Hubungan Pengembangan Diri dan Sertifikasi dengan Profesionalisme Guru di Gugus VI dan VII Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5569Keywords:
Hubungan, Pengembangan Diri, Sertifikasi, Profesionalisme GuruAbstract
Profesionalisme guru adalah penerapan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah hubungan yang siginifikan antara pengembangan diri dan sertifikasi dengan profesionalisme guru. Metode yang digunakan menggunakan desain penelitian kuantitatif. Populasi terdiri dari 116 guru di Gugus VI dan VII Kecamatan Cigudeg yang tersebar kedalam 16 sekolah dasar dengan jumlah sampel sebanyak 90 guru di gugus tersebut. Variabel independen pada penelitian ini adalah pengembangan diri dan sertifikasi sedangkan variabel dependen adalah profesionalisme guru. Penggunan tiga kuesioner yakni profesionalisme guru, pengembangan diri, dan sertifikasi digunakan untuk pengumpulan data dengan teknik survei. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji persyaratan analisis, analisis statistik inferensial, analisis regresi, dan analisis korelasi yang kesemuanya menggunakan SPSS 24. Hasil uji F Change dengan nilai signifikansi 0,000 menunjukkan penolakan terhadap hipotesis nol (Ho), menegaskan adanya hubungan yang signifikan antara variabel tersebut. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,828 menunjukkan korelasi yang sangat erat antara Pengembangan Diri dan Sertifikasi dengan Profesionalisme Guru, berada dalam kategori korelasi sempurna berdasarkan pedoman derajat hubungan Pearson. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,679 menunjukkan bahwa 67,9% variasi dalam profesionalisme guru dapat dijelaskan oleh Pengembangan Diri dan Sertifikasi, menunjukkan hubungan yang kuat antara kedua variabel tersebut dalam konteks peningkatan profesionalisme guru. Dari segi demografi, guru perempuan, guru bersertifikasi, dan guru penggerak menunjukkan hubungan lebih kuat antara Pengembangan Diri dan Sertifikasi dengan Profesionalisme Guru dibandingkan kelompok lain. Hasil dari studi menunjukkan adanya hubungan yang kuat dan signifikan antara pengembangan diri dan sertifikasi dengan profesionalisme guru. Untuk meningkatkan profesionalisme guru, studi ini merekomendasikan variabel dan indikator bagi para pembuat kebijakan.
Downloads
References
Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan Mts Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79
Doghonadze, N. (2016). The State of School and University Teacher Self-Development in Georgia. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 104-113.
Husin, A., Witarsa, R., & Nurmalina. (2023). Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Profesionalisme Dan Kinerja Guru Pada Jenjang Pendidikan Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4089–4098. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7142
Ihwani, N., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2021). Pengaruh Sertifikasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Cahaya Pendidikan, 7(1), 12–24. https://doi.org/10.33373/chypend.v7i1.2797
Koswara, K., & Rasto, R. (2016). Kompetensi Dan Kinerja Guru Berdasarkan Sertifikasi Profesi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 61. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3269
Krismiyati, K. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak. Jurnal Office, 3(1), 43. https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3459
Madina, Z., Aubakirova, R. Z., Manyapova, T., Rakhmetollauly, B. R., Anatolyevna, K. A., & Mishchenko, E. V. (2022). Self-development as a factor of professional growth of future teachers. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(3), 903–919. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i3.6984
Maksymchuk, I., Sahach, O., Demchenko, I., Furdui, S., Maksymchuk, B., Protas, O., … Kyzko, E. (2020). Self-development in the context of forming the future teacher’s pedagogical skills. Scientific Journal of National Pedagogical Dragomanov University. Series 15. Scientific and pedagogical problems of physical culture (physical culture and sports), 2(2(122)), 88–95. https://doi.org/10.31392/npu-nc.series15.2020.2(122).18
Munawir, M., Aisyah, A. N., & Rofi’ah, I. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru Melalui Sertifikasi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 324–329. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.360
Muzfirah, S. (2021). The Importance of the Role of Teacher Professionalism in the 21st Century Education Process at SD Segoroyoso Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, 5(2), 187. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i2.334
Naailah, S., Hasibuan, D. A., Siagian, N. S., & Damanik, W. (2024). Perencanaan Manajement Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Journal Social Society, 4(2), 79–91. https://doi.org/10.54065/jss.4.2.2024.503
Nuryanti, T., Abdullah, G., & Muniarti, N. A. N. (2022). Pengaruh Pengembangan Diri Terhadap Kualitas Mengajar Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.7984
Ramdani, M., Yuliyanti, S. Y., Rahmatulloh, I. T., & Suratman, S. (2022). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada Guru Sekolah Dasar. Journal of Instructional and Development Researches, 2(6), 248–254. https://doi.org/10.53621/jider.v2i6.201
Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Implementasi Pendidikan Inklusi Berbasis Pengembangan Diri Di Sekolah Alam Jogja Green School. El Midad, 11(2), 117–132. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1898
Siregar, I. H., & Dalimunthe, H. A. (2018). Pengaruh Pemberian Pelatihan Pengembangan Diri terhadap Loyalitas Anggota di Formasi Ar-Ruuh UMA. Jurnal Diversita, 4(2), 84. https://doi.org/10.31289/diversita.v4i2.1939
Sriyono. (2020). Pengaruh Sertifikasi Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Anak Sekolah Dasar (SD). Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 97. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i02.1118
Susanti, D. D., Kristanto, A., & Amalia, K. (2025). Pengaruh Sertifikasi Guru, Profesionalisme, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 112-125. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5244
Sutiono, D. (2021). Profesionalisme Guru. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 16–25. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v4i2.1569
Syam, A. A., & Santaria, R. (2020). Moralitas dan Profesionalisme Guru sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 296-302. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.297
Wulandari, D. (2021). Kompetensi Profesionalisme Guru. Aksioma Ad-Diniyah, 9(1), 318–336. https://doi.org/10.55171/jad.v9i1.53
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.