Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantu Media Film Kartun Terhadap Kemampuan Menulis Isi Teks Pada Siswa Kelas V SDN 83 Sipatana
Abstract
Urgensi dari penelitian ini terletak pada pentingnya meningkatkan kemampuan menulis siswa, khususnya dalam menyusun isi teks, yang merupakan keterampilan dasar dalam literasi. Di sekolah dasar, banyak siswa menghadapi kesulitan dalam mengekspresikan gagasan secara tertulis dengan baik, termasuk dalam mengorganisasikan dan mengembangkan isi teks. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning berbantu media film kartun terhadap kemampuan menulis isi teks pada siswa kelas V SDN 83 Sipatana. Desain penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperiment Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group. Banyaknya popuulasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 83 Sipatan yang terdiri dari 2 kelas masing-masing berjumlah 23 orang dengan total keseluruhan yaitu 46 orang. Variabel bebas penelitian ini adalah model problem based learning berbentu media film kartun dan variabel terikat adalah kemampuan menulis. Pengujian hipoteses penelitian ini menggunakan uji independent sample test. Hasil perhitungan IBM SPSS Statistics 26 diperoleh dengan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,027 < 0,05 dan diperoleh nilai thitung 2,281 > ttabel 2,0105. Dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima, Terdapat dampak positif dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang didukung oleh media film kartun terhadap keterampilan menulis isi teks pada siswa kelas V SDN 83 Sipatana.
Downloads
Metrics
References
Agustina, H., Syahrial, A., Susilawati, S., & Gunada, I. W. (2022). Pengaruh penggunaan modul fisika berbasis problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1208-1218. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.742
Anggreni, N. K. S., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan video berbasis problem based learning materi siklus hidup hewan pada muatan IPA kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 319-328. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.33212
Asmawati, L. (2020). Peran Orangtua Dalam Penggunaan Film Animasi Islami Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 3, No. 1, pp. 216-223).
Fajrideani, W., Sumiyadi, S., & Nugroho, R. A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Storytelling Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Siswa di SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(3), 3170-3187. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4075
Fitriani, F., & Jusra, H. (2024). Penerapan model problem based learning berbantuan media pembelajaran audio visual terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(1), 167-176. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.19094
Hartata, R. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Sejarah (Peminatan). Keraton: Jurnal of History Education And Culture, 1(2).
Hindiyati, K., Wirahayu, Y. A., Astina, I. K., & Soekamto, H. (2022). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media animasi terhadap kemampuan memecahkan masalah Geografi siswa. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 2(12), 1249-1259. https://doi.org/10.17977/um063v2i12p1249-1259
Irawati, R. S., Sholikah, O. H., & Wahyuningtyas, S. E. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audiovisual pada Siswa Kelas IV. Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram, 28(1), 49-63. https://doi.org/10.31764/jua.v28i1.24433
Kotimah, E. K. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual Berupa Video Animasi Berbasis Powtoon Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan, 2(1), 1-18. https://doi.org/10.69688/jpip.v2i1.55
Manurung, S. N., Saragih, E. L., & Gusar, M. R. S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi Inshot Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Fase D SMP Negeri 14 Medan. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(2), 381-389. https://doi.org/10.37081/ed.v12i2.5914
Nastiti, D. P. P., Cholifah, P. S., & Umayaroh, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN pada Materi Kegiatan Ekonomi. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(10), 961-973. https://doi.org/10.17977/um065v2i102022p961-973
Nastiti, D. P. P., Cholifah, P. S., & Umayaroh, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN pada Materi Kegiatan Ekonomi. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(10), 961-973. https://doi.org/10.17977/um065v2i102022p961-973
Nofriyadi, R., Pratiwi, I. A., & Setiawan, D. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 9(2), 161-167. https://doi.org/10.22460/p2m.v9i2.2980
Saiful, S., Haslinda, H., & Rosmini, R. (2024). Pengaruh Penerapan Model pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Motivasi dan Keterampilan Menulis Teks Pidato Siswa Kelas VIII SMP Tri Dharma Makassar. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(3), 277-286. https://doi.org/10.53769/deiktis.v4i3.840
Sanusi, W., Kusnendar, J., & Azmi, N. N. (2024). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif Cisco IT Essentials Virtual Dekstop untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), 7(1), 37-46. http://dx.doi.org/10.21927/ijubi.v7i1.4269
Sanusi, W., Kusnendar, J., & Azmi, N. N. (2024). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif Cisco IT Essentials Virtual Dekstop untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), 7(1), 37-46. http://dx.doi.org/10.21927/ijubi.v7i1.4269
Sari, W. A., & Afnita, A. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Junjung Sirih. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 15442-15453. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8826
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kalitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.
Suleman, M., Ismail, Y., Machmud, T., & Majid, M. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model PBL dengan Berbantuan Multimedia Interaktif pada Materi Luas dan Volume Kubus dan Balok. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4960-4974. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.917
Wahyuni, S., Ningsih, K., & Titin, T. (2021). Kelayakan media video berbasis problem based learning pada materi sistem pernapasan di kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 10(2), 119-132. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.2488
Zahara, S. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas XI SMK Swasta Jambi Medan. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(1), 95-100. https://doi.org/10.57251/sin.v2i1.244
Copyright (c) 2024 Mirna Eka MP Taru, Ratnarti Pahrun, Salma Haldun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.