Korelasi Manajemen Waktu, Minat Baca, dan Kesiapan Belajar Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar

  • Kusmaladewi Kusmaladewi Universitas Terbuka Makassar
  • Patmawati Halim Universitas Terbuka Makassar
  • Muin Muin Universitas Terbuka Makassar
  • Asdar Asdar Universitas Terbuka Majene
Keywords: Manajemen Waktu, Minat Baca, Kesiapan Belajar, Prestasi Belajar, Korelasi

Abstract

Tujuan penelitian ini ingin mengetahui apa terdapat korelasi yang signifikan antara manajemen waktu, minat baca, dan kesiapan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa mata kuliah metode pengembangan fisik di Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 67 orang. Teknik pengumpulan data digunakan teknik kuesioner tertutup dan dokumentasi serta penelitian ini menggunakan teknik analisis data regreni linear sederhana ganda product moment dengan fasilitas SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara manajemen waktu dengan prestasi belajar mahasiswa mata kuliah Pendidikan anak usia dini, (2) terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara minat baca dengan prestasi belajar mahasiswa mata kuliah pendidikan anak usia dini, (3) terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa mata kuliah pendidikan anak usia dini, (4) terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara manajemen waktu, minat baca, dan kesiapan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa mata kuliah pendidikan anak usia dini. Temuan dalam penelitian ini adalah semakin baik manajemen waktu, minat baca, dan semakin siap untuk belajar, maka semakin meningkatkan prestasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Adebisi, J. F. (2013). Time management practices and its effect on business performance. Canadian Social Science, 9(1). Canadian Research & Development Center of Sciences and Cultures, Montreal, Canada

Effendi, E. (2017). Hubungan Readiness (Kesiapan) Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Smk Muhammadiyah 03 Sukaraja. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 15-24.

Grafiani C.P. (2021). Seni Manajemen Waktu. Rahasia Bagaimana Orang-Orang Sukses Mengatur Mereka, Yogyakarta: Anak Pintar Indonesia

Hidayah, R., Ridwan, A., & Cahyo, Y. (2018). Analisa Perbandingan Manajemen Waktu Antara Perencanaan Dan Pelaksanaan. Jurnal Manajemen Teknologi & Teknik Sipil, 1(2), 281-290.

Kholisa N. (2012). Hubungan Manajemen Waktu Dengan Efektivitas Kerja Karyawan. Journal of Social and Industrial Psychology. JSIP 1 (1) (2012)

Mamahit, C.E.J. (2019). Analisis Pengaruh Manajemen Waktu Dan Motivasi Mengajar Terhadap Kinerja Dosen. Jurnal Manajerial, Vol. 18 No.1 Januari 2019, Hal – 1 http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/

Mansyur, U., & Indonesia, U. M. (2019, November). Gempusta: Upaya meningkatkan minat baca. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra II FBS UNM (pp. 203-2017).

Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar. Dalam Jurnal Ilmiah Konseling. Volume 2 No. 1. Hal 27-31. Padang: Universitas Negeri Padang.

Nurtika L. (2021). Strategi Meningkatkan Minat Baca Pada Masa Pandemi, Jateng: Lutfi Gilang

Ompusunggu, M. M. (2022). Pengaruh Manajemen Waktu dan Kecenderungan Kecemasan Terhadap Prokrastinasi Skripsi Pada Mahasiswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(2), 241-251.

Rahayu, L. T. A. I. (2016). Hubungan minat membaca dan motivasi belajar dengan hasil belajar materi menulis karangan pada warga belajar kejar paket C di PKBM AL-Firdaus Kabupaten Serang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 1(2).

Ru'iya, S., & Sutarman, S. (2021, October). Pelatihan Self Management dalam Pengelolaan Waktu Efektif di SMK Muhammadiyah Pakem Sleman. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 3, No. 1, pp. 495-501).

Santoso, S. (2018). Mahir Statistik Multivariat dengan SPSS. Elex Media Komputindo.

Sanusi, S. R. (2010). Beberapa Uji Validitas dan Reliabilitas Pada Instrumen Penelitian. Retrieved from http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/18868

Singh, D. & Jain, S. C. (2013). Working process of time management in SAP HR module. International Journal of Management Research and Reviews, 3. Society of Scientific Research and Education (SSRE), Meerut, India.

Sinta, V. (2017). Pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas x di SMA Bina Jaya Palembang. Jurnal ilmiah pendidikan dan ekonomi, 1(1), 11-20.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudaryono (2019). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method, Depok: PT RajaGrafindo Persada

Widodo, A., Husniati, H., Indraswati, D., Rahmatih, A. N., & Novitasari, S. (2020). Prestasi belajar mahasiswa PGSD pada mata kuliah pengantar pendidikan ditinjau dari segi minat baca. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), 38-46.

Zega, Y. X. G. H., & Kurniawati, G. E. (2022). Pentingnya Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Di Sekolah Tinggi Teologi Duta Panisal Jember. Metanoia, 4(1), 58-70.

Published
31-10-2022
How to Cite
Kusmaladewi, K., Halim, P., Muin, M., & Asdar, A. (2022). Korelasi Manajemen Waktu, Minat Baca, dan Kesiapan Belajar Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar . Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(2), 238-248. https://doi.org/10.30605/cjpe.522022.2262