Pengaruh Media Loose Part terhadap Kreativitas Anak Usia Dini
Abstract
Kreativitas merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan untuk membantu anak usia dini dalam berekplorasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh media loose part terhadap kreativitas anak usia dini. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian quasy experimen. Subjek penelitian adalah 8 anak pada kelas kontrol dan 8 ana pada kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan kelas ekperimen sebelum diberikan perlakuan sebanyak 16,25 dan setelah diberikan perlakukan sebanyak 22,63. Melalui penggunaan media anak akan lebih kreatif sehingga mampu menciptakan ide, gagasan, ataupun suatu produk dengan kreativitasnya sendiri. Terlihat pada saat belum diberikan perlakukan, masih ada 25% anak dalam kategori berkembang sesuai harapan. Terjadi peningkatan 25% pada saat anak telah diberikan perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan media loose part terhadap kreativitas anak usia dini
Downloads
Metrics
References
Anggraeni, D., Hibana, dan, Kunci, K., Kreativitas, P., & Usia Dini, A. (2021). Redesain Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Bercerita. 4(1), 26–37. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.12196
Ariska, K., & Sri Nugraheni, A. (2021). Pemanfaatan Bahan Bekas dengan Decoupage untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini pada Pembelajaran Online. 4(2), 189–200. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12481
Asmawati, L. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecerdasan Jamak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11, 145–164.
Dere, Z. (2019). Investigating the creativity of children in early childhood education institutions. Universal Journal of Educational Research, 7(3), 652–658. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070302
Hairiyah, S., & Mukhlis. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Edukatif. KARIMAN Jurnal Pendidikan Keislaman , 7(2).
Lestari, M. O., & Halim, A. K. (2022). Penggunaan Media Loose Part Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 7. https://doi.org/10.37058/jpls.v7i1
Luaili, N., Rasyad, & Sultoni. (2022). Buku Panduan Loose Part untuk Guru PAUD. Https://Fliphtml5.Com/Jliwr/Lqdh/Basic
Maryam Hadiyanti, S., & Rahman, T. (2021). Analisis Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. 10(2), 337–347. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.9329
Mayar, F., Uzlah, U., Nurhamidah, N., Rahmawati, R., & Desmila, D. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekitar Untuk Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4794–4802. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2665
Munandar, U. (2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Rineka Cipta.
Nurjanah, S., & Muthmainah, M. (2023). Pengaruh Media Loose Part terhadap Kreativitas dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3519–3536. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4434
Nurjannah, E. N. (2020). Pembelajaran STEM Berbasis Loose Parts untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, V.
Oktavia Lestari, M., & Karim Halim, A. (2022). Penggunaan Media Loose Part dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di PAUD Tunas Harapan. Jurnal Family Education, 2(3), 271–279. https://doi.org/10.24036/jfe.v2i3.69
Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Gerak dan Lagu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 832–840. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.691
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (8th ed.). PT Indeks, Jakarta.
Sumarseh, & Yaswinda. (2023). Pengaruh Kegiatan Sains dan Media Loose Parts terhadap Keterampilan Beripikir Kritis Anak. Aulad : Journal on Early Childhood, 6(2).
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Kencana Prenada Media Group.
Syawaluddin, A. (2023). The Effect of Demonstration Methods to Improve Science Thinking Skills In Children Aged 5-6 Years. Journal of Educational Science and Technology, 9. https://doi.org/10.26858/est.v9i1.46175
Wardhani, W. D. L., Misyana, M., Atniati, I., & Septiani, N. (2021). Stimulasi Perilaku Sosial Anak Usia Dini melalui Media Loose Parts (Bahan Lepasan). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1894–1904. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.694
Yuliati Siantajani. (2020). Loos Parts: Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Sarang Seratus Aksara.
Copyright (c) 2023 Muhammad Isbar Pratama, Angri Lismayani, Sri Rika Amriani, Fitriani Dzulfadhilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.