PENGARUH KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS, KECERDASAN VISUAL-SPASIAL, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Authors

  • Meny Bethony Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Syamsu Alam Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Taufiq Taufiq` Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual-spasial, motivasi belajar, kemampuan pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan tujuan untuk mengetahui mendeskripsikan 1) kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual-spasial, motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masakah, 2) pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah, 3) pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah, 4) pengaruh motivasi terhadap kemampuan pemecahan masalah, 5) pengaruh kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual-spasial, dan motivasi belajar secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa UPT SD se-Kecematan Seko dan sampel penelitian ini sebanyak 93 siswa. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional stratified random sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kecerdasan logis-matematis berada pada kategori tinggi, kecerdasan visual-spasial berada pada kategori tinggi, motivasi belajar berada pada kategori rendah, dan kemampuan pemecahan masalah matematika berada pada kategori tinggi,2)  terdapat pengaruh positif yang signifikan kecerdasan logis-matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah, 3) terdapat pengaruh positif yang signifikan kecerdasan visual-spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah, 4) terdapat pengaruh positif yang signifikan motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika, 5) terdapat pengaruh positif yang signifikan kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual-spasial, dan motivasi belajar secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditunjukkan oleh koefisien regresi R = 0,297.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad, A. H. (2014). Pengaruh kecerdasan spasial dan kecerdasan matematis terhadap kemampuan menggambar teknik siswa pada mata pelajaran pembacaan dan pemahaman gambar teknik di SMK Negeri 3 Yogyakarta (Doctoral dissertation, UNY).
Alimuddin, H., & Trisnowali, A. (2015). Profil kemampuan spasial dalam menyelesaikan masalah geometri siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Pendidik Indonesia, 2(1), 316772.
Arani, H. K & Mobarakeh, S. D. (2012). Metacognitive strategies and logical/ mathematical intelligence in EFL Context: investigating possible relationships. Theory and Practice in Language Studies, 2(2), 304-313.
Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 5(2), 168-181.
Fischer, A., Greiff, S., & Funke, J. (2012). The Process of Solving Complex Problems. The Journal of Problem Solving, 4(1). https://doi.org/10.7771/1932-6246.1118
Furinghetti, F., & Morselli, F. (2009). Every unsuccessful problem solver is unsuccessful in his or her own: affective and cognitive faktors in proving. Educational Studies in Mathematics, 70, 71-90.
Handayani, N. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Subtema Manusia Dan Lingkungan (Penelitian Tindakan Kelas di kelas V SDN 184 Buah Batu Kota Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP Unpas).
Irawan, I. P. E., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2016, August). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika: pengetahuan awal, apresiasi matematika, dan kecerdasan logis matematis. In Prosiding Seminar Nasional MIPA.
Mevarech, Z. R., & Amrany, C. (2008). Immediate and delayed effects of metacognitive instruction on regulation of cognition and mathematics achievement. Metacognition