Pembumian Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan pada Gen Z di Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5958Keywords:
Pembumian Pancasila, Wawasan Kebangsaan, Generasi ZAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi, tantangan, dan solusi dalam membumikan nilai-nilai Pancasila serta memperkuat wawasan kebangsaan di kalangan Generasi Z (Gen Z) di Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur. Latar belakang kajian ini muncul dari kekhawatiran mengenai melemahnya identitas nasional di antara generasi muda, yang disebabkan oleh derasnya arus globalisasi, kemajuan teknologi informasi, dan penetrasi budaya asing yang semakin dominan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa usaha pembumian Pancasila di Manggar telah dilaksanakan melalui integrasi kurikulum di sekolah-sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, festival budaya, keterlibatan tokoh masyarakat, serta pemanfaatan media digital. Namun, terdapat sejumlah tantangan yang perlu diatasi, seperti kurangnya inovasi dalam metode pembelajaran, keterbatasan fasilitas, serta pengaruh konten digital asing yang dapat menggeser minat generasi muda terhadap nilai-nilai kebangsaan. Sebagai rekomendasi, penelitian ini menekankan pentingnya penguatan sinergi antara lembaga pendidikan, pemerintah daerah, dan komunitas lokal, serta perlunya pemanfaatan media digital yang kreatif dan sesuai dengan kebutuhan Gen Z. Diharapkan, hasil penelitian ini dapat menjadi acuan dalam penyusunan kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, baik di tingkat lokal maupun nasional.
Downloads
References
Adhayanto, O., Wira, W., & Irman, I. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Dan Wawasan Kebangsaan Bagi Siswa Di Wilayah Perbatasan Kabupaten Kepulauan Anambas. Azam Insan Cendikia, 3(3), 222-228. https://doi.org/10.62833/pkm.v3i3.154
Al Hafis, M., Anwari, I., Nurbela, I., Sundari, S., Aulia, P., & Hasibuan, H. A. (2024). Tantangan Dan Upaya Melestarikan Nilai-Nilai Demokrasi Pancasila Di Kalangan Gen Z. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 2(6), 243-258. https://doi.org/10.61722/jipm.v2i6.545
Al'Ulya, A. Z., Maradjabessy, N., & Damayanti, A. (2024). Milenial dan kewarganegaraan. Maliki Interdisciplinary Journal, 2(6), 1103-1112.
Arianti, A., Salsabilla, E., Adhim, M. F., Hendri, N. A. W., Fitri, N. A., Febriani, S., & Hudi, I. (2024). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mencegah Radikalisme di Kalangan Remaja Gen Z. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 1(3), 226-232. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i3.592
Hasrian, H., Akbar, A. A., & Raharjo, D. H. (2024). Globalisasi dan Nasionalisme pada Generasi Z: Sebuah Studi Implikasi dalam Penerapan Nilai-Nilai Pancasila. Civil and Military Cooperation Journal, 1(2), 59-64.
Kertati, I. (2018). Wawasan Kebangsaan Generasi Gen-Z. Mimbar Administrasi, 15(2), 32-51.
Kilawati, A. (2023). Kearifan Lokal To Ugiq Dalam Pekan Budaya PGSD UNCP. Jurnal Dieksis ID, 3(1), 35–45. https://doi.org/10.54065/dieksis.3.1.2023.268
Kurniawan, E., Wijayanti, T., & Pramono, D. (2022). Kajian Implementasi Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Kota Semarang. Jurnal Riptek, 16(2), 161-169. https://doi.org/10.35475/riptek.v16i2.171
Kurniawaty, J. B., & Widayatmo, S. (2024). Nasionalisme di era digital: Tantangan dan peluang bagi generasi z indonesia. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan, 3(2), 42-50. https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v3i2.3039
Laka, L., Darmansyah, R., Judijanto, L., Lase, J. F. E., Haluti, F., Kuswanti, F., & Kalip, K. (2024). Pendidikan karakter Gen Z di era digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Lumbu, A., Pinatih, N. P. S., Judijanto, L., Suwandi, W., Retnoningsih, R., & Muhtadin, H. D. A. (2025). Pendidikan Karakter: Teori dan Implementasi Pendidikan Karakter Bagi Gen-Z. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Najah, A. T. S., Wahyuni, L. N., Cahyani, W. R., & Pramitha, D. (2024). Manajemen Kurikulum Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Gen-Z Muslim Di Sd Plus Al-Kautsar Malang. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(001). https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7464
