Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dengan Menggunakan Pendekatan Total Physical Response Pada Siswa Kelas V SDN Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4581Keywords:
Keterampilan Menyimak, Total Physical Reponse, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu rendahnya keterampilan menyimak siswa kelas V di SDN Pinrang, yang disebabkan oleh minat siswa yang rendah karena kegiatan menyimak yang monoton, penggunaan metode ceramah yang kurang melibatkan media pembelajaran interaktif, serta partisipasi siswa yang pasif. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V dengan menggunakan metode Physical Response (TPR). Metode Total Physical Response yang memadukan gerakan fisik dengan perintah verbal dipilih karena kemampuannya membuat proses pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 10 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, observasi dan wawancara terhadap siswa dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada keterampilan menyimak siswa setelah penerapan metode Total Physical Response. Hasil kinerja siswa pada siklus I sebesar 67% dan siklus II sebesar 79%, serta hasil kemampuan menyimak siswa sebesar 54% pada siklus I dan 76,9% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan total physical reponse dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas IV sekolah dasar.
Downloads
References
Agustiana, E. (2019). Peningkatan Penguasaan Kosakata dengan Metode Total Physical Response (TPR). Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1). https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.374
Ahmad, A., Hajar, S., & Almu, F. F. (2018). Peningkatan keterampilan menyimak cerita anak melalui media animasi audio visual siswa kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v3i1.44
Apriliyanti, D. L., Rachmijati, C., & Anggraeni, A. (2019). Pelatihan Metode TPR Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dan Kreativitas Siswa Di Tingkat Smp, Desa Jalancagak, Kabupaten Subang. Abdimas Siliwangi, 2(2), 155-165. https://doi.org/10.22460/as.v2i2p155-165.3269
Ariska, A. R., Hanafi, Y., & Fauzan, M. (2023). Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) untuk Meningkatkan Perbendaharaan Kosakata Bahasa Arab pada Maharah Qira’ah. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(3), 381-390. https://doi.org/10.17977/um064v3i32023p381-390
Fadlan, A., Ridwan, R., Nopriansyah, U., & Nurfaizah, N. (2021). Penerapan Metode TPR (Total Physical Respone) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 137-151. https://dx.doi.org/10.24042/ajipaud.v4i1.8619
Huda, N., & Dahlia, S. H. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Anak dengan Menggunakan Metode Total Physical Response Pada Kelompok B di TKIT Baitul Iman Semarang. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 41-51. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.585
Maulidia, E. P., & Hasibuan, R. (2021). Pengaruh Metode Total Physical Response (TPR) Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Indonesia pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(05), 818-836. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i05.156
Mulyanah, E. Y., Ishak, I., & Firdaus, M. I. (2018). Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) Dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Sekolah Dasar (SD). JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 175-189. https://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3855
Nurhayani, I. (2017). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 54-59. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v4i1.36
Nursiniah, S. (2024). Mensinergikan Community Languange Learning (CLL) dan Total Physical Response (TPR). Karimah Tauhid, 3(7), 7803-7819. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14177
Purwa, T. L., Yuwana, S., & Hendratno, H. (2021). Metode Pembelajaran Total Physical Response Pada Peserta Didik. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 269-277. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i2.7233
Putri, A., & Sya, M. F. (2024). Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: Tinjauan Metode Total Physical Response. Karimah Tauhid, 3(8), 8360-8372. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14217
SADAT, A. S. H. A. (2018). Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) Dalam Pembelajaran Maharah Kitabah. Al-Af'idah Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Arab, 2(2), 28-45. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v2i2.218
Subakti, H. (2023). Analisis Keterampilan Menyimak Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar Kota Samarinda. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2536-2541. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.4845
Suryantini, N., Cahyono, B. E. H., & Ricahyono, S. (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Sugestopedia Dan Total Physical Response (Tpr) Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Siswa Paud. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 45-52. https://doi.org/10.25273/widyabastra.v9i1.9713
Triyadi, S. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 3(2). https://doi.org/10.35706/judika.v3i2.215
Uzer, Y. V., Irawan, D. B., Herlina, H., Marleni, M., Hidayad, F., Uzer, Y., & Syahbani, R. (2023). Sosialisasi Metode Total Physical Response Komunikasi Bahasa Inggris Menggunakan Perangkat Multimedia di SMPN 16 Palembang. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(3). https://doi.org/10.5281/zenodo.8225363
Wahyuningsih, S., & Musfirah, A. (2020). Penerapan Metode Total Physical Response Terhadap Peningkatan Maharah Kalam Pada Siswa Kelas X Ipa 3 Man 1 Kota Bima. Al-Af'idah Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Arab, 4(2), 66-80. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v4i2.1016
Zahra, A. S. A., & Putri, D. A. (2024). Metode Total Physical Response (TPR) Method dan Parcitipatory Approaches dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 3(7), 8109-8120. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14184
Zhahiriyah, F., Waspodo, M., & Madjid, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Total Physical Response Melalui Blended Learning Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Azzhahiriyah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 216-228. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.6049
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.