Pengaruh Media Loose Part terhadap Kreativitas Anak Usia Dini

  • Angri Lismayani Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Isbar Pratama Universitas Negeri Makassar https://orcid.org/0000-0002-3176-1481
  • Sri Rika Amriani Universitas Negeri Makassar
  • Fitriani Dzulfadhilah Universitas Negeri Makassar
Keywords: Media loose part, Kreatifitas Anak, Anak Usia Dini

Abstract

Kreativitas merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan untuk membantu anak usia dini dalam berekplorasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh media loose part terhadap kreativitas anak usia dini. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian quasy experimen. Subjek penelitian adalah 8 anak pada kelas kontrol dan 8 ana pada kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan kelas ekperimen sebelum diberikan perlakuan sebanyak 16,25 dan setelah diberikan perlakukan sebanyak 22,63. Melalui penggunaan media anak akan lebih kreatif sehingga mampu menciptakan ide, gagasan, ataupun suatu produk dengan kreativitasnya sendiri. Terlihat pada saat belum diberikan perlakukan, masih ada 25% anak dalam kategori berkembang sesuai harapan. Terjadi peningkatan 25% pada saat anak telah diberikan perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan media loose part terhadap kreativitas anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Anggraeni, D., Hibana, dan, Kunci, K., Kreativitas, P., & Usia Dini, A. (2021). Redesain Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Bercerita. 4(1), 26–37. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.12196

Ariska, K., & Sri Nugraheni, A. (2021). Pemanfaatan Bahan Bekas dengan Decoupage untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini pada Pembelajaran Online. 4(2), 189–200. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12481

Asmawati, L. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecerdasan Jamak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11, 145–164.

Dere, Z. (2019). Investigating the creativity of children in early childhood education institutions. Universal Journal of Educational Research, 7(3), 652–658. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070302

Hairiyah, S., & Mukhlis. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Edukatif. KARIMAN Jurnal Pendidikan Keislaman , 7(2).

Lestari, M. O., & Halim, A. K. (2022). Penggunaan Media Loose Part Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 7. https://doi.org/10.37058/jpls.v7i1

Luaili, N., Rasyad, & Sultoni. (2022). Buku Panduan Loose Part untuk Guru PAUD. Https://Fliphtml5.Com/Jliwr/Lqdh/Basic

Maryam Hadiyanti, S., & Rahman, T. (2021). Analisis Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. 10(2), 337–347. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.9329

Mayar, F., Uzlah, U., Nurhamidah, N., Rahmawati, R., & Desmila, D. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekitar Untuk Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4794–4802. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2665

Munandar, U. (2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Rineka Cipta.

Nurjanah, S., & Muthmainah, M. (2023). Pengaruh Media Loose Part terhadap Kreativitas dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3519–3536. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4434

Nurjannah, E. N. (2020). Pembelajaran STEM Berbasis Loose Parts untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, V.

Oktavia Lestari, M., & Karim Halim, A. (2022). Penggunaan Media Loose Part dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di PAUD Tunas Harapan. Jurnal Family Education, 2(3), 271–279. https://doi.org/10.24036/jfe.v2i3.69

Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Gerak dan Lagu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 832–840. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.691

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (8th ed.). PT Indeks, Jakarta.

Sumarseh, & Yaswinda. (2023). Pengaruh Kegiatan Sains dan Media Loose Parts terhadap Keterampilan Beripikir Kritis Anak. Aulad : Journal on Early Childhood, 6(2).

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Kencana Prenada Media Group.

Syawaluddin, A. (2023). The Effect of Demonstration Methods to Improve Science Thinking Skills In Children Aged 5-6 Years. Journal of Educational Science and Technology, 9. https://doi.org/10.26858/est.v9i1.46175

Wardhani, W. D. L., Misyana, M., Atniati, I., & Septiani, N. (2021). Stimulasi Perilaku Sosial Anak Usia Dini melalui Media Loose Parts (Bahan Lepasan). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1894–1904. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.694

Yuliati Siantajani. (2020). Loos Parts: Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Sarang Seratus Aksara.

Published
31-10-2023
How to Cite
Lismayani, A., Pratama, M. I., Amriani, S. R., & Dzulfadhilah, F. (2023). Pengaruh Media Loose Part terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(2), 154-163. https://doi.org/10.30605/cjpe.622023.3024