Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Apresiasi Sastra (Pantun) Berbasis Pendekatan SAVI di Kelas IV Sekolah Dasar

  • Mega Prasrihamni Universitas Negeri Palembang
  • Tiurida Intika Universitas Negeri Palembang
Keywords: Pendekatan SAVI, Bahan Ajar, Sastra, Pantun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar keterampilan apresiasi sastra (pantun) berbasis pendekatan SAVI yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar. Data kepraktisan dikumpulkan melalui lembar pengamatan keterlaksanaan RPP, angket respon guru dan peserta didik. Keefektifan dilihat dari penilaian proses dan penilaian hasil keterampilan sastra (pantun). Berdasarkan uji validitas diperoleh data bahwa persentase rata-rata bahan ajar dari validator ahli adalah 3.90 dengan kategori valid, dan rata- rata keterlaksanaan RPP dari validator ahli adalah 3,87 dengan kategori valid. Angket respon guru memperoleh persentase 95% kategori sangat praktis, dan respon peserta didik memperoleh persentase 90% kategori sangat praktis. Hasil penilaian keterampilan apresiasi sastra (pantun) berada pada kategori sangat  tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abidin, Y. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama

Abidin, Y. 2014. Desain Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Meir, D. 2002. The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Penerjemah: Rahmani. Bandung: Kaifa.

Nurcholis, Hanif, dan Mafrukhi. 2007. Saya Senang Berbahasa Indonesia IV. Jakarta: Erlangga.

Putra, Nusa. 2012. Research and Development, Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukini, Iskandar. 2009. Bahasa Indonesia untuk kelas 4 SD/MI. IV. Jakarta: BSE.

Semiawan, Conny R. 2008. Catatan Kecil tentang Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanaki, Hujair. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta

Published
31-10-2019
How to Cite
Prasrihamni, M., & Intika, T. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Apresiasi Sastra (Pantun) Berbasis Pendekatan SAVI di Kelas IV Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 80 - 89. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.144