Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian deskriptif ini dilaksanakan untuk mengidentifikasi efektivitas metode pengajaran dan kondisi sarana prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Dasar Negeri 56 Lanca, Kabupaten Bone. Sebanyak 72 siswa terlibat sebagai populasi dalam penelitian ini, sementara sampel yang digunakan berjumlah 31 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Proses Belajar Mengajar PJOK di lokasi penelitian dilaksanakan dengan beberapa indikator. Untuk metode pengajaran yang menggunakan demonstrasi, diperoleh kriteria sedang dengan tingkat respon rata-rata mencapai 78 kali (50%). Sementara itu, metode ceramah juga menunjukkan kriteria sedang dengan tingkat respon rata-rata sebanyak 83 kali (59,83%). Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Dasar Negeri 56 Lanca Kabupaten Bone termasuk dalam kategori sedang, dengan kriteria peralatan olahraga yang memiliki indikator sedang, berdasarkan rata-rata respons siswa sebanyak 72 kali atau 49,56%.
Downloads
Metrics
References
Alam, H. W. N. (2017). Peningkatan kemampuan memproduksi teks prosedur kompleks dengan menggunakan metode demonstrasi. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 32-38. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i1.176
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. PILAR, 14(1), 15-31.
Darmawati, D., Rahayu, T., & Rc, A. R. (2017). Leadership Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 108-116. https://doi.org/10.15294/jpes.v6i2.17359
Dewi, R., Gustiawati, R., & Afrinaldi, R. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 4 Karawang. Journal Coaching Education Sports, 1(2), 85-92. https://doi.org/10.31599/jces.v1i2.327
Handayani, E. (2021). Perbaikan Pembelajaran Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Tentang Kemampuan Membilang Benda Dan Pengenalan Konsep Bilangan Pada Pengembangan Kognitif Di TK Handayani Banjaranyar Kelompok A Semester 1 Tahun 2018/2019. Wawasan Pendidikan, 1(1), 106-114. https://doi.org/10.26877/wp.v1i1.9257
Humaedi, H., Wahyudhi, A. S. B. S. E., & Gunawan, G. (2023). Biomotor Atlet Elit Pada Olahraga Unggulan. Jambura Journal of Sports Coaching, 5(1), 1-13. https://doi.org/10.37311/jjsc.v5i1.16781
Indrayanti, Y. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya di MTs Negeri 2 Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(2), 247-252. https://doi.org/10.14421/jpm.2020.52-10
Iqbal, R., RA, O. R. A., Kesuma, A. R., & Susana, J. (2022). Strategi Pengolahan Bahan Pustaka Sebagai Pusat Sumber Referensi Informasi Di Perpustakaan Al-Kindi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Bandar Lampung. Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 6(2), 157-168. https://doi.org/10.29240/tik.v6i2.4386
Isyani, I., Permadi, A. G., & Lubis, M. R. (2023). Profil Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1). https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4766
Kenmandola, D. (2022). kualitas pendidikan di indonesia.
Kiranida, O. (2019). Memaksimalkan Perkembangan Motorik Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelajaran Penjaskes. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 318-328.
Muntahanah, S., Cahyo, H., Setiawan, H., & Rahmah, S. (2021). Literasi Keuangan, Pendapatan dan Gaya Hidup terhadap Pengelolaan Keuangan di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1245. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i3.1647
Mustafa, P. S., & Winarno, M. E. (2020). Penerapan pendekatan saintifik dalam aktivitas belajar pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SMK Negeri 4 Malang. Jurnal Penjakora Olahraga dan Kesehatan, 7(2), 78-92. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.25633
Nugraha, N. E., & Izzuddin, D. A. (2021). Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang. Jurnal Olahraga Kebugaran Dan Rehabilitasi (JOKER), 1(1), 41-52. https://doi.org/10.35706/joker.v1i1.5279
Rulianto, F. (2018). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. 4(2).
Sari, Y. Y., Ulfani, D. P., & Ramos, M. (2024). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 478-488. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1657
Sholikhah, A. (2016). Statistik deskriptif dalam penelitian kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342-362. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953
Suharti, D. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Xi Smk Negeri 1 Balikpapan Tahun Pelajaran 2019/2020 (Studi Penelitian Tindakan Kelas dalam Upaya Peningkatan Pemahaman dan Keterampilan pada Tata Cara Penyelenggaraan Jenazah). PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 44-91. https://doi.org/10.47006/pendalas.v1i1.64
Sulistiyono, M. S., & Qoriah, A. (2023). Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 4(2), 539–549. https://doi.org/10.15294/inapes.v4i2.54788
Supriyadi, M. (2018). Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (JPJO), 1(2), 64–73. https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.136
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83-90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20
Zulfikar, M. (2023). Efektivitas Pengajaran Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(1), 55–62. https://doi.org/10.30605/cjpe.612023.2515
Copyright (c) 2024 Alif Aryadi Hardi, Andi Mutmainnah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.