KEMAMPUAN BERPIKIR VISUAL MAHASISWA CALON GURU DALAM PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI
Abstract
Berpikir visual sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah matematika utamanya masalah geometri. Menggunakan berpikir visual dalam menyelesaikan masalah geometri akan membantu individu dalam memahami,menyederhanakan, dan melihat kaitan antar informasi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan berpikir visual mahasiswa calon guru dalam pemecahan masalah lingkaran. Penelitian ini di laksanakan pada bulan 29 Maret – 27 April tahun ajaran 2020/2021 di Program Studi Pendidikan matematika FKIP UNCP. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika angkatan 2017 yang terdiri 1 mahasiswa laki-laki dan 1 mahasiswa perempuan. Penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian ini yaitu instrumen utama (peneliti) dan instrumen pendukung (tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara). Data penelitian diperoleh dari hasil tes dan wawancara. Data yang diperoleh dilakukan pemeriksaan keabshan data dengan teknik triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teknik analisis data model Miles dan Huberman yaitu menelaah data, reduksi data, penyajian data, dan menafsirkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mahasiswa laki-laki dan perempuan mampu melakukan proses berpikir visual dengan sangat baik dalam menyelesaikan masalah geometri pada materi lingkaran, mahasiswa mampu menyelesaikan masalah dengan interaksi indikator berpikir visual yaitu melihat, mengenali, membayangkan serta memperlihatkan dan menyampaikan. Perbedaan kemampuan berpikir visual antara laki-laki dan perempuan terletak pada proses melihat dam mengenali saat membuat rencana penyelesaian, di mana masiswa laki-laki lebih mampu mengolah gambar dengan baik dibandingkan mahasiswa perempuan.
Downloads
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.