Analisis Hasil Belajar dalam Pembelajaran Matematika dengan Metode Jarimatika pada Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Buntu Barana
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5308Keywords:
Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Metode Jarimatika, Siswa Sekolah Dasar, Penelitian TIndakan KelasAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar matematika pada siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Buntu Barana, yang memerlukan pendekatan pembelajaran yang lebih aktif dan menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan jarimatika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, yang terdiri dari empat komponen utama: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 18 siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Buntu Barana. Data dikumpulkan melalui tes awal dan tes akhir pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode jarimatika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, yang tercermin dari peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar. Pada siklus I, hanya 44,44% siswa yang tuntas, sedangkan pada siklus II, persentase siswa yang tuntas meningkat menjadi 83,33%. Penerapan metode jarimatika terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif di sekolah-sekolah dasar.
Downloads
References
Afriani, D., Fardila, A., Septian, G. D., Margakaya, S., Ciranggon, J., Karawang, P. M., ... & Cimahi, K. (2019). Penggunaan metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 2(05), 5. https://doi.org/10.22460/collase.v2i5.3342
Anisa, D., Heryanto, A., & Sunedi, S. (2024). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas I SD Negeri 20 Pemulutan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 253-261. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.12589
Apriani, R., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2023). Peningkatan Kemampuan Berhitung Perkalian melalui Metode Jarimatika pada Siswa Kelas Rendah. Jurnal Basicedu, 7(3), 1530-1538. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5429
Apriyanti, H. (2017). Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 111. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.22
Arianti, F., Suwandayani, B. I., & Mukhlishina, I. (2023). Implementasi Metode Jarimatika dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Pecahan pada Siswa Kelas V Di SDN 4 Sambik Bangkol. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5785-5799. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10146
Authar, N., Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., Mardhotillah, R. R., & Azzahra, S. M. (2022). Pengaruh Metode Jarimatika terhadap Kemampuan Berhitung Siswa di SDN Jatiadi II Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Indonesia Berdaya, 4(1), 181–192. https://doi.org/10.47679/ib.2023391
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Fikri, A. D., & Susanto, R. (2024). Penerapan metode jarimatika dalam mengoptimalkan hasil belajar matematika materi perkalian di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 9(2), 130-136.
Hamdani, H. R., Rizal, F., Shaleh, F. D. A., Zulfan, M., & Alpian, Y. (2024). Pengaruh Metode Jarimatika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 18(1), 65-72. https://dx.doi.org/10.30595/jkp.v18i1.20751
Haramadan, H., & Adri, D. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian dengan Menggunakan Metode Jarimatika di Kelas III Sekolah Dasar. Prosa: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 110-116.
Himmah, K., Asmani, J. M., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 57-68. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.270
Indiastuti, T. (2021). Pengaruh Metode Jarimatika Perkalian Pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar MIN 1 Madiun. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 2(3), 137-143. https://doi.org/10.62159/isej.v2i3.318
Indriyani, A. E., Agustina, L., Sholihah, B., & Setyaningrum, S. P. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 2 SD dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Perkalian Dengan Menggunakan Metode Jarimatika. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13160-13165. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34454
Jihan, A., Fahri, M., & Kasman, R. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan melalui Metode Jarimatika pada Siswa Kelas II SDI Modern El-Cordova. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7221-7228. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9485
Makarim, N., Syahid, S. A., & Putri, S. M. (2024). Metode Jarimatika Dalam Pembelajaran Matematika Di Sdn 1 Sindangratu. Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(3), 21-32. https://doi.org/10.3483/trigonometri.v1i3.2298
Mariyati, Y., & Sari, N. (2017). Efektifitas penggunaan jarimatika dalam meningkatkan keterampilan berhitung matematika kelas III SDN 2 Tamansari. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(1), 30-35. https://doi.org/10.33394/jtp.v2i1.618
Nainggolan, P. H., Asran, M., & Kresnadi, H. (2015). Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan teknik jarimatika di sekolah dasar negeri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(12). https://doi.org/10.26418/jppk.v4i12.12951
Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1),1https://doi.org/10.31002/mathlocus. v1i1.892
Salilama, N., Damopolii, M., & Manahung, M. R. (2022). Penerapan Metode Jarimatika Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Educator (DirectoryofElementaryEducatioJournal),3(2),146https://doi.org/10.5817 6/edu.v3i2.758
Wahyuni, N. P., Agung, A. A. G., & Sulindawati, N. L. G. E. (2024). Kami (Konsep Diri, Kompentensi Pedagogik, Motivasi Berprestasi, Dan Iklim Sekolah) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1).
Yani, Y., Dhema, M. D., & Anomeisa, A. B. (2022). Peningkatan Kemampuan Berhitung Menggunakan Metode Jarimatika Pada Peserta Didik Kelas Iv Sdk 051 Waigete. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 1171–1188. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.10776
Yudha, F. (2020). Penerapan Metode Jarimatika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas 4 MI Hidayatul Mubtadiin Balak Songgon. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 6(1), 32-40. https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.681
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.