Resensi Buku: STEM Dan Profil Pelajar Pancasila

  • Firima Zona Tanjung Universitas Borneo Tarakan
Keywords: Resensi Buku, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Dasar, STEM

Abstract

Merespon transisi yang begitu cepat akibat pandemi COVID-19, kombinasi metode pembelajaran dalam jaringan dan luar jaringan dianggap bersesuaian dengan kondisi terkini dan mampu mengakomodir kebutuhan belajar siswa, khususnya pada jenjang sekolah dasar. Tentunya, implementasi ragam model pembelajaran menuntut guru untuk lebih kreatif dalam merancang pembelajaran efektif. Fenomena transisi dan pentingnya kreativitas guru dalam menyelenggarakan pembelajaran khususnya dengan menggunakan STEM berbasis proyek tersebut kemudian dikemas secara komprehensif ke dalam buku berjudul STEM dan Profil Pelajar Pancasila. Menilik keunikan publikasi buku berbasis hasil penelitian yang kontennya lebih spesifik pada pembahasan penyelenggaraan proses pembelajaran untuk mendukung pembentukan profil pelajar Pancasila, artikel ini akan mengemukakan pendapat personal tentang elaborasi di setiap bab buku STEM dan Profil Pelajar Pancasila. Selain itu, elaborasi juga ditekankan pada evaluasi terhadap mutu konten yang ada. Hasil ulasan menunjukkan bahwa buku terdiri atas enam bab dan membahas topik berkenaan dengan transisi metode pembelajaran dari luring menjadi daring di masa pandemic secara ringkas, penerapan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) secara umum, hasil riset mengenai STEM, dan pembahasan terkait penerapan STEM untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila sejak dini. Sebagai simpulan, buku ini direkomendasikan bagi siapapun, khususnya guru Sekolah Dasar dalam membaurkan STEM dan pembelajaran berbasis proyek ke dalam aktivitas kelas. Pada akhirnya, penerapan STEM merupakan salah satu langkah pemertahanan dan keberlanjutan pendidikan yang memerdekakan.  

 

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Andini, R., Winarti, E. R., & Mintarsih, M. (2022, February). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada model problem-based learning berbantuan bahan ajar dengan pendekatan STEM. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 467-474). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.hp/prisma/article/view/54566

Akhwani, A., Rulyansah, A., & Rahayu, D. W. (2023). Penyusunan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya, 4(3), 911-920. https://doi.org/10.47679/ib.2023500

Anggelia, D., Puspitasari, I., & Arifin, S. (2022). Penerapan Model Project-based Learning ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 398-408. https://doi.org/10.25299/althariqah.2022.vol7(2).11377

Apriliya, S., Sunendar, D., Mulyati, Y., & Sumiyadi, S. (2019, October). Holistic and attractive: Children’s story book with STEM for elementary school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1318, No. 1, p. 012071). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/17426596/1318/1/012071

Ardwiyanti, D., Prasetyo, Z. K., & Wilujeng, I. (2021). STEM research trends in indonesia: A systematic literature review. Journal of Science Education Research, 5(1), 38-45. https://doi.org/10.21831/jser.v5i1.41752

Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan project-based learning untuk penguatan profil pelajar pancasila kurikulum merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213-226. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44226

Direktorat Sekolah Dasar. (2020). Profil Pelajar Pancasila. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

El Wa'fa, A. R., Pamungkas, M. D., & Rahmawati, F. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Aplikasi Smart Apps Creator Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 63-76. https://doi.org/10.32938/jpm.v5i1.4634

Handayani, T. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 737–756. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.343

Kartono, K. (2022). Pendidikan Karakter Pelajar Pancasila Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila si SMA Islam Harapan Ibu Jakarta. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan, 2(1), 19-29. https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v2i1.1290

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Lewis, M. N. (2022). Here’s a Good Book: Hints on Writing a Book Review for Academic Journals. RELC Journal, 53(1), 253–260. https://doi.org/10.1177/0033688220916239

Nawanti, R. D. (2023). Pendekatan Konsep Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Seni Tari Di Era Industri 4.0 Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(01), 94-103. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i01.1556

Nazarudin, A. (2023). Melestarikan Budaya Kearifan Lokal Jepara Dalam Proses Pembentukan Profil Pelajar Pancasila P5 Di Kurikulum Merdeka SDN 01 Kendeng Sidialit. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1(3), 193-208. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v1i3.857

