PENGARUH KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS, KECERDASAN VISUAL-SPASIAL, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
Keywords:
kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual-spasial, motivasi belajar, kemampuan pemecahan masalahAbstract
Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan tujuan untuk mengetahui mendeskripsikan 1) kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual-spasial, motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masakah, 2) pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah, 3) pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah, 4) pengaruh motivasi terhadap kemampuan pemecahan masalah, 5) pengaruh kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual-spasial, dan motivasi belajar secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa UPT SD se-Kecematan Seko dan sampel penelitian ini sebanyak 93 siswa. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional stratified random sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kecerdasan logis-matematis berada pada kategori tinggi, kecerdasan visual-spasial berada pada kategori tinggi, motivasi belajar berada pada kategori rendah, dan kemampuan pemecahan masalah matematika berada pada kategori tinggi,2) terdapat pengaruh positif yang signifikan kecerdasan logis-matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah, 3) terdapat pengaruh positif yang signifikan kecerdasan visual-spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah, 4) terdapat pengaruh positif yang signifikan motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika, 5) terdapat pengaruh positif yang signifikan kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual-spasial, dan motivasi belajar secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditunjukkan oleh koefisien regresi R = 0,297.
Downloads
References
Alimuddin, H., & Trisnowali, A. (2015). Profil kemampuan spasial dalam menyelesaikan masalah geometri siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Pendidik Indonesia, 2(1), 316772.
Arani, H. K & Mobarakeh, S. D. (2012). Metacognitive strategies and logical/ mathematical intelligence in EFL Context: investigating possible relationships. Theory and Practice in Language Studies, 2(2), 304-313.
Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 5(2), 168-181.
Fischer, A., Greiff, S., & Funke, J. (2012). The Process of Solving Complex Problems. The Journal of Problem Solving, 4(1). https://doi.org/10.7771/1932-6246.1118
Furinghetti, F., & Morselli, F. (2009). Every unsuccessful problem solver is unsuccessful in his or her own: affective and cognitive faktors in proving. Educational Studies in Mathematics, 70, 71-90.
Handayani, N. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Subtema Manusia Dan Lingkungan (Penelitian Tindakan Kelas di kelas V SDN 184 Buah Batu Kota Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP Unpas).
Irawan, I. P. E., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2016, August). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika: pengetahuan awal, apresiasi matematika, dan kecerdasan logis matematis. In Prosiding Seminar Nasional MIPA.
Mevarech, Z. R., & Amrany, C. (2008). Immediate and delayed effects of metacognitive instruction on regulation of cognition and mathematics achievement. Metacognition and Learning, 3(2), 147-157.
Pimta, S., Tayruakham, S., & Nuangchale, P. (2009). Factors Influencing Mathematic Problem-Solving Ability of Sixth Grade Students. Journal of Social Sciences, 5(4), 381–385. https://doi.org/10.3844/jssp.2009.381.385
Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan matematis–logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1).
Susanti, V. D. (2018). Analisis kemampuan kognitif dalam pemecahan masalah berdasarkan kecerdasan logis-matematis. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 71-83.
Wai, J., Lubinski, D., & Benbow, C. P. (2009). Spatial ability for STEM domains: aligning over 50 years of cumulative psychological knowledge solidifies its importance. Journal of Educational Psychology, 101(4), 817–835.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.