Analisis Hasil Belajar dalam Pembelajaran Matematika dengan Metode Jarimatika pada Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Buntu Barana

Authors

  • Nur Annisa Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Umiyati Jabri Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Rahmat Rahmat Universitas Muhammadiyah Enrekang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5308

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Metode Jarimatika, Siswa Sekolah Dasar, Penelitian TIndakan Kelas

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar matematika pada siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Buntu Barana, yang memerlukan pendekatan pembelajaran yang lebih aktif dan menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan jarimatika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, yang terdiri dari empat komponen utama: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 18 siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Buntu Barana. Data dikumpulkan melalui tes awal dan tes akhir pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode jarimatika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, yang tercermin dari peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar. Pada siklus I, hanya 44,44% siswa yang tuntas, sedangkan pada siklus II, persentase siswa yang tuntas meningkat menjadi 83,33%. Penerapan metode jarimatika terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif di sekolah-sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, D., Fardila, A., Septian, G. D., Margakaya, S., Ciranggon, J., Karawang, P. M., ... & Cimahi, K. (2019). Penggunaan metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 2(05), 5. https://doi.org/10.22460/collase.v2i5.3342

Anisa, D., Heryanto, A., & Sunedi, S. (2024). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas I SD Negeri 20 Pemulutan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 253-261. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.12589

Apriani, R., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2023). Peningkatan Kemampuan Berhitung Perkalian melalui Metode Jarimatika pada Siswa Kelas Rendah. Jurnal Basicedu, 7(3), 1530-1538. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5429

Apriyanti, H. (2017). Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 111. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.22

Arianti, F., Suwandayani, B. I., & Mukhlishina, I. (2023). Implementasi Metode Jarimatika dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Pecahan pada Siswa Kelas V Di SDN 4 Sambik Bangkol. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5785-5799. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10146

Authar, N., Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., Mardhotillah, R. R., & Azzahra, S. M. (2022). Pengaruh Metode Jarimatika terhadap Kemampuan Berhitung Siswa di SDN Jatiadi II Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Indonesia Berdaya, 4(1), 181–192. https://doi.org/10.47679/ib.2023391

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Fikri, A. D., & Susanto, R. (2024). Penerapan metode jarimatika dalam mengoptimalkan hasil belajar matematika materi perkalian di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 9(2), 130-136.

Hamdani, H. R., Rizal, F., Shaleh, F. D. A., Zulfan, M., & Alpian, Y. (2024). Pengaruh Metode Jarimatika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 18(1), 65-72. https://dx.doi.org/10.30595/jkp.v18i1.20751

Haramadan, H., & Adri, D. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian dengan Menggunakan Metode Jarimatika di Kelas III Sekolah Dasar. Prosa: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 110-116.

Himmah, K., Asmani, J. M., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 57-68. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.270

Indiastuti, T. (2021). Pengaruh Metode Jarimatika Perkalian Pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar MIN 1 Madiun. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 2(3), 137-143. https://doi.org/10.62159/isej.v2i3.318

Indriyani, A. E., Agustina, L., Sholihah, B., & Setyaningrum, S. P. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 2 SD dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Perkalian Dengan Menggunakan Metode Jarimatika. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13160-13165. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34454

Jihan, A., Fahri, M., & Kasman, R. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan melalui Metode Jarimatika pada Siswa Kelas II SDI Modern El-Cordova. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7221-7228. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9485

Makarim, N., Syahid, S. A., & Putri, S. M. (2024). Metode Jarimatika Dalam Pembelajaran Matematika Di Sdn 1 Sindangratu. Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(3), 21-32. https://doi.org/10.3483/trigonometri.v1i3.2298

Mariyati, Y., & Sari, N. (2017). Efektifitas penggunaan jarimatika dalam meningkatkan keterampilan berhitung matematika kelas III SDN 2 Tamansari. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(1), 30-35. https://doi.org/10.33394/jtp.v2i1.618

Nainggolan, P. H., Asran, M., & Kresnadi, H. (2015). Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan teknik jarimatika di sekolah dasar negeri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(12). https://doi.org/10.26418/jppk.v4i12.12951

Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1),1https://doi.org/10.31002/mathlocus. v1i1.892

Salilama, N., Damopolii, M., & Manahung, M. R. (2022). Penerapan Metode Jarimatika Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Educator (DirectoryofElementaryEducatioJournal),3(2),146https://doi.org/10.5817 6/edu.v3i2.758

Wahyuni, N. P., Agung, A. A. G., & Sulindawati, N. L. G. E. (2024). Kami (Konsep Diri, Kompentensi Pedagogik, Motivasi Berprestasi, Dan Iklim Sekolah) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1).

Yani, Y., Dhema, M. D., & Anomeisa, A. B. (2022). Peningkatan Kemampuan Berhitung Menggunakan Metode Jarimatika Pada Peserta Didik Kelas Iv Sdk 051 Waigete. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 1171–1188. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.10776

Yudha, F. (2020). Penerapan Metode Jarimatika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas 4 MI Hidayatul Mubtadiin Balak Songgon. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 6(1), 32-40. https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.681

Published

2025-03-01

How to Cite

Annisa, N., Jabri, U., & Rahmat, R. (2025). Analisis Hasil Belajar dalam Pembelajaran Matematika dengan Metode Jarimatika pada Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Buntu Barana. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5308

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.