Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar

  • Hisbullah Hisbullah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo
  • Firman Firman Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo
Keywords: hasil belajar IPA, snowball throwing, model pembelajaran

Abstract

Penerapan model pembelajaran snowball throwing dapat memberikan hasil yang baik dengan meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Aktivitas belajar yang dilakukan siswa setelah menerapkan pembelajaran snowball throwing mengalami peningkatan secara signifikan dengan menunjukkan adanya perubahan dari cara belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan data yang diperoleh pada siklus I yaitu ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal berada pada kategori rendah, serta kerjasama siswa dalam kelompok belum maksimal, ini dikarenakan siswa belum terbiasa melakukan kegiatan secara berkelompok. Sedangkan terjadi peningkatan pada siklus II yaitu ketuntasan belajar siswa berada pada kategori sangat tinggi, serta kerjasama dalam kelompok sudah terlihat maksimal, ini dikarenakan siswa mulai terbiasa dalam bekerja secara kelompok. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam di SD.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Baharuddin, M. R., & Anas, A. (2016). Pengaruh penerapan pendekatan problem solving terhadap kemampuan menyelesaikan soal literasi matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).

Depdiknas. (2006). KTSP; Mata Pelajaran IPA Untuk Tingkat SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati, Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hisbullah. Nurhayati, Selvi. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar, Makassar: Aksara Timur.

Iskandar, (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Cipayung-Ciputat, Bandung: Gaung Persada (GP) Press.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2001). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional/Balai Pustaka.

Mirnawati, M., & Firman, F. (2019). Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 2(2), 165-177.

Mohib, A. (2010). Penggunaan Model Belajar Snowball Throwing dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Riyanto, Yatim. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Propesionalisme Guru). Jakarta: Rajawali Pers.

Sardiman. (2009). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, Syaiful. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.

Suprijono, Agus. (2009). Pembelajaran Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Susilo, M. Joko. (2006). Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta: Pinus.

Taniredja, Tukiran dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2009). Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Undang-Undang SISDIKNAS. (2009). Sistem Pendidikan Nasional & Peraturan Pemerintah. Bandung: Rhusty Publisher.

Published
30-11-2019
How to Cite
Hisbullah, H., & Firman, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 100 - 113. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.231