Pembumian Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan pada Gen Z di Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur

Authors

  • Padlun Fauzi Universitas Bangka Belitung
  • Tsulis Amiruddin Zahri Universitas Bangka Belitung
  • Hadi Fitriansyah Universitas Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5958

Keywords:

Pembumian Pancasila, Wawasan Kebangsaan, Generasi Z

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi, tantangan, dan solusi dalam membumikan nilai-nilai Pancasila serta memperkuat wawasan kebangsaan di kalangan Generasi Z (Gen Z) di Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur. Latar belakang kajian ini muncul dari kekhawatiran mengenai melemahnya identitas nasional di antara generasi muda, yang disebabkan oleh derasnya arus globalisasi, kemajuan teknologi informasi, dan penetrasi budaya asing yang semakin dominan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa usaha pembumian Pancasila di Manggar telah dilaksanakan melalui integrasi kurikulum di sekolah-sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, festival budaya, keterlibatan tokoh masyarakat, serta pemanfaatan media digital. Namun, terdapat sejumlah tantangan yang perlu diatasi, seperti kurangnya inovasi dalam metode pembelajaran, keterbatasan fasilitas, serta pengaruh konten digital asing yang dapat menggeser minat generasi muda terhadap nilai-nilai kebangsaan. Sebagai rekomendasi, penelitian ini menekankan pentingnya penguatan sinergi antara lembaga pendidikan, pemerintah daerah, dan komunitas lokal, serta perlunya pemanfaatan media digital yang kreatif dan sesuai dengan kebutuhan Gen Z. Diharapkan, hasil penelitian ini dapat menjadi acuan dalam penyusunan kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, baik di tingkat lokal maupun nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhayanto, O., Wira, W., & Irman, I. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Dan Wawasan Kebangsaan Bagi Siswa Di Wilayah Perbatasan Kabupaten Kepulauan Anambas. Azam Insan Cendikia, 3(3), 222-228. https://doi.org/10.62833/pkm.v3i3.154

Al Hafis, M., Anwari, I., Nurbela, I., Sundari, S., Aulia, P., & Hasibuan, H. A. (2024). Tantangan Dan Upaya Melestarikan Nilai-Nilai Demokrasi Pancasila Di Kalangan Gen Z. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 2(6), 243-258. https://doi.org/10.61722/jipm.v2i6.545

Al'Ulya, A. Z., Maradjabessy, N., & Damayanti, A. (2024). Milenial dan kewarganegaraan. Maliki Interdisciplinary Journal, 2(6), 1103-1112.

Arianti, A., Salsabilla, E., Adhim, M. F., Hendri, N. A. W., Fitri, N. A., Febriani, S., & Hudi, I. (2024). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mencegah Radikalisme di Kalangan Remaja Gen Z. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 1(3), 226-232. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i3.592

Hasrian, H., Akbar, A. A., & Raharjo, D. H. (2024). Globalisasi dan Nasionalisme pada Generasi Z: Sebuah Studi Implikasi dalam Penerapan Nilai-Nilai Pancasila. Civil and Military Cooperation Journal, 1(2), 59-64.

Kertati, I. (2018). Wawasan Kebangsaan Generasi Gen-Z. Mimbar Administrasi, 15(2), 32-51.

Kilawati, A. (2023). Kearifan Lokal To Ugiq Dalam Pekan Budaya PGSD UNCP. Jurnal Dieksis ID, 3(1), 35–45. https://doi.org/10.54065/dieksis.3.1.2023.268

Kurniawan, E., Wijayanti, T., & Pramono, D. (2022). Kajian Implementasi Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Kota Semarang. Jurnal Riptek, 16(2), 161-169. https://doi.org/10.35475/riptek.v16i2.171

Kurniawaty, J. B., & Widayatmo, S. (2024). Nasionalisme di era digital: Tantangan dan peluang bagi generasi z indonesia. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan, 3(2), 42-50. https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v3i2.3039

Laka, L., Darmansyah, R., Judijanto, L., Lase, J. F. E., Haluti, F., Kuswanti, F., & Kalip, K. (2024). Pendidikan karakter Gen Z di era digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Lumbu, A., Pinatih, N. P. S., Judijanto, L., Suwandi, W., Retnoningsih, R., & Muhtadin, H. D. A. (2025). Pendidikan Karakter: Teori dan Implementasi Pendidikan Karakter Bagi Gen-Z. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Najah, A. T. S., Wahyuni, L. N., Cahyani, W. R., & Pramitha, D. (2024). Manajemen Kurikulum Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Gen-Z Muslim Di Sd Plus Al-Kautsar Malang. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(001). https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7464

Nur, R. A. P., Truvadi, L. A., Agustina, R. T., & Salam, I. F. B. (2023). Peran Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia: Tinjauan dan Implikasi. ADVANCES in Social Humanities Research, 1(4), 501-510. https://doi.org/10.46799/adv.v1i4.54

Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila sebagai upaya membentuk karakter religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310-7316. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3481

Pradipta, M. A., Wafi, A., Marita, M., Luthfiah, R., Ikhsan, F., & Syafaat, P. R. (2024). Cinta Tanah Air pada Era Digital: Peran Generasi Z dalam Mempertahankan Identitas Nasional. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(4), 109-118. https://doi.org/10.58192/populer.v3i4.2787

Purwantoro, S. A., Syahardani, R., Hermawan, E., & Kuvaeni, A. (2021). Media Sosial: Peran Dan Kiprah Dalam Pengembangan Wawasan Kebangsaan. Jurnal Lemhannas RI, 9(4), 55-79. https://doi.org/10.55960/jlri.v9i4.416

Rahmadillah, A. F., Sanusi, M. A., Electra, N., & Antoni, H. (2025). Pengaruh Teknologi Digital Terhadap Pemahaman Generasi Z Tentang Pancasila. Student Scientific Creativity Journal, 3(1), 251-258. Rahmadillah, A. F., Sanusi, M. A., Electra, N., & Antoni, H. (2025). Pengaruh Teknologi Digital Terhadap Pemahaman Generasi Z Tentang Pancasila. Student Scientific Creativity Journal, 3(1), 251-258.

Rianto, H. (2015). Peran Pendidikan Pancasila Dan Ewarganegaraan Membangun Generasi Cerdas Dan Berkarakter. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(1), 14-21. https://doi.org/10.31571/sosial.v2i1.48

Saputri, S. A., & Najicha, F. U. (2023). Pentingnya pemahaman wawasan nusantara bagi generasi Z untuk membangun rasa nasionalisme. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 231-239. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.7474

Sartika, R., & Ndona, J. (2024). Peran Pendidikan Pancasila Dalam Implementasi Pendidikan Karakter Di Era 4.0. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 121-134. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19326

Setiawan, M. D. D., Zahra, S., Darmawan, I. T., Putra, R., & Antoni, H. (2025). Peran Pendidikan Pancasila dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kebangsaan dan Mengatasi Dekadensi Moral di Kalangan Generasi-Z pada Era Digital. Journal of Student Research, 3(1), 233-244. https://doi.org/10.55606/jsr.v3i1.3610

Simanjuntak, N. C., Al Husna, S., & Dalimunthe, F. Z. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Menumbukan Nilai-nilai Pancasila pada Generasi Z di Era Digital. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 1379-1383. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1259

Sinaga, A., Simanjuntak, A. L., Simamora, J., AR, D. M., Manik, F., Sinurat, T., ... & Sriyanti, N. (2024). Pancasila sebagai dasar pendidikan karakter di era revolusi industri 4.0. SOSIAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 2(2), 61-72. https://doi.org/10.62383/sosial.v2i2.136

Wijaya, A., Rahman, A., Yunita, S., & Ndona, Y. (2024). Rekonstruksi karakter Pancasila terhadap peserta didik. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 346-355. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13226

Wijayanti, A. A., RF, N. S., Shinkoo, S. H. L., & Fitriono, R. A. (2022). peran pancasila di era globalisasi pada generasi Z. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 4(01), 29-35.

Wulandari, A. T., Panggabean, S. A., Mubarok, F., & Antoni, H. (2025). Efektivitas Pendidikan Pancasila Bagi Generasi Z Dalam Mencegah Disintegrasi Sosial Di Era Digitalisasi. Journal of Student Research, 3(1), 206-216. https://doi.org/10.55606/jsr.v3i1.3585

Yasmin, Y., & Latifa, Y. (2025). Studi Potensi Teknologi Hologram Untuk Meningkatkan Wawasan Kebangsaan Gen Alpha. WISSEN: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(1), 263-273. https://doi.org/10.62383/wissen.v3i1.579

Zahir, A., & Supriadi , S. . (2023). Refleksi Akhir Tahun Menggunakan Model 4F Berbasis Data Rapor Pendidikan Sekolah Penggerak. Jurnal Literasi Digital, 3(2), 51–63. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.278

Published

2025-06-15

How to Cite

Fauzi, P., Zahri, T. A., & Fitriansyah, H. (2025). Pembumian Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan pada Gen Z di Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 658–669. https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5958

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.