Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring melalui Media Pias-Pias Kata pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas I di UPT SD Negeri 22 Pinrang

Authors

  • Syahriah Syahriah Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Muhammad Idham Haliq Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Rahmat Rahmat Universitas Muhammadiyah Enrekang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4646

Keywords:

Keterampilan, Membaca Nyaring, Media Pembelajaran, Pias-Pias Kata, Bahasa Indonesia

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca nyaring siswa kelas I di UPT SD Negeri 22 Pinrang, yang tercermin dalam kesulitan siswa mengenali huruf, suku kata, dan kata sederhana. Strategi pembelajaran yang ada belum efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa, dan pembelajaran yang kurang interaktif menjadi tantangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa melalui penggunaan media pias-pias kata. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode kuantitatif berlandaskan pada filsafat positivisme. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap: Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II, dengan subjek penelitian sebanyak 17 siswa kelas I, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan membaca nyaring, lembar observasi, wawancara terstruktur, dan lembar penilaian guru. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70, yang dianggap berhasil apabila minimal 70% siswa mencapai nilai tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Pias-Pias Kata berhasil meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa. Peningkatan rata-rata nilai siswa dari 56,52 pada pra siklus menjadi 66,11 pada Siklus I, dan 76,29 pada Siklus II, dengan total kenaikan 35,01% antara pra siklus dan Siklus II, menunjukkan bahwa media ini efektif dalam membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Peningkatan tersebut menunjukkan dampak positif dari penggunaan media Pias-Pias Kata dalam mendukung perkembangan keterampilan membaca nyaring siswa kelas I di UPT SD Negeri 22 Pinrang.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamdar, E., Hasmah, C., & Faqih, A. M. (2020). Peningkatan Keterampilan Belajar Bahasa Indonesia Tentang Membaca Nyaring Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III SD. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 1(1), 28-37. https://doi.org/10.56806/jh.v1i1.5

Harjanty, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Membaca Nyaring (Penelitian Tindakan di Kelompok B RA Perwanida Praya, Lombok Tengah 2016). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 106-118. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3353

Ismail, I. (2024). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Mediapias-Pias Kata Pada Siswa Kelas I SD Negeri 004 Sungai Besar Kecamatan Pucuk Rantau Kabupaten Kuantan Singingi. Journal of Exploratory Dynamic Problems, 1(1), 102-108. https://doi.org/10.31004/edp.v1i1.21

Jadmiko, R. S. (2016). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Pias-Pias Kata Pada Siswa Kelas I Sd Negeri Purworejo I Ngunut Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 2(01). https://doi.org/10.29100/jpsd.v2i01.438

Lamis, L., Sutra, E., Atmaja, L. K., & Rustinar, E. (2022). Meningkatkan minat baca siswa kelas V program kampus mengajar angkatan III di SD Negeri 118 Bengkulu Utara menggunakan metode membaca nyaring (reading aloud). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(5), 299-310. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i5.997

Purba, R. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Pias-Pias Kata Pada Siswa Kelas I Sd Negeri 030385 Antuang Kecamatan Siempat Nempu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 3(1), 234-243. https://doi.org/10.37081/jipdas.v3i1.1410

Purwati, G., Lyesmaya, D., & Nurasiah, I. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Cerita Bergambar Di Kelas Rendah. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 179-188. https://doi.org/10.37150/perseda.v2i3.431

Putri, L. M. K. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring melalui Media Pias-Pias Kata Pada Siswa Kelas I SDN 1 Mojorejo Ponorogo. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(01), 81-95. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i01.726

Rany, N. M., & Suriani, A. I. (2023). Penerapan Permainan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas II UPTS SD Negeri 28 Tumampua II. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(4), 512-526. https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.796

Rengan, R. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring dengan Media Pias-Pias Kata pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri Rikut Jawu Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(2), 147-159. http://dx.doi.org/10.52947/meretas.v9i2.319

Selvianingsih, R., & Rigianti, H. A. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring dengan Media Pembelajaran Cerita Bergambar Bibobagi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2291-2300. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5818

Soelistiowati, E. (2019). Pemanfaatan Teknik Pembelajaran Cerdas Cermat Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Pendapat Siswa Kelas IX SMP. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(2), 35-41. https://doi.org/10.31764/pendekar.v2i2.2921

Sumarno, S. (2020). Penggunaan Metode Quantum Learning dapat Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SDN 2 Gebang. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v8i1.42530

Suwarsih, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Pias-Pias Kata Pada Siswa Kelas I Sd Negeri 13/I Muara Bulian Kecamatan Muara Bulian. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 3232-3240. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7102

Syahid, S. N. L., Maula, L. H., Nurmeta, I. K., Sulastri, A., & Ruslani, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa SD melalui Media Pembelajaran Diorama Lingkungan. Jurnal Basicedu, 6(3), 5181-5192. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3076

Tamara, M., Aprinawati, I., & Fadhilaturrahmi, F. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Drill Berbantuan Media Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring pada Siswa Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(2), 185-194. https://doi.org/10.69896/modeling.v10i2.1313

Umanahu, M., Eksan, W., & Jainudin, J. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Metode Latihan Terbimbing pada Siswa Kelas III SD Negeri 115 Kabupaten Halmahera Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(4), 270-274. https://doi.org/10.5281/zenodo.6372753

Wicaksono, A. A., Anwar, M. F. N., & Sepia, A. (2023). Penggunaan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Di Sd Negeri 1 Landungsari, Kabupaten Malang. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 25-30. https://doi.org/10.33366/ilg.v6i1.4688

Winarti, W., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Menggunakan Media Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Sekolah Dasar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 7(3), 2518-2525. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v7i3.5496

Wulandari, N. (2020). Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script di Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 3(2), 129-140. https://doi.org/10.32507/attadib.v3i2.495

Published

2024-11-29

How to Cite

Syahriah, S., Haliq, M. I., & Rahmat, R. (2024). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring melalui Media Pias-Pias Kata pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas I di UPT SD Negeri 22 Pinrang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 679–691. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4646

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.