KEMAMPUAN BERPIKIR VISUAL MAHASISWA CALON GURU DALAM PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI

  • Ahmad Yogi Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Ma’rufi Ma’rufi Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Nurdin Nurdin STKIP Muhammadiyah Enrekang
Keywords: Berpikir visual, geometri, lingkaran, pemecahan masalah

Abstract

Berpikir visual sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah matematika utamanya masalah geometri. Menggunakan berpikir visual dalam menyelesaikan masalah geometri akan membantu individu dalam memahami,menyederhanakan, dan melihat kaitan antar informasi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan berpikir visual mahasiswa calon guru dalam pemecahan masalah lingkaran. Penelitian ini di laksanakan pada bulan 29 Maret – 27 April tahun ajaran 2020/2021 di Program Studi Pendidikan matematika FKIP UNCP. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika angkatan 2017 yang terdiri 1 mahasiswa laki-laki dan 1 mahasiswa perempuan. Penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian ini yaitu instrumen utama (peneliti) dan instrumen pendukung (tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara). Data penelitian diperoleh dari hasil tes dan wawancara. Data yang diperoleh dilakukan pemeriksaan keabshan data dengan teknik triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teknik analisis data model Miles dan Huberman yaitu menelaah data, reduksi data, penyajian data, dan menafsirkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mahasiswa laki-laki dan perempuan mampu melakukan proses berpikir visual dengan sangat baik dalam menyelesaikan masalah geometri pada materi lingkaran, mahasiswa mampu menyelesaikan masalah dengan interaksi indikator berpikir visual  yaitu melihat, mengenali, membayangkan serta memperlihatkan dan menyampaikan. Perbedaan kemampuan berpikir visual antara laki-laki dan perempuan terletak pada proses melihat dam mengenali saat membuat rencana penyelesaian, di mana masiswa laki-laki lebih mampu mengolah gambar dengan baik dibandingkan mahasiswa perempuan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
30-11-2021
How to Cite
Yogi, A., Ma’rufi, M., & Nurdin, N. (2021). KEMAMPUAN BERPIKIR VISUAL MAHASISWA CALON GURU DALAM PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 128-138. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i2.1624

Most read articles by the same author(s)