Nugroho, O. F., Permanasari, A., & Firman, H. (2019). The Movement of STEM Education in Indonesia: Science Teachers’ Perspectives. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(3), 417–425. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i3.19252

Nugroho, Oktian Fajar, Permanasari, A., Firman, H., & Riandi, R. (2021). The Importance of Stem Based Education in Indonesia Curriculum. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 56–61. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i2.3779

Nuraeni, F., Malagola, Y., Pratomo, S., & Putri, H. E. (2020). Trends of Science Technology Engineering Mathematics (STEM)-based Learning at Elementary School in Indonesia. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 11(2), 87–103. https://doi.org/10.25273/pe.v11i1.8805

Nuraeni, R., Sutisnawati, A., & Nurmeta, I. K. (2023). Pengembangan Buku Cerita Profil Pelajar Pancasila Berbasis Digital Sebagai Media Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 535-546. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.945

Masud, S., Abdillah, H., Munfaati, K., Erfansyah, N. F., & Metafisika, K. (2023). Embedding STEM Learning with Islamic Values and Character Education in the Storybook. International Journal of STEM Education for Sustainability, 3(2), 297-318. https://doi.org/10.53889/ijses.v3i2.245

Muhajir, M., Suardi, S., Pudjiastuti, S. R., Mathuro, M., Latief, A., Kasmawati, K., ... & Nurfadilah, N. (2023). Strengthening Pancasila Student Profiles Based on Culture Character in the Mobilization School Program in Mobilizing Schools in Makassar City. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 8(2), 289-302. https://doi.org/10.26618/jed.v8i2.11189

Oktavia, Z., & Ridlo, S. (2020). Critical Thinking Skills Reviewed from Communication Skills of the Primary School Students in STEM-Based Project-Based Learning Model. Journal of Primary Education, 9(3), 311–320. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i3.27573

Pratiwi, E., & Nanna, A. W. I. (2023). STEM dan Profil Pelajar Pancasila (N. N. Azizah (ed.)). Jejak Pustaka.

Ramadhani, D., Kenedi, A. K., Rafli, M. F., Harahap, H., Negara, V. M. A. B., Hayati, R., & Akmal, A. U. (2023). Pelatihan Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi Guru Sekolah Dasar. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 20-25. https://doi.org/10.35134/jmi.v30i1.133

Siregar, Y. E. Y., Rachmadtullah, R., Pohan, N., Rasmitadila, & Zulela, M. S. (2019). The impacts of science, technology, engineering, and mathematics (STEM) on critical thinking in elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012156

Sutantri, N., Sopandi, W., Wahyu, W., & Latip, A. (2023). Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) Ditinjau dari Perspektif Pembentukan Profil Pelajar Pancasila. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 7(2), 254-269.

Uktolseja, N. F., Nisa, A. F., & Wibawa, S. (2023). Studi Analisis Kebutuhan Pengembangan Kurikulum Kecakapan Hidup sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD. Tuladha: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 56-66. https://doi.org/10.30738/tuladha.v2i1.15564

Wahyuni, S. A., Destrinelli, D., & Wulandari, B. A. (2023). Analisis Penerapan Project Based Learning dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 8(1), 31-39. https://doi.org/10.22437/jptd.v8i1.24889

Walsiyam, W. (2021, August). Implementasi Pendidikan Karakter Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Berbasis STEAM di SDIT Lukmanul Hakim Puring Kebumen. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan (Vol. 2, No. 1, pp. 966-978).

Wicaksana, E. J., & Sanjaya, M. E. (2021). Model PjBL pada Era Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Kreativitas Mahasiswa Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 193–200. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1

Wiguna, B. J. P. K., Suwarma, I. R., & Liliawati, W. (2018). STEM-based science learning implementation to identify student’s personal intelligences profiles. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012082

Zuryanty, Z., Hamimah, H., Kenedi, A. K., & Helsa, Y. (2020). Pembelajaran STEM di Sekolah Dasar. Deepublish.

Published
31-10-2023
How to Cite
Tanjung, F. Z. (2023). Resensi Buku: STEM Dan Profil Pelajar Pancasila . Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(2), 95-104. https://doi.org/10.30605/cjpe.622023.2507