PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI BERBASIS GEOGEBRA DENGAN MODEL PENGEMBANGAN ADDIE

  • Syamsu Alam Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Patmaniar Patmaniar Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Garis Singgung Lingkaran, ADDIE

Abstract

Penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan uji coba terbatas dengan tujuan  mengembangkan media pembelajaran mtematika pada materi garis singgung lingkaran. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 8 Palopo dengan jumlah siswa 31 orang. Pertemuan di kelas dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Prosedur Pengembangan media pembelajaran matematika yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu tahap analisis (Analysis), tahap desain (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi (Evaluation), namun untuk penyebaran dalam penelitain ini belum bisa dilakukan karena penelitian ini hanya uji coba terbatas. Media pembelajaran matematika dengan menggunakan geogebra setelah dikembangkan, di validasi dan diujicobakan serta revisi sehingga dihasilkan media yang layak digunakan. Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penilitian ini dinyatakan valid, berdasarkan skor persentase kelayakan oleh ahli media yaitu 3,5 berada pada kategori sangat valid, karena 3 ≤ M ≤ 4 sehingga media pembelajaran dikatakan sangat valid dan oleh ahli materi yaitu 2,8 dengan kategori cukup valid, karena 3 ≤ M ≤ 4 sehingga media pembelajaran dikatakan cukup valid. Lembar observasi Keterlaksanaan pembelajaran, respon guru dan siswa terdahap media yang dikembangkan tersebut merespon positif, hal ini dilihat dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran persentase yaitu 84,17% berada pada kategori sangat praktis, presentase respon siswa yaitu 83,73% berada pada kategori sangat praktis, dan presentase guru sebesar yaitu 84,00% berada pada kategori sangat praktis. Media pembelajaran matematika yang dikembangkan ini telah memenuhi kriteria efektif berdasarkan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 81,51% berada pada kategori sangat valid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar. (2013). Instrument Perangkat Pembelajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, N. (2016). Model Pembelajaran Menumbuh Kembangkan Kemampuan Metakognitif. Makassar:Pustaka Refleksi.

BSNP. (2010). Pradigma Pendidikan Nasional Abad XXI.
Dick, W., Carey, L. & Carey, J.O. (1996). The Systematic Design of Instruction. Florida.
Fowler, W. H. (2010). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika . Jurnal : Universitas Pendidikan.
Gerlach & Ely. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Mengefektifkan Proses Belajar Anak Usia Raudhatul Athfal :. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini , 1(1), 81-96.
Gustafson, Kent L & Robert Maribe Branch. (2002). Survey Of Instructional Development Models.New York Syracus University.
Sumarmo. (2004). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Universitas Pendidikan.Jurnal Repository.Upi.Edu.
Suyitno. (2016). Pengembangan Media Interaktif Pengukuran Teknik Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP.Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan Volume 23(1), 101-109.
Published
04-12-2023
How to Cite
Alam, S., & Patmaniar, P. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI BERBASIS GEOGEBRA DENGAN MODEL PENGEMBANGAN ADDIE. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 473-490. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3152