Nur, R. A. P., Truvadi, L. A., Agustina, R. T., & Salam, I. F. B. (2023). Peran Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia: Tinjauan dan Implikasi. ADVANCES in Social Humanities Research, 1(4), 501-510. https://doi.org/10.46799/adv.v1i4.54
Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila sebagai upaya membentuk karakter religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310-7316. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3481
Pradipta, M. A., Wafi, A., Marita, M., Luthfiah, R., Ikhsan, F., & Syafaat, P. R. (2024). Cinta Tanah Air pada Era Digital: Peran Generasi Z dalam Mempertahankan Identitas Nasional. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(4), 109-118. https://doi.org/10.58192/populer.v3i4.2787
Purwantoro, S. A., Syahardani, R., Hermawan, E., & Kuvaeni, A. (2021). Media Sosial: Peran Dan Kiprah Dalam Pengembangan Wawasan Kebangsaan. Jurnal Lemhannas RI, 9(4), 55-79. https://doi.org/10.55960/jlri.v9i4.416
Rahmadillah, A. F., Sanusi, M. A., Electra, N., & Antoni, H. (2025). Pengaruh Teknologi Digital Terhadap Pemahaman Generasi Z Tentang Pancasila. Student Scientific Creativity Journal, 3(1), 251-258. Rahmadillah, A. F., Sanusi, M. A., Electra, N., & Antoni, H. (2025). Pengaruh Teknologi Digital Terhadap Pemahaman Generasi Z Tentang Pancasila. Student Scientific Creativity Journal, 3(1), 251-258.
Rianto, H. (2015). Peran Pendidikan Pancasila Dan Ewarganegaraan Membangun Generasi Cerdas Dan Berkarakter. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(1), 14-21. https://doi.org/10.31571/sosial.v2i1.48
Saputri, S. A., & Najicha, F. U. (2023). Pentingnya pemahaman wawasan nusantara bagi generasi Z untuk membangun rasa nasionalisme. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 231-239. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.7474
Sartika, R., & Ndona, J. (2024). Peran Pendidikan Pancasila Dalam Implementasi Pendidikan Karakter Di Era 4.0. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 121-134. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19326
Setiawan, M. D. D., Zahra, S., Darmawan, I. T., Putra, R., & Antoni, H. (2025). Peran Pendidikan Pancasila dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kebangsaan dan Mengatasi Dekadensi Moral di Kalangan Generasi-Z pada Era Digital. Journal of Student Research, 3(1), 233-244. https://doi.org/10.55606/jsr.v3i1.3610
Simanjuntak, N. C., Al Husna, S., & Dalimunthe, F. Z. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Menumbukan Nilai-nilai Pancasila pada Generasi Z di Era Digital. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 1379-1383. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1259
Sinaga, A., Simanjuntak, A. L., Simamora, J., AR, D. M., Manik, F., Sinurat, T., ... & Sriyanti, N. (2024). Pancasila sebagai dasar pendidikan karakter di era revolusi industri 4.0. SOSIAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 2(2), 61-72. https://doi.org/10.62383/sosial.v2i2.136
Wijaya, A., Rahman, A., Yunita, S., & Ndona, Y. (2024). Rekonstruksi karakter Pancasila terhadap peserta didik. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 346-355. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13226
Wijayanti, A. A., RF, N. S., Shinkoo, S. H. L., & Fitriono, R. A. (2022). peran pancasila di era globalisasi pada generasi Z. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 4(01), 29-35.
Wulandari, A. T., Panggabean, S. A., Mubarok, F., & Antoni, H. (2025). Efektivitas Pendidikan Pancasila Bagi Generasi Z Dalam Mencegah Disintegrasi Sosial Di Era Digitalisasi. Journal of Student Research, 3(1), 206-216. https://doi.org/10.55606/jsr.v3i1.3585
Yasmin, Y., & Latifa, Y. (2025). Studi Potensi Teknologi Hologram Untuk Meningkatkan Wawasan Kebangsaan Gen Alpha. WISSEN: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(1), 263-273. https://doi.org/10.62383/wissen.v3i1.579
Zahir, A., & Supriadi , S. . (2023). Refleksi Akhir Tahun Menggunakan Model 4F Berbasis Data Rapor Pendidikan Sekolah Penggerak. Jurnal Literasi Digital, 3(2), 51–63. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.278
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.