Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dengan Menggunakan Pendekatan Total Physical Response Pada Siswa Kelas V SDN Pinrang

Authors

  • Risna Risna Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Rahmat Rahmat Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Muhammad Junaidi Mahyuddin Universitas Muhammadiyah Enrekang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4581

Keywords:

Keterampilan Menyimak, Total Physical Reponse, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu rendahnya keterampilan menyimak siswa kelas V di SDN Pinrang, yang disebabkan oleh minat siswa yang rendah karena kegiatan menyimak yang monoton, penggunaan metode ceramah yang kurang melibatkan media pembelajaran interaktif, serta partisipasi siswa yang pasif. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V dengan menggunakan metode Physical Response (TPR). Metode Total Physical Response yang memadukan gerakan fisik dengan perintah verbal dipilih karena kemampuannya membuat proses pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 10 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, observasi dan wawancara terhadap siswa dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada keterampilan menyimak siswa setelah penerapan metode Total Physical Response. Hasil kinerja siswa pada siklus I sebesar 67% dan siklus II sebesar 79%, serta hasil kemampuan menyimak siswa sebesar 54% pada siklus I dan 76,9% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan total physical reponse dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas IV sekolah dasar.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiana, E. (2019). Peningkatan Penguasaan Kosakata dengan Metode Total Physical Response (TPR). Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1). https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.374

Ahmad, A., Hajar, S., & Almu, F. F. (2018). Peningkatan keterampilan menyimak cerita anak melalui media animasi audio visual siswa kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v3i1.44

Apriliyanti, D. L., Rachmijati, C., & Anggraeni, A. (2019). Pelatihan Metode TPR Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dan Kreativitas Siswa Di Tingkat Smp, Desa Jalancagak, Kabupaten Subang. Abdimas Siliwangi, 2(2), 155-165. https://doi.org/10.22460/as.v2i2p155-165.3269

Ariska, A. R., Hanafi, Y., & Fauzan, M. (2023). Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) untuk Meningkatkan Perbendaharaan Kosakata Bahasa Arab pada Maharah Qira’ah. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(3), 381-390. https://doi.org/10.17977/um064v3i32023p381-390

Fadlan, A., Ridwan, R., Nopriansyah, U., & Nurfaizah, N. (2021). Penerapan Metode TPR (Total Physical Respone) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 137-151. https://dx.doi.org/10.24042/ajipaud.v4i1.8619

Huda, N., & Dahlia, S. H. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Anak dengan Menggunakan Metode Total Physical Response Pada Kelompok B di TKIT Baitul Iman Semarang. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 41-51. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.585

Maulidia, E. P., & Hasibuan, R. (2021). Pengaruh Metode Total Physical Response (TPR) Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Indonesia pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(05), 818-836. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i05.156

Mulyanah, E. Y., Ishak, I., & Firdaus, M. I. (2018). Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) Dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Sekolah Dasar (SD). JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 175-189. https://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3855

Nurhayani, I. (2017). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 54-59. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v4i1.36

Nursiniah, S. (2024). Mensinergikan Community Languange Learning (CLL) dan Total Physical Response (TPR). Karimah Tauhid, 3(7), 7803-7819. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14177

Purwa, T. L., Yuwana, S., & Hendratno, H. (2021). Metode Pembelajaran Total Physical Response Pada Peserta Didik. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 269-277. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i2.7233

Putri, A., & Sya, M. F. (2024). Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: Tinjauan Metode Total Physical Response. Karimah Tauhid, 3(8), 8360-8372. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14217

SADAT, A. S. H. A. (2018). Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) Dalam Pembelajaran Maharah Kitabah. Al-Af'idah Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Arab, 2(2), 28-45. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v2i2.218

Subakti, H. (2023). Analisis Keterampilan Menyimak Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar Kota Samarinda. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2536-2541. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.4845

Suryantini, N., Cahyono, B. E. H., & Ricahyono, S. (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Sugestopedia Dan Total Physical Response (Tpr) Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Siswa Paud. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 45-52. https://doi.org/10.25273/widyabastra.v9i1.9713

Triyadi, S. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 3(2). https://doi.org/10.35706/judika.v3i2.215

Uzer, Y. V., Irawan, D. B., Herlina, H., Marleni, M., Hidayad, F., Uzer, Y., & Syahbani, R. (2023). Sosialisasi Metode Total Physical Response Komunikasi Bahasa Inggris Menggunakan Perangkat Multimedia di SMPN 16 Palembang. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(3). https://doi.org/10.5281/zenodo.8225363

Wahyuningsih, S., & Musfirah, A. (2020). Penerapan Metode Total Physical Response Terhadap Peningkatan Maharah Kalam Pada Siswa Kelas X Ipa 3 Man 1 Kota Bima. Al-Af'idah Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Arab, 4(2), 66-80. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v4i2.1016

Zahra, A. S. A., & Putri, D. A. (2024). Metode Total Physical Response (TPR) Method dan Parcitipatory Approaches dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 3(7), 8109-8120. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14184

Zhahiriyah, F., Waspodo, M., & Madjid, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Total Physical Response Melalui Blended Learning Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Azzhahiriyah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 216-228. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.6049

Published

2024-11-26

How to Cite

Risna, R., Rahmat, R., & Mahyuddin, M. J. (2024). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dengan Menggunakan Pendekatan Total Physical Response Pada Siswa Kelas V SDN Pinrang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 462–472. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4581

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.