Korelasi Manajemen Waktu, Minat Baca, dan Kesiapan Belajar Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar
Abstract
Tujuan penelitian ini ingin mengetahui apa terdapat korelasi yang signifikan antara manajemen waktu, minat baca, dan kesiapan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa mata kuliah metode pengembangan fisik di Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 67 orang. Teknik pengumpulan data digunakan teknik kuesioner tertutup dan dokumentasi serta penelitian ini menggunakan teknik analisis data regreni linear sederhana ganda product moment dengan fasilitas SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara manajemen waktu dengan prestasi belajar mahasiswa mata kuliah Pendidikan anak usia dini, (2) terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara minat baca dengan prestasi belajar mahasiswa mata kuliah pendidikan anak usia dini, (3) terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa mata kuliah pendidikan anak usia dini, (4) terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara manajemen waktu, minat baca, dan kesiapan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa mata kuliah pendidikan anak usia dini. Temuan dalam penelitian ini adalah semakin baik manajemen waktu, minat baca, dan semakin siap untuk belajar, maka semakin meningkatkan prestasi belajar.
Downloads
Metrics
References
Adebisi, J. F. (2013). Time management practices and its effect on business performance. Canadian Social Science, 9(1). Canadian Research & Development Center of Sciences and Cultures, Montreal, Canada
Effendi, E. (2017). Hubungan Readiness (Kesiapan) Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Smk Muhammadiyah 03 Sukaraja. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 15-24.
Grafiani C.P. (2021). Seni Manajemen Waktu. Rahasia Bagaimana Orang-Orang Sukses Mengatur Mereka, Yogyakarta: Anak Pintar Indonesia
Hidayah, R., Ridwan, A., & Cahyo, Y. (2018). Analisa Perbandingan Manajemen Waktu Antara Perencanaan Dan Pelaksanaan. Jurnal Manajemen Teknologi & Teknik Sipil, 1(2), 281-290.
Kholisa N. (2012). Hubungan Manajemen Waktu Dengan Efektivitas Kerja Karyawan. Journal of Social and Industrial Psychology. JSIP 1 (1) (2012)
Mamahit, C.E.J. (2019). Analisis Pengaruh Manajemen Waktu Dan Motivasi Mengajar Terhadap Kinerja Dosen. Jurnal Manajerial, Vol. 18 No.1 Januari 2019, Hal – 1 http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/
Mansyur, U., & Indonesia, U. M. (2019, November). Gempusta: Upaya meningkatkan minat baca. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra II FBS UNM (pp. 203-2017).
Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar. Dalam Jurnal Ilmiah Konseling. Volume 2 No. 1. Hal 27-31. Padang: Universitas Negeri Padang.
Nurtika L. (2021). Strategi Meningkatkan Minat Baca Pada Masa Pandemi, Jateng: Lutfi Gilang
Ompusunggu, M. M. (2022). Pengaruh Manajemen Waktu dan Kecenderungan Kecemasan Terhadap Prokrastinasi Skripsi Pada Mahasiswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(2), 241-251.
Rahayu, L. T. A. I. (2016). Hubungan minat membaca dan motivasi belajar dengan hasil belajar materi menulis karangan pada warga belajar kejar paket C di PKBM AL-Firdaus Kabupaten Serang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 1(2).
Ru'iya, S., & Sutarman, S. (2021, October). Pelatihan Self Management dalam Pengelolaan Waktu Efektif di SMK Muhammadiyah Pakem Sleman. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 3, No. 1, pp. 495-501).
Santoso, S. (2018). Mahir Statistik Multivariat dengan SPSS. Elex Media Komputindo.
Sanusi, S. R. (2010). Beberapa Uji Validitas dan Reliabilitas Pada Instrumen Penelitian. Retrieved from http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/18868
Singh, D. & Jain, S. C. (2013). Working process of time management in SAP HR module. International Journal of Management Research and Reviews, 3. Society of Scientific Research and Education (SSRE), Meerut, India.
Sinta, V. (2017). Pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas x di SMA Bina Jaya Palembang. Jurnal ilmiah pendidikan dan ekonomi, 1(1), 11-20.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudaryono (2019). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method, Depok: PT RajaGrafindo Persada
Widodo, A., Husniati, H., Indraswati, D., Rahmatih, A. N., & Novitasari, S. (2020). Prestasi belajar mahasiswa PGSD pada mata kuliah pengantar pendidikan ditinjau dari segi minat baca. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), 38-46.
Zega, Y. X. G. H., & Kurniawati, G. E. (2022). Pentingnya Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Di Sekolah Tinggi Teologi Duta Panisal Jember. Metanoia, 4(1), 58-70.
Copyright (c) 2022 Kusmaladewi Kusmaladewi, Patmawati Halim, Muin Muin, Asdar Asdar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.