Evaluasi Program Belajar dari Rumah Menggunakan Media Zoom dan E-Learning (Fokus Evaluasi pada Komponen Konteks)

  • Laely Romdhania Universitas Terbuka
  • Rais Hidayat Universitas Pakuan
  • Amalia Sapriati Universitas Terbuka
Keywords: Evaluasi Program, Belajar Dari Rumah, Zoom, E-Learning

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi pelaksanaan program Belajar dari Rumah (BDR) saat pandemik Covid-19 di SDIT At-Taufiq Kota Bogor dengan focus evaluasi pada komponen konteks dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan melalui display data, reduksi data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Evaluasi komponen konteks memiliki nilai kriteria “amat baik”. Kriteria ini diperoleh dari 3 aspek komponen konteks (analisis kebutuhan program, tujuan program dan legalitas program) yang memperoleh nilai amat baik. Dengan demikian, secara konteks, program BDR di SDIT At-Taufiq Kota Bogor relevan dan konsisten untuk fasilitasi pembelajaran serta memiliki legalitas dalam penyelenggaran program.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 12(7), 1-17.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Astini, Ni Komang Suni (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Lampuh Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2) 194-203.

Asyhar, R. (2012) Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GK) Press Jakarta.

B. Milman, Natalie. (2012). The Flipped Classroom Strategy What is it and How Can it Best be Used?. Jurnal Internasional 9(3) The George Washington University.

Fahmi, M. H. (2020). Komunikasi Synchronous dan Asynchronous dalam E-learning pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Nomosleca, 6(2), 146-158

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemik Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1), 51–56.

Ismawati, D. & Prasetyo, I. (2021). Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting Pada Anak Usia Dini Era Pandemik Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665-667.

Karataş, T. Ö., & Tuncer, H. (2020). Sustaining Language Skills Development of Pre-Service EFL Teachers despite the COVID-19 Interruption: A Case of Emergency Distance Education. Sustainability, 12(19), 8188. https://doi.org/10.3390/su12198188

Kim, J. (2020). Learning and Teaching Online During Covid-19: Experiences of Student Teachers in an Early Childhood Education Practicum. International Journal of Early Childhood, 52(2), 145–158. https://doi.org/10.1007/s13158-020-00272-6

Kirovska-Simjanoska, D. (2019). Digital vs in-Person Learning Environment in ESP Classrooms: Let the Students Decide. SEEU Review, 14(1), 36–68.

Kusuma, J. W. & Hamidah (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group dan Webinar Zoom Dalam PembelajaranPada Masa Pandemikk COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, (5)1, Hal 97 – 106.

Marta, R. (2018). Evaluasi Implementasi Pembelajaran Keterampilan Komuputer dan Pengolahan Informasi (KPPI) Berbasis E-Learning. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 11(1), 43-56.

Monica, J. & Dini, F. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemik Covid-19. Jurnal Communio: Jurnal Ilmu Komunikasi , 9(2) 1630 – 1640.

Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Munastiwi, E. (2020). Colorful Online Learning Problem of Early Childhood Education During the Covid-19 Pandemic. A’-Ta’lim Journal, 27(3), 227–235. https://doi.org/10.15548/jt.v27i3.663

Nguyen, T. (2015). The effectiveness of online learning: Beyond no significant difference and future horizons.MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 11(2), 309-319.

Noviansyah, W. (2021). Analisis Kesiapan dan Hambatan Siswa SMK dalam Menghadapi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 82-87.

Nugroho, A. A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Matematika dengan Strategi Project Based Learning Berbantuan Edmodo pada Mata Kuliah Statistik Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika FPMIPA, 1(1) 13-19.

Oemar, H. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Cetakan ketiga. Jakarta: Bumi Aksara.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajarandi Tengah Pandemik Virus Corona Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2) 30-36.

Permatasari, c. & Nafiah (2020). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Aplikasi Zoom Meeting Pada Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4 Kediri. Jurnal National Conference For Ummah, 1(1) 496-507

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah,M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 94–101.

Rachmadtullah, R., Subandowo, M., Rasmitadila, Humaira, M. A., Aliyyah, R. R., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2020). Use of blended learning with moodle: Study effectiveness in elementary school teacher education students during the COVID-19 pandemic. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(7), 3272–3277.

Rahmawati, I. (2020). Pelatihan Dan Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh berbasis Digital Class Platform Edmodo. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting) VIII, Universitas Terbuka Convention Center, 26 November 2016.

Riyanto, Y. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Yudiawan, Agus, (2020). Belajar Bersama Covid-19: Evaluasi Pembelajaran Daring Era Pandemik di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, Papua Barat. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2) 10-16.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(2) 214–224.

Setiawan, Adib Rifky. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom Pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3) 129-132.

Setyowahyudi, Rendy dan Tiara Ferdiyanti. (2020). Keterampilan Guru PAUD Kabupaten Ponorogo Dalam Memberikan Penguatan Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age,Universitas Hamzanwadi, 4(1), 100-111.

Stufflebeam, D. L. and Zhang (2017). The CIPP Evaluation Model: How to evaluate for improcessing and accountability. New York: The Guilford Press.

Sunnah, Ahlusi. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Program Seamolec di SMK Daerah istimewa yogyakarta. Jurnal pendidikan vokasi, 4(2) 143-165.

Taradisa, dkk. (2020). Kendala yang Dihadapi Guru Mengajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 5 Banda Aceh. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 12(2), 141-154.

Wasis, A.S. (2013). Penggunaan Media Pembelajaran Fisika Dengan E-learning Berbasis Edmodo Blog Education Pada Materi Alat Optik untuk Meningkatkan Respon, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3) 187-190.

Wibawanto, T. (2020). Pemanfaatan Video Conference dalam Pembelajaran Tatap Muka Jarak Jauh Dalam Rangka Belajar Dari Rumah. Jurnal Teknologi Pendidikan 1(1) 1-9.

Published
14-03-2022
How to Cite
Romdhania, L., Hidayat, R., & Sapriati, A. (2022). Evaluasi Program Belajar dari Rumah Menggunakan Media Zoom dan E-Learning (Fokus Evaluasi pada Komponen Konteks). Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(1), 31-39. https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1656
Section
Articles