Studi Literatur: Analisis Media Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar

  • Eko Rahmad Juniawan Universitas Negeri Semarang
  • Vira Hanisa Salsabila Universitas Negeri Semarang
  • Agung Tri Prasetya Universitas Negeri Semarang
  • Wara Dyah Pita Rengga Universitas Negeri Semarang
Keywords: Media Pembelajaran, IPA, Literasi Sains, Sekolah Dasar, Study Literatur

Abstract

Meningkatkan literasi siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara. Di antaranya adalah penggunaan media pembelajaran sains. Artikel ini mencoba membahas materi pembelajaran IPA yang digunakan untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar. Artikel semacam ini merupakan tinjauan pustaka yang menggunakan teknik analisis isi. Jurnal ini menggunakan Systematic Literature Review with Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analysis (PRISMA) pendekatan penulisan. Kriteria jurnal yang digunakan untuk penelitian ini antara lain: a) media diskusi pembelajaran; b) literasi sains; dan c) penerapan media pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains di sekolah dasar. Pendekatan PRISMA dilaksanakan melalui serangkaian langkah, termasuk identifikasi, penyaringan, dan seleksi publikasi. Hasil penelitian atau kajian tersebut menunjukkan bahwa aksesibilitas media pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan literasi sains, khususnya di sekolah dasar. Media Animasi Video, Media TIK, Media Audio Visual, Media Linktree, Buku Pop Up, Media Apollo dan Komet, Media Pagar Udara, Media Pembelajaran Menggunakan Software Ispring Suite 9, Buku Digital, dan Circuit Media Know Me adalah contoh pembelajaran tingkat tinggi media yang dapat meningkatkan literasi sains.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Agustina, M. (2018). Peran Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dalam Pembelajaran IPA Madrasah Ibtidaiyah (MI) / Sekolah Dasar (SD). At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, Mi, 1–10. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/110

Amrullah, A. R., Suryanti, S., & Suprapto, N. (2022). The development of kinemaster animation video as a media to improve science literacy in elementary schools. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 151-161. https://orcid.org/0000-0003-0341-2716

Andika, I. P. W., & Yudiana, K. (2022). Aktivitas pembelajaran berbantuan media Linktree meningkatkan literasi sains dan kemampuan metakognitif pada materi macam-macam gaya muatan IPA kelas IV. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.47635

Atikasari, Y., & Desstya, A. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Literasi Sains Materi Sistem Pencernaan Manusia bagi Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6638-6645. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3336

Azimi, A., Rusilowati, A., & Sulhadi, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Sains untuk Siswa Sekolah Dasar. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 145-157. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.754

Azizah, N., Suryanti, S., & Suprapto, N. (2022). Apollo and Comet Media Design to Practice Science Literacy for Elementary School Students. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2019-2030. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.2146

Colebrook, C. (2017). What is this thing called education?. Qualitative Inquiry, 23(9), 649-655.https://doi.org/10.1177/1077800417725357

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Erayani, L. G. N., & Jampel, I. N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif Siswa Pada Tematik Kelas V melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Prezi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48525

Fadilah, M., Permanasari, A., Riandi, R., & Maryani, E. (2020). Analisis karakteristik kemampuan literasi sains konteks bencana gempa bumi mahasiswa pendidikan IPA pada domain pengetahuan prosedural dan epistemik. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 4(1), 103-119. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.16651

Fauzan, M., & Fara, E. W. (2020). Desain Pengembangan Media Digital Untuk Mengenalkan Angka Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6(6), 337-351.

Fazilla, S. (2016). Kemampuan literasi sains mahasiswa Pgsd pada mata kuliah konsep dasar sains. JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar), 3(2).

Fauziah, S. R., Sutisnawati, A., Nurmeta, I. K., & Hilma, A. (2022). Pengaruh metode eksperimen berbantuan media kit ipa terhadap kemampuan literasi sains dan karakter rasa ingin tahu siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 457-467.https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2283

Febrianti, F. A. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 102-115. https://doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5354

Febriyanti, D. F., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Menggunakan Software Ispring Suite 9 pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(4), 6620–6629. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3323

Fitriyah, L., & Putra, D. A. (2022). Implementation of Flora and Fauna-Based Smart Word Learning Media to Empower Elementary School Students' Motivation and Science Literacy. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 11(2), 123-136. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v11i2.1500

Handayani, T. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 737–756. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.343

Hidayanti, I., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Siswa SD Kelas Tinggi. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 4(3), 539-546.

Imawati, Supardi, Z. A. I., & Azizah, U. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran pada Materi Sistem Organ Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. 6(5), 8923–8935. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3974

Insani, M. D. (2016). Studi Pendahuluan Identifikasi Kesulitan dalam Pembelajaran pada Guru IPA SMP Se-Kota Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 81–93.

Kelana, J. B. (2018). the Effect of the Learning Media and the Ability To Think Creative of To the Ability To Science Literacy Student of Elementary School. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 2(2), 79. https://doi.org/10.22460/pej.v2i2.1008

Mey Prihandani Wulandari. (2016). Keefektifan Penggunaan Media Video Animasi IPA SD Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Matematika, 1(2), 263–278.

Mintarih, P. W. (2019). Analisis Pembelajaran SMK Berbasis Pondok Pesantren: Studi Kasus Di Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang Kabupaten Jepara Jawa Tengah.

Niswatuzzahro, V., Fakhriyah, F., & Rahayu, R. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 273–284. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p273-284

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Nurwidiyanti, A., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Literasi Sains pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6949–6959. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3421

OECD. (2016). pisa worldwide ranking of math science reading skills 2016. http://www.businessinsider.co.id/pisa-worldwide-ranking-of-math-science-reading-skills-2016-12

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Rahayuni, G. (2022). Pengembangan Media Pembelajaan Tema Indahnya Kebersamaan Untuk Membangun Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(1), 131–141. http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/268/237

Sari, L. N. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Berbasis Virtual Bernuansa Adat Lampung Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.

Setyaningtyas, R. F., Sarwanto, S., & Prayitno, B. A. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Guided Discovery Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Fkip E-Proceeding, 3(1), 328-334.

Syofyan, H., & Amir, T. L. (2019). Penerapan literasi sains dalam pembelajaran IPA untuk calon guru SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 35-43. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i2.13203

Suryanti, S., Widodo, W., & Yermiandhoko, Y. (2021). Gadget-Based Interactive Multimedia on Socio-Scientific Issues to Improve Elementary Students’ Scientific Literacy. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(1), 56–69. https://doi.org/10.3991/IJIM.V15I01.13675

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Triasmoro, R. D. (2022). Penggunaan Media Sirkuit Kenali Aku Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains di Masa Pandemi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2363–2369. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2455

Twiningsih, A. (2022). Penggunaan Media Si Pagar Air Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains di Masa Pandemi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2267–2274. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2454

Vania, A., Baskoro Suryo Banindro, & Yulianto, Y. H. (2019). Perancangan Buku Dongeng Upaya Pengenalan Terumbu Karang. Jurnal DKV Adiwarna, 1(14), 9.

Wahyu, Y., Suastra, I. W., Sadia, I. W., & Suarni, N. K. (2020). The effectiveness of mobile augmented reality assisted STEM-based learning on scientific literacy and students’ achievement. International Journal of Instruction, 13(3), 343–356. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13324a

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614

Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, 126.

Published
31-10-2023
How to Cite
Juniawan, E. R., Salsabila , V. H., Prasetya , A. T., & Rengga, W. D. P. (2023). Studi Literatur: Analisis Media Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar . Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(2), 82-94. https://doi.org/10.30605/cjpe.622023.2608