Kecerdasaan Emosional, Intelektual, Regisiutas, dan Prestasi Belajar Mahasiswa Anak Usia Dini

  • Muin Muin Universitas Terbuka
  • Kusmaladewi Kusmaladewi Universitas Terbuka
Keywords: Kecerdasaan Emosional, Intelektual, Regisiutas, Prestasi Belajar, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi bagaimana kecerdasan emosional, intelektual, dan religius mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Universitas Terbuka Makassar.. Kecerdasan intelektual hanya berkontribusi sekitar 20% dalam menentukan keberhasilan hidup seseorang, sementara 80% sisanya dipengaruhi oleh kekuatan dari berbagai bentuk kecerdasan lainnya. Kecerdasan intelektual terkait dengan berpikir abstrak, kritis, analitis, kreatif, dan kemampuan belajar. Religisiutas berhubungan dengan perilaku kreatif dalam kehidupan untuk pemecahan masalah sesuai norma kebenaran dan kebajikan. Populasi 321 dan sampel 80 orang atau 25% dari populasi. Metode pengambilan sampel yang diterapkan adalah metode acak proporsional. Data dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner dan dokumen terkait. Untuk analisis data, digunakan teknik analisis statistik kuantitatif. Hasil penelitian memberikan petunjuk bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan pencapaian akademik (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan intelektual dengan prestasi belajar, yang ditunjukkan oleh nilai probabilitas yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat kecerdasan religiusitas dengan pencapaian prestasi belajar dan (4) Kecerdasan emosional, intelektual, dan spiritual secara bersama-sama memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap pencapaian akademik. Fakta ini diperkuat oleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,890, yang menunjukkan bahwa 89% variasi dalam prestasi akademik mahasiswa di program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dapat dijelaskan oleh berbagai faktor, seperti kecerdasan emosional, intelektual, dan spiritual.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Afrianti, A., & Imamuddin, M. (2022). Pengaruh Kecerdasan Spritual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Lattice Journal: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(2), 131-142. https://doi.org/10.30983/lattice.v2i2.6013

Al Mursyidi, B. M., El-Yunusi, M. Y. M., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Prestasi Belajar PAI, Penggunaan Media Sosial, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Akhlak Peserta Didik MTss Miftahiyah Yasi Bangkalan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(7), 3129-3141. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i7.3149

Alfionita, A., Jamaludin, U., & Fitrayadi, D. S. (2019). Hubungan antara kecerdasan intelektual (IQ) dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, dan Politik, 2(2), 139-149. https://doi.org/10.47080/propatria.v2i2.589

Gayatri, N.P.L & Wirawati, N.G.P. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Vol.28 No. 2 https://doi.org/10.32520/jak.v10i1.1645

Handriani, N., & Subhan, M. (2020). Hubungan kecerdasan intelektual kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar fisika. Gravity Edu: Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika, 3(1), 1-4. https://doi.org/10.33627/ge.v3i1.332

Herlina, L., & Suwatno, S. (2018). Kecerdasan intelektual dan minat belajar sebagai determinan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 246-254. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11771

Kurnia, H. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional Dan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Academy of Education Journal, 10(01), 1-21. https://doi.org/10.47200/aoej.v10i01.267

Kurnia, H., & Wahono, J. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa SMA Negeri 5 Yogyakarta. Academy of Education Journal, 12(1), 82-97. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i1.431

Kusuma, W. H. (2019). Upaya meningkatkan prestasi belajar melalui peningkatan kecerdasan spiritual santri pondok pesantren. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(2), 104-111. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i2.896

Kusumawati, S. T., Susiati, S., & Ruth, B. (2024). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Yadika 11 Jatirangga Kota Bekasi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11945-11951. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33166

Mahmudi I, & Taufik A.A. (2020). "Pengaruh Hidden Curriculum dan Disiplin Terhadap Religiusitas Siswa SMPN 1 Mlarak Ponorogo." Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 10, no. 1: 71-85. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v10i1.376

Nashihun, N., Mujiburrohman, M., & Subando, J. (2023). Pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar fiqih siswa di MIM Randulas Pulutan Nogosari. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 346-355. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i001.272

Ningsih, A. S. (2023). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Efikasi Diri Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Empati- Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(1), 100–113. https://doi.org/10.26877/empati.v10i1.12269.

Putri, Y. S. (2016). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pt. pln persero area klaten. Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 13(1), 88-97. https://doi.org/10.14710/jsmo.v13i1.13416

Rukiyanto, S. J. (2021). Pendidikan Religiusitas Untuk Perguruan Tinggi. Sanata Dharma University Press.

Simanjuntak, C. T., Sihombing, S., & Siagian, L. (2022). Korelasi Antara Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 2 Jawa Maraja Bahjambi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 7048-7059. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7851

Sudarmawan, L., Mujiyanto, M., & Yadnyawati, I. A. (2023). Pengaruh iklim belajar dan kecerdasan emosional (eq) terhadap prestasi belajar pada nilai akademik siswa beragama buddha. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 9(2), 73-84. https://doi.org/10.53565/pssa.v9i2.979

Umah, L. M., Indriayu, M., & Hindrayani, A. (2023). Pengaruh Kecerdasan Menghadapi Hambatan dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(3), 297-303. https://doi.org/10.26740/jupe.v11n3.p297-303

Wardani, L.M.I. (2021). Religiosity Psychological Capital Burnout pada Mahasiswa yang Bekerja, Jateng: PT Nasya Expanding Manajement.

Wibowo (2011). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Yunus, M., & Husain, A. (2022). Hubungan Antara Tingkat Kecerdasan Intelektual Dan Iklim Keluarga Dengan Prestasi Belajar Di UPTD SMP Negeri 17 Marusu Kab. Maros. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1(3), 321-326. https://doi.org/10.59004/metta.v1i3.164

Published
07-09-2024
How to Cite
Muin, M., & Kusmaladewi, K. (2024). Kecerdasaan Emosional, Intelektual, Regisiutas, dan Prestasi Belajar Mahasiswa Anak Usia Dini. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 243-252. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4412