Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri pada Kelas IV SD Telkom Makassar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4716Keywords:
Keterampilan, Berpikir Kritis, Model Pembelajaran, InkuiriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV.A yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis peserta didik berupa tes tipe esai dan lembar observasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I adalah 60% termasuk kategori sedang. Sedangkan pada siklus II rata-rata ketuntasan belajar peserta didik 90% termasuk kategori sangat kritis. Jadi melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik
Downloads
References
Adelia, P., Mustika, N. I., Junsap, R. M., & Santoso, G. (2022). Pengaruh Metode Inkluiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(3), 156-163. https://doi.org/10.9000/jpt.v1i3.483
Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94-99. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468
Bahriah, S. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Tema Tiga menjadi Penemu pada Pembelajaran IPA melalui Model Inquiry Siswa Kelas VI SD Inpres Bunne Kabupaten Barru. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(1), 25-32. https://doi.org/10.30605/cjpe.412021.602
Diani, R., Saregar, A., & Ifana, A. (2016). Perbandingan model pembelajaran Problem Based Learning dan inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2). https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i2.1310
Efendi, D. R., & Wardani, K. W. (2021). Komparasi model pembelajaran Problem Based Learning dan inquiry learning ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1277-1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.914
Elis, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(2), 228-237. https://doi.org/10.30605/cjpe.522022.1985
Falahudin, I., Wigati, I., & Astuti, A. P. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran materi pengelolaan lingkungan di SMP Negeri 2 Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.19109/bioilmi.v2i2.1133
Firdausi, B. W., Warsono, W., & Yermiandhoko, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 229-243. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i2.8001
Fitriyah, I. J., Affriyenni, Y., & Hamimi, E. (2021). Efektifitas model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(2), 122-129. https://doi.org/10.35569/biormatika.v7i2.1017
Juwita, P. I., Sembiring, M. G., & Hidayat, R. (2022). Perbedaan Hasil Belajar melalui Penerapan Problem Based Learning dan Inquiry Based Learning terhadap Pembelajaran IPA. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(2), 196-204. https://doi.org/10.30605/cjpe.522022.1747
Kartika, Y. K., & Rakhmawati, F. (2022). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan model inquiry learning. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2515-2525. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1627
Loka, I. N., & Anwar, Y. A. S. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode pembelajaran terpadu kemampuan berpikir kritis. Chemistry Education Practice, 2(2), 29-35. https://doi.org/10.29303/cep.v2i2.1364
Mukmainah, S. A., & Yonata, B. (2020). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi laju reaksi di SMAN 1 Rengel. UNESA Journal of Chemistry Education, 9(1), 133-139. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n1.p133-139
Nasution, S. W. R. (2018). Penerapan model inkuiri terbimbing (guided inquiry) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran fisika. Jurnal Education and Development, 3(1), 1-1. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.85
Nurhayati, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Manusia dan Lingkungan pada Pembelajaran IPA Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Inpres Ulo Kabupaten Barru. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(1), 9-16. https://doi.org/10.30605/cjpe.412021.595
Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2021). Model pembelajaran inkuiri sebagai strategi mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109-120. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p109-120
Sonia, T., Alberida, H., Arsih, F., & Selaras, G. H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 9(1), 78-86. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v9i1.14081
Sugiarti, M. I., & Dwikoranto, D. (2021). Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran blended inquiry learning berbantuan schoology pada pembelajaran fisika: Literature review. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 49-62. http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v12i1.10262
Susilowati, S., Sajidan, S., & Ramli, M. (2018). Keefektifan perangkat pembelajaran berbasis inquiry lesson untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 49-60. http://dx.doi.org/10.21831/pep.v22i1.17836
Triandini, W., Kosim, K., & Gunada, I. W. (2021). Pengembangan modul fisika berbasis guided inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 7(1), 90-97. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.3953
Widiya, A. W., & Radia, E. H. (2023). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPS. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 127-136. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.477
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.