Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantu Media Film Kartun Terhadap Kemampuan Menulis Isi Teks Pada Siswa Kelas V SDN 83 Sipatana

  • Mirna Eka MP Taru Universitas Negeri Gorontalo
  • Ratnarti Pahrun Univeritas Negeri Gorontalo
  • Salma Haldun Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Kemampuan Menulis, Film kartun, Isi Teks

Abstract

Urgensi dari penelitian ini terletak pada pentingnya meningkatkan kemampuan menulis siswa, khususnya dalam menyusun isi teks, yang merupakan keterampilan dasar dalam literasi. Di sekolah dasar, banyak siswa menghadapi kesulitan dalam mengekspresikan gagasan secara tertulis dengan baik, termasuk dalam mengorganisasikan dan mengembangkan isi teks. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning berbantu media film kartun terhadap kemampuan menulis isi teks pada siswa kelas V SDN 83 Sipatana. Desain penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperiment Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group. Banyaknya popuulasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 83 Sipatan yang terdiri dari 2 kelas masing-masing berjumlah 23 orang dengan total keseluruhan yaitu 46 orang. Variabel bebas penelitian ini adalah model problem based learning berbentu media film kartun dan variabel terikat adalah kemampuan menulis. Pengujian hipoteses penelitian ini menggunakan uji independent sample test. Hasil perhitungan IBM SPSS Statistics 26 diperoleh dengan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,027 < 0,05 dan diperoleh nilai thitung 2,281 > ttabel 2,0105. Dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima, Terdapat dampak positif dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang didukung oleh media film kartun terhadap keterampilan menulis isi teks pada siswa kelas V SDN 83 Sipatana.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Agustina, H., Syahrial, A., Susilawati, S., & Gunada, I. W. (2022). Pengaruh penggunaan modul fisika berbasis problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1208-1218. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.742

Anggreni, N. K. S., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan video berbasis problem based learning materi siklus hidup hewan pada muatan IPA kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 319-328. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.33212

Asmawati, L. (2020). Peran Orangtua Dalam Penggunaan Film Animasi Islami Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 3, No. 1, pp. 216-223).

Fajrideani, W., Sumiyadi, S., & Nugroho, R. A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Storytelling Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Siswa di SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(3), 3170-3187. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4075

Fitriani, F., & Jusra, H. (2024). Penerapan model problem based learning berbantuan media pembelajaran audio visual terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(1), 167-176. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.19094

Hartata, R. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Sejarah (Peminatan). Keraton: Jurnal of History Education And Culture, 1(2).

Hindiyati, K., Wirahayu, Y. A., Astina, I. K., & Soekamto, H. (2022). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media animasi terhadap kemampuan memecahkan masalah Geografi siswa. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 2(12), 1249-1259. https://doi.org/10.17977/um063v2i12p1249-1259

Irawati, R. S., Sholikah, O. H., & Wahyuningtyas, S. E. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audiovisual pada Siswa Kelas IV. Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram, 28(1), 49-63. https://doi.org/10.31764/jua.v28i1.24433

Kotimah, E. K. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual Berupa Video Animasi Berbasis Powtoon Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan, 2(1), 1-18. https://doi.org/10.69688/jpip.v2i1.55

Manurung, S. N., Saragih, E. L., & Gusar, M. R. S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi Inshot Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Fase D SMP Negeri 14 Medan. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(2), 381-389. https://doi.org/10.37081/ed.v12i2.5914

Nastiti, D. P. P., Cholifah, P. S., & Umayaroh, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN pada Materi Kegiatan Ekonomi. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(10), 961-973. https://doi.org/10.17977/um065v2i102022p961-973

Nastiti, D. P. P., Cholifah, P. S., & Umayaroh, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN pada Materi Kegiatan Ekonomi. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(10), 961-973. https://doi.org/10.17977/um065v2i102022p961-973

Nofriyadi, R., Pratiwi, I. A., & Setiawan, D. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 9(2), 161-167. https://doi.org/10.22460/p2m.v9i2.2980

Saiful, S., Haslinda, H., & Rosmini, R. (2024). Pengaruh Penerapan Model pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Motivasi dan Keterampilan Menulis Teks Pidato Siswa Kelas VIII SMP Tri Dharma Makassar. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(3), 277-286. https://doi.org/10.53769/deiktis.v4i3.840

Sanusi, W., Kusnendar, J., & Azmi, N. N. (2024). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif Cisco IT Essentials Virtual Dekstop untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), 7(1), 37-46. http://dx.doi.org/10.21927/ijubi.v7i1.4269

Sanusi, W., Kusnendar, J., & Azmi, N. N. (2024). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif Cisco IT Essentials Virtual Dekstop untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), 7(1), 37-46. http://dx.doi.org/10.21927/ijubi.v7i1.4269

Sari, W. A., & Afnita, A. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Junjung Sirih. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 15442-15453. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8826

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kalitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.

Suleman, M., Ismail, Y., Machmud, T., & Majid, M. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model PBL dengan Berbantuan Multimedia Interaktif pada Materi Luas dan Volume Kubus dan Balok. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4960-4974. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.917

Wahyuni, S., Ningsih, K., & Titin, T. (2021). Kelayakan media video berbasis problem based learning pada materi sistem pernapasan di kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 10(2), 119-132. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.2488

Zahara, S. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas XI SMK Swasta Jambi Medan. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(1), 95-100. https://doi.org/10.57251/sin.v2i1.244

Published
07-09-2024
How to Cite
Taru, M. E. M., Pahrun, R., & Haldun, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantu Media Film Kartun Terhadap Kemampuan Menulis Isi Teks Pada Siswa Kelas V SDN 83 Sipatana. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 253-263. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4413