Studi Literatur: Analisis Media Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Meningkatkan literasi siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara. Di antaranya adalah penggunaan media pembelajaran sains. Artikel ini mencoba membahas materi pembelajaran IPA yang digunakan untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar. Artikel semacam ini merupakan tinjauan pustaka yang menggunakan teknik analisis isi. Jurnal ini menggunakan Systematic Literature Review with Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analysis (PRISMA) pendekatan penulisan. Kriteria jurnal yang digunakan untuk penelitian ini antara lain: a) media diskusi pembelajaran; b) literasi sains; dan c) penerapan media pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains di sekolah dasar. Pendekatan PRISMA dilaksanakan melalui serangkaian langkah, termasuk identifikasi, penyaringan, dan seleksi publikasi. Hasil penelitian atau kajian tersebut menunjukkan bahwa aksesibilitas media pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan literasi sains, khususnya di sekolah dasar. Media Animasi Video, Media TIK, Media Audio Visual, Media Linktree, Buku Pop Up, Media Apollo dan Komet, Media Pagar Udara, Media Pembelajaran Menggunakan Software Ispring Suite 9, Buku Digital, dan Circuit Media Know Me adalah contoh pembelajaran tingkat tinggi media yang dapat meningkatkan literasi sains.
Downloads
Metrics
References
Agustina, M. (2018). Peran Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dalam Pembelajaran IPA Madrasah Ibtidaiyah (MI) / Sekolah Dasar (SD). At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, Mi, 1–10. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/110
Amrullah, A. R., Suryanti, S., & Suprapto, N. (2022). The development of kinemaster animation video as a media to improve science literacy in elementary schools. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 151-161. https://orcid.org/0000-0003-0341-2716
Andika, I. P. W., & Yudiana, K. (2022). Aktivitas pembelajaran berbantuan media Linktree meningkatkan literasi sains dan kemampuan metakognitif pada materi macam-macam gaya muatan IPA kelas IV. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.47635
Atikasari, Y., & Desstya, A. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Literasi Sains Materi Sistem Pencernaan Manusia bagi Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6638-6645. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3336
Azimi, A., Rusilowati, A., & Sulhadi, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Sains untuk Siswa Sekolah Dasar. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 145-157. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.754
Azizah, N., Suryanti, S., & Suprapto, N. (2022). Apollo and Comet Media Design to Practice Science Literacy for Elementary School Students. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2019-2030. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.2146
Colebrook, C. (2017). What is this thing called education?. Qualitative Inquiry, 23(9), 649-655.https://doi.org/10.1177/1077800417725357
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.
Erayani, L. G. N., & Jampel, I. N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif Siswa Pada Tematik Kelas V melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Prezi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48525
Fadilah, M., Permanasari, A., Riandi, R., & Maryani, E. (2020). Analisis karakteristik kemampuan literasi sains konteks bencana gempa bumi mahasiswa pendidikan IPA pada domain pengetahuan prosedural dan epistemik. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 4(1), 103-119. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.16651
Fauzan, M., & Fara, E. W. (2020). Desain Pengembangan Media Digital Untuk Mengenalkan Angka Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6(6), 337-351.
Fazilla, S. (2016). Kemampuan literasi sains mahasiswa Pgsd pada mata kuliah konsep dasar sains. JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar), 3(2).
Fauziah, S. R., Sutisnawati, A., Nurmeta, I. K., & Hilma, A. (2022). Pengaruh metode eksperimen berbantuan media kit ipa terhadap kemampuan literasi sains dan karakter rasa ingin tahu siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 457-467.https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2283
Febrianti, F. A. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 102-115. https://doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5354
Febriyanti, D. F., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Menggunakan Software Ispring Suite 9 pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(4), 6620–6629. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3323
Fitriyah, L., & Putra, D. A. (2022). Implementation of Flora and Fauna-Based Smart Word Learning Media to Empower Elementary School Students' Motivation and Science Literacy. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 11(2), 123-136. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v11i2.1500
Handayani, T. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 737–756. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.343
Hidayanti, I., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Siswa SD Kelas Tinggi. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 4(3), 539-546.
Imawati, Supardi, Z. A. I., & Azizah, U. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran pada Materi Sistem Organ Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. 6(5), 8923–8935. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3974
Insani, M. D. (2016). Studi Pendahuluan Identifikasi Kesulitan dalam Pembelajaran pada Guru IPA SMP Se-Kota Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 81–93.
Kelana, J. B. (2018). the Effect of the Learning Media and the Ability To Think Creative of To the Ability To Science Literacy Student of Elementary School. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 2(2), 79. https://doi.org/10.22460/pej.v2i2.1008
Mey Prihandani Wulandari. (2016). Keefektifan Penggunaan Media Video Animasi IPA SD Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Matematika, 1(2), 263–278.
Mintarih, P. W. (2019). Analisis Pembelajaran SMK Berbasis Pondok Pesantren: Studi Kasus Di Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang Kabupaten Jepara Jawa Tengah.
Niswatuzzahro, V., Fakhriyah, F., & Rahayu, R. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 273–284. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p273-284
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Nurwidiyanti, A., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Literasi Sains pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6949–6959. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3421
OECD. (2016). pisa worldwide ranking of math science reading skills 2016. http://www.businessinsider.co.id/pisa-worldwide-ranking-of-math-science-reading-skills-2016-12
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a
Rahayuni, G. (2022). Pengembangan Media Pembelajaan Tema Indahnya Kebersamaan Untuk Membangun Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(1), 131–141. http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/268/237
Sari, L. N. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Berbasis Virtual Bernuansa Adat Lampung Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.
Setyaningtyas, R. F., Sarwanto, S., & Prayitno, B. A. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Guided Discovery Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Fkip E-Proceeding, 3(1), 328-334.
Syofyan, H., & Amir, T. L. (2019). Penerapan literasi sains dalam pembelajaran IPA untuk calon guru SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 35-43. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i2.13203
Suryanti, S., Widodo, W., & Yermiandhoko, Y. (2021). Gadget-Based Interactive Multimedia on Socio-Scientific Issues to Improve Elementary Students’ Scientific Literacy. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(1), 56–69. https://doi.org/10.3991/IJIM.V15I01.13675
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Triasmoro, R. D. (2022). Penggunaan Media Sirkuit Kenali Aku Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains di Masa Pandemi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2363–2369. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2455
Twiningsih, A. (2022). Penggunaan Media Si Pagar Air Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains di Masa Pandemi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2267–2274. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2454
Vania, A., Baskoro Suryo Banindro, & Yulianto, Y. H. (2019). Perancangan Buku Dongeng Upaya Pengenalan Terumbu Karang. Jurnal DKV Adiwarna, 1(14), 9.
Wahyu, Y., Suastra, I. W., Sadia, I. W., & Suarni, N. K. (2020). The effectiveness of mobile augmented reality assisted STEM-based learning on scientific literacy and students’ achievement. International Journal of Instruction, 13(3), 343–356. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13324a
Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614
Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, 126.
Copyright (c) 2023 Eko Rahmad Juniawan, Vira Hanisa Salsabila, Agung Tri Prasetya , Wara Dyah Pita Rengga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.