata Cara Penyelenggaraan Jenazah). PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 44-91. https://doi.org/10.47006/pendalas.v1i1.64

Sulistiyono, M. S., & Qoriah, A. (2023). Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 4(2), 539–549. https://doi.org/10.15294/inapes.v4i2.54788

Supriyadi, M. (2018). Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (JPJO), 1(2), 64–73. https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.136

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83-90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20

Zulfikar, M. (2023). Efektivitas Pengajaran Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(1), 55–62. https://doi.org/10.30605/cjpe.612023.2515

Published
30-05-2024
How to Cite
Hardi, A. A., & Mutmainna, A. (2024). Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(1), 96-105. https://doi.org/10.30605/cjpe.712024.3616
Section
Articles