Penggunaan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Cita-Citaku Siswa Kelas IV SDN 158 Watallipu

  • Erni Erni Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Hasil belajar, Media Up Book, Tema Cita-Citaku

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada tema 6 cita-citaku subtema 1 aku dan cita-citaku dengan menggunakan media pop up book. Subjek penelitian siswa kelas 4 SDN 158 Watallipu yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hanya 50% siswa yang mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan. Siklus II meningkat menjadi 90% siswa berhasil mencapai nilai KKM. Hasil tersebut membuktikan bahwa dengan penggunaan media pop up book dapat meningkatkan hasil belajar tema 6 cita-citaku siswa kelas Iv sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bluemel & Taylor. 2012. Pop-up Books A Guide For Teachers and Librarians. California: ABC-CLJO, LLC.

Dzuanda. 2011. Design Pop-Up Child Book Puppet Figures Series. Gatotkaca. Jurnal Library ITS Undergraduate, (Online), (http:// library.its.undergraduate.ac.id).

Hardianto, H., & Baharuddin, M. R. (2019). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 27-33.

Hidayah, A. N. (2016). Pengembangan Buku Pop-up bagi Anak Usia Sekolah Dasar di Rumah Belajar Indonesia Bangkit (RBIB) Jogja”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 38(5): 3614-3622.

Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui PKM Lesson Study. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 122-129.

Karitas, D, P dkk. (2017). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013: Tema 6 Cita-Citaku. Jakarta. Balitbang Kemendikbud.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Rosdakarya.

Nazaruddin, A, M. dan Efendi, M. (2018). The Book of Pop Up Augmented Reality to Increase Focus and Object Recognition Capabilities for Children with Autism. Jurnal. Portal Jurnal Elektronik UM: UB-UM.

Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabe.

Published
26-10-2021
How to Cite
Erni, E. (2021). Penggunaan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Cita-Citaku Siswa Kelas IV SDN 158 Watallipu. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(2), 111-116. https://doi.org/10.30605/cjpe.422021.628