EFEKTIVITAS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DITINJAU DARI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7251

Authors

  • Sri Megaria Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Ma’rufi Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Syamsu Alam Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

realistic mathematics education, literasi matematis, hasil belajar, efektivitas

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain one pretest-posttes. Populasi penelitian adalah siswa SD Negeri 206 Limbong Wara. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 206 Limbong Wara. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan meliputi tes literasi matematis, tes hasil belajar, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data dianalisis secara deskriptif dan infrensial untuk melihat peningkatan kemampuan literasi matematika dan hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan RME (1) meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa dari rata-rata 31,3 meningkat menjadi 74,9 (2) hasil belajar matematika siswa meningkat dari rata-rata 42,4 menjadi 75,5 (3) secara signifikan rata-rata gain kemampuan literasi matematika lebih tinggi dari 0,30 dan rata-rata kemampuan literasi matematika melebihi 65 (4) secara signifikan rata-rata gain hasil belajar matematika lebih tinggi dari 0,30 dan rata-rata hasil belajar matematika melebihi 65. Secara umum penerapan pendekatan RME lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis dan hasil belajar matematika siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan RME dapat menjadi alternatif yang relevan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y., dkk. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara

Aisyah, N., dkk. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Ayunis, A., & Belia, S. (2021). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Perkembangan Literasi Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5363–5369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1508

Barnes, H. (2005). The theory of Realistic Mathematics Education as a theoretical framework for teaching low attainers in mathematics. Pythagoras, 2005(61), 42–57.

Freudenthal, H. (1991). Revisiting Mathematics Education: China Lectures. Springer.

Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: CD-β Press.

Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute.

Gravemeijer, K., & Doorman, M. (1999). Context problems in realistic mathematics education: A calculus course as an example. Educational Studies in Mathematics, 39(1-3), 111-129. https://doi.org/10.1023/A:1003749919816

Hidayat, W., & Saragih, S. (2019). Improving Students’ Mathematical Literacy Ability through Realistic Mathematics Education. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 243–252. https://doi.org/10.29333/iejme/5715

Isnaintri, A., Sulistyaningsih, E., & Anggraini, L. (2024). Meta-analisis pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap hasil belajar matematika siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 13(1), 45–56. https://journal.unnes.ac.id/journals/ujme/article/view/2329

Jamilah, R., Putri, R. I. I., & Zulkardi. (2023). The Influence of Realistic Mathematics Education on Students' Mathematical Concept Understanding. Journal on Mathematics Education, 14(1), 75–90. https://doi.org/10.22342/jme.v14i1.16632

Maulyda, M., & Mudrikah, A. (2023). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 56–67. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/7566

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264190511-en

Prajitno, H., Mustika, R., & Azmi, N. (2023). The effect of Realistic Mathematics Education approach on students’ mathematics achievement based on emotional intelligence. International Journal of Multidisciplinary and Current Research (IJMCR), 11(1), 33–39. https://ijmcr.in/index.php/ijmcr/article/view/556

Putri, R. I. I., & Zulkardi. (2014). Designing Mathematics Learning Activities on Division for Fifth Graders Based on Realistic Mathematics Education. IndoMS Journal on Mathematics Education, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.22342/jme.5.1.1441.1-16

Putri, R. I. I., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2023). Effectiveness of Realistic Mathematics Education Approach in Improving Mathematical Problem-Solving Skills of Elementary School Students. Journal of Mathematics Education, 14(1), 112–126. https://doi.org/10.22342/jme.v14i1.16632

Rahma, S. (2024). Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Payakumbuh. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/16059

Rahmawati, D., Sari, R. M., & Zulkardi. (2022). Reducing Learning Achievement Gaps Through Realistic Mathematics Education (RME): An Experimental Study. Journal on Mathematics Education, 13(2), 245–258.

Rangkuti, R. A., Ardi, Z., & Amelia, D. (2023). Penerapan pendekatan RME untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar. Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 6(2), 118–127. https://ejournal.uinmybatusangkar.ac.id/ojs/index.php/takdib/article/view/12933

Setyawan, Y. R., & Wijaya, A. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Pedagogi Matematika, 8(2). https://journal.student.uny.ac.id/jpm/article/view/18694

Setyawan, Y. R., & Wijaya, A. (2022). Pengaruh pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan Geogebra terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Jurnal Pedagogi Matematika, 8(2), 123–135. https://doi.org/10.21831/jpm.v8i2.18694

Suherman, H., dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zaki, A., Zulkarnain, I., & Hidayanto, T. (2024). Efektivitas Pendekatan RME Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VII. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1097-1108.

Zulkardi, & Putri, R. I. I. (2010). Pengembangan kemampuan literasi matematika siswa Indonesia melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–18.

Downloads

Published

2025-10-30

How to Cite

Megaria, S., Ma’rufi, M., & Alam, S. (2025). EFEKTIVITAS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DITINJAU DARI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1595–1611. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7251

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>