Hubungan Pengembangan Diri dan Sertifikasi dengan Profesionalisme Guru di Gugus VI dan VII Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor

Authors

  • Rohmat Yulianto Pascasarjana Universitas Terbuka
  • Yuyun Elizabeth Patras Universitas Pakuan
  • Syafruddin Syafruddin Pascasarjana Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5569

Keywords:

Hubungan, Pengembangan Diri, Sertifikasi, Profesionalisme Guru

Abstract

Profesionalisme guru adalah penerapan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah hubungan yang siginifikan antara pengembangan diri dan sertifikasi dengan profesionalisme guru. Metode yang digunakan menggunakan desain penelitian kuantitatif. Populasi terdiri dari 116 guru di Gugus VI dan VII Kecamatan Cigudeg yang tersebar kedalam 16 sekolah dasar dengan jumlah sampel sebanyak 90 guru di gugus tersebut. Variabel independen pada penelitian ini adalah pengembangan diri dan sertifikasi sedangkan variabel dependen adalah profesionalisme guru. Penggunan tiga kuesioner yakni profesionalisme guru, pengembangan diri, dan sertifikasi digunakan untuk pengumpulan data dengan teknik survei. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji persyaratan analisis, analisis statistik inferensial, analisis regresi, dan analisis korelasi yang kesemuanya menggunakan SPSS 24. Hasil uji F Change dengan nilai signifikansi 0,000 menunjukkan penolakan terhadap hipotesis nol (Ho), menegaskan adanya hubungan yang signifikan antara variabel tersebut. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,828 menunjukkan korelasi yang sangat erat antara Pengembangan Diri dan Sertifikasi dengan Profesionalisme Guru, berada dalam kategori korelasi sempurna berdasarkan pedoman derajat hubungan Pearson. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,679 menunjukkan bahwa 67,9% variasi dalam profesionalisme guru dapat dijelaskan oleh Pengembangan Diri dan Sertifikasi, menunjukkan hubungan yang kuat antara kedua variabel tersebut dalam konteks peningkatan profesionalisme guru. Dari segi demografi, guru perempuan, guru bersertifikasi, dan guru penggerak menunjukkan hubungan lebih kuat antara Pengembangan Diri dan Sertifikasi dengan Profesionalisme Guru dibandingkan kelompok lain. Hasil dari studi menunjukkan adanya hubungan yang kuat dan signifikan antara pengembangan diri dan sertifikasi dengan profesionalisme guru. Untuk meningkatkan profesionalisme guru, studi ini merekomendasikan variabel dan indikator bagi para pembuat kebijakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan Mts Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79

Doghonadze, N. (2016). The State of School and University Teacher Self-Development in Georgia. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 104-113.

Husin, A., Witarsa, R., & Nurmalina. (2023). Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Profesionalisme Dan Kinerja Guru Pada Jenjang Pendidikan Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4089–4098. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7142

Ihwani, N., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2021). Pengaruh Sertifikasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Cahaya Pendidikan, 7(1), 12–24. https://doi.org/10.33373/chypend.v7i1.2797

Koswara, K., & Rasto, R. (2016). Kompetensi Dan Kinerja Guru Berdasarkan Sertifikasi Profesi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 61. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3269

Krismiyati, K. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak. Jurnal Office, 3(1), 43. https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3459

Madina, Z., Aubakirova, R. Z., Manyapova, T., Rakhmetollauly, B. R., Anatolyevna, K. A., & Mishchenko, E. V. (2022). Self-development as a factor of professional growth of future teachers. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(3), 903–919. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i3.6984

Maksymchuk, I., Sahach, O., Demchenko, I., Furdui, S., Maksymchuk, B., Protas, O., … Kyzko, E. (2020). Self-development in the context of forming the future teacher’s pedagogical skills. Scientific Journal of National Pedagogical Dragomanov University. Series 15. Scientific and pedagogical problems of physical culture (physical culture and sports), 2(2(122)), 88–95. https://doi.org/10.31392/npu-nc.series15.2020.2(122).18

Munawir, M., Aisyah, A. N., & Rofi’ah, I. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru Melalui Sertifikasi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 324–329. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.360

Muzfirah, S. (2021). The Importance of the Role of Teacher Professionalism in the 21st Century Education Process at SD Segoroyoso Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, 5(2), 187. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i2.334

Naailah, S., Hasibuan, D. A., Siagian, N. S., & Damanik, W. (2024). Perencanaan Manajement Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Journal Social Society, 4(2), 79–91. https://doi.org/10.54065/jss.4.2.2024.503

Nuryanti, T., Abdullah, G., & Muniarti, N. A. N. (2022). Pengaruh Pengembangan Diri Terhadap Kualitas Mengajar Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.7984

Ramdani, M., Yuliyanti, S. Y., Rahmatulloh, I. T., & Suratman, S. (2022). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada Guru Sekolah Dasar. Journal of Instructional and Development Researches, 2(6), 248–254. https://doi.org/10.53621/jider.v2i6.201

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Implementasi Pendidikan Inklusi Berbasis Pengembangan Diri Di Sekolah Alam Jogja Green School. El Midad, 11(2), 117–132. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1898

Siregar, I. H., & Dalimunthe, H. A. (2018). Pengaruh Pemberian Pelatihan Pengembangan Diri terhadap Loyalitas Anggota di Formasi Ar-Ruuh UMA. Jurnal Diversita, 4(2), 84. https://doi.org/10.31289/diversita.v4i2.1939

Sriyono. (2020). Pengaruh Sertifikasi Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Anak Sekolah Dasar (SD). Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 97. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i02.1118

Susanti, D. D., Kristanto, A., & Amalia, K. (2025). Pengaruh Sertifikasi Guru, Profesionalisme, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 112-125. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5244

Sutiono, D. (2021). Profesionalisme Guru. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 16–25. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v4i2.1569

Syam, A. A., & Santaria, R. (2020). Moralitas dan Profesionalisme Guru sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 296-302. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.297

Wulandari, D. (2021). Kompetensi Profesionalisme Guru. Aksioma Ad-Diniyah, 9(1), 318–336. https://doi.org/10.55171/jad.v9i1.53

Published

2025-03-26

How to Cite

Yulianto, R., Patras, Y. E., & Syafruddin, S. (2025). Hubungan Pengembangan Diri dan Sertifikasi dengan Profesionalisme Guru di Gugus VI dan VII Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 256–274. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5569

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.