Resensi Buku: STEM Dan Profil Pelajar Pancasila
Abstract
Merespon transisi yang begitu cepat akibat pandemi COVID-19, kombinasi metode pembelajaran dalam jaringan dan luar jaringan dianggap bersesuaian dengan kondisi terkini dan mampu mengakomodir kebutuhan belajar siswa, khususnya pada jenjang sekolah dasar. Tentunya, implementasi ragam model pembelajaran menuntut guru untuk lebih kreatif dalam merancang pembelajaran efektif. Fenomena transisi dan pentingnya kreativitas guru dalam menyelenggarakan pembelajaran khususnya dengan menggunakan STEM berbasis proyek tersebut kemudian dikemas secara komprehensif ke dalam buku berjudul STEM dan Profil Pelajar Pancasila. Menilik keunikan publikasi buku berbasis hasil penelitian yang kontennya lebih spesifik pada pembahasan penyelenggaraan proses pembelajaran untuk mendukung pembentukan profil pelajar Pancasila, artikel ini akan mengemukakan pendapat personal tentang elaborasi di setiap bab buku STEM dan Profil Pelajar Pancasila. Selain itu, elaborasi juga ditekankan pada evaluasi terhadap mutu konten yang ada. Hasil ulasan menunjukkan bahwa buku terdiri atas enam bab dan membahas topik berkenaan dengan transisi metode pembelajaran dari luring menjadi daring di masa pandemic secara ringkas, penerapan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) secara umum, hasil riset mengenai STEM, dan pembahasan terkait penerapan STEM untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila sejak dini. Sebagai simpulan, buku ini direkomendasikan bagi siapapun, khususnya guru Sekolah Dasar dalam membaurkan STEM dan pembelajaran berbasis proyek ke dalam aktivitas kelas. Pada akhirnya, penerapan STEM merupakan salah satu langkah pemertahanan dan keberlanjutan pendidikan yang memerdekakan.
Downloads
Metrics
References
Andini, R., Winarti, E. R., & Mintarsih, M. (2022, February). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada model problem-based learning berbantuan bahan ajar dengan pendekatan STEM. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 467-474). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.hp/prisma/article/view/54566
Akhwani, A., Rulyansah, A., & Rahayu, D. W. (2023). Penyusunan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya, 4(3), 911-920. https://doi.org/10.47679/ib.2023500
Anggelia, D., Puspitasari, I., & Arifin, S. (2022). Penerapan Model Project-based Learning ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 398-408. https://doi.org/10.25299/althariqah.2022.vol7(2).11377
Apriliya, S., Sunendar, D., Mulyati, Y., & Sumiyadi, S. (2019, October). Holistic and attractive: Children’s story book with STEM for elementary school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1318, No. 1, p. 012071). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/17426596/1318/1/012071
Ardwiyanti, D., Prasetyo, Z. K., & Wilujeng, I. (2021). STEM research trends in indonesia: A systematic literature review. Journal of Science Education Research, 5(1), 38-45. https://doi.org/10.21831/jser.v5i1.41752
Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan project-based learning untuk penguatan profil pelajar pancasila kurikulum merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213-226. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44226
Direktorat Sekolah Dasar. (2020). Profil Pelajar Pancasila. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
El Wa'fa, A. R., Pamungkas, M. D., & Rahmawati, F. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Aplikasi Smart Apps Creator Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 63-76. https://doi.org/10.32938/jpm.v5i1.4634
Handayani, T. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 737–756. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.343
Kartono, K. (2022). Pendidikan Karakter Pelajar Pancasila Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila si SMA Islam Harapan Ibu Jakarta. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan, 2(1), 19-29. https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v2i1.1290
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).
Lewis, M. N. (2022). Here’s a Good Book: Hints on Writing a Book Review for Academic Journals. RELC Journal, 53(1), 253–260. https://doi.org/10.1177/0033688220916239
Nawanti, R. D. (2023). Pendekatan Konsep Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Seni Tari Di Era Industri 4.0 Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(01), 94-103. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i01.1556
Nazarudin, A. (2023). Melestarikan Budaya Kearifan Lokal Jepara Dalam Proses Pembentukan Profil Pelajar Pancasila P5 Di Kurikulum Merdeka SDN 01 Kendeng Sidialit. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1(3), 193-208. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v1i3.857
Nugroho, O. F., Permanasari, A., & Firman, H. (2019). The Movement of STEM Education in Indonesia: Science Teachers’ Perspectives. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(3), 417–425. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i3.19252
Nugroho, Oktian Fajar, Permanasari, A., Firman, H., & Riandi, R. (2021). The Importance of Stem Based Education in Indonesia Curriculum. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 56–61. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i2.3779
Nuraeni, F., Malagola, Y., Pratomo, S., & Putri, H. E. (2020). Trends of Science Technology Engineering Mathematics (STEM)-based Learning at Elementary School in Indonesia. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 11(2), 87–103. https://doi.org/10.25273/pe.v11i1.8805
Nuraeni, R., Sutisnawati, A., & Nurmeta, I. K. (2023). Pengembangan Buku Cerita Profil Pelajar Pancasila Berbasis Digital Sebagai Media Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 535-546. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.945
Masud, S., Abdillah, H., Munfaati, K., Erfansyah, N. F., & Metafisika, K. (2023). Embedding STEM Learning with Islamic Values and Character Education in the Storybook. International Journal of STEM Education for Sustainability, 3(2), 297-318. https://doi.org/10.53889/ijses.v3i2.245
Muhajir, M., Suardi, S., Pudjiastuti, S. R., Mathuro, M., Latief, A., Kasmawati, K., ... & Nurfadilah, N. (2023). Strengthening Pancasila Student Profiles Based on Culture Character in the Mobilization School Program in Mobilizing Schools in Makassar City. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 8(2), 289-302. https://doi.org/10.26618/jed.v8i2.11189
Oktavia, Z., & Ridlo, S. (2020). Critical Thinking Skills Reviewed from Communication Skills of the Primary School Students in STEM-Based Project-Based Learning Model. Journal of Primary Education, 9(3), 311–320. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i3.27573
Pratiwi, E., & Nanna, A. W. I. (2023). STEM dan Profil Pelajar Pancasila (N. N. Azizah (ed.)). Jejak Pustaka.
Ramadhani, D., Kenedi, A. K., Rafli, M. F., Harahap, H., Negara, V. M. A. B., Hayati, R., & Akmal, A. U. (2023). Pelatihan Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi Guru Sekolah Dasar. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 20-25. https://doi.org/10.35134/jmi.v30i1.133
Siregar, Y. E. Y., Rachmadtullah, R., Pohan, N., Rasmitadila, & Zulela, M. S. (2019). The impacts of science, technology, engineering, and mathematics (STEM) on critical thinking in elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012156
Sutantri, N., Sopandi, W., Wahyu, W., & Latip, A. (2023). Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) Ditinjau dari Perspektif Pembentukan Profil Pelajar Pancasila. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 7(2), 254-269.
Uktolseja, N. F., Nisa, A. F., & Wibawa, S. (2023). Studi Analisis Kebutuhan Pengembangan Kurikulum Kecakapan Hidup sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD. Tuladha: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 56-66. https://doi.org/10.30738/tuladha.v2i1.15564
Wahyuni, S. A., Destrinelli, D., & Wulandari, B. A. (2023). Analisis Penerapan Project Based Learning dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 8(1), 31-39. https://doi.org/10.22437/jptd.v8i1.24889
Walsiyam, W. (2021, August). Implementasi Pendidikan Karakter Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Berbasis STEAM di SDIT Lukmanul Hakim Puring Kebumen. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan (Vol. 2, No. 1, pp. 966-978).
Wicaksana, E. J., & Sanjaya, M. E. (2021). Model PjBL pada Era Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Kreativitas Mahasiswa Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 193–200. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1
Wiguna, B. J. P. K., Suwarma, I. R., & Liliawati, W. (2018). STEM-based science learning implementation to identify student’s personal intelligences profiles. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012082
Zuryanty, Z., Hamimah, H., Kenedi, A. K., & Helsa, Y. (2020). Pembelajaran STEM di Sekolah Dasar. Deepublish.
Copyright (c) 2023 Firima Zona Tanjung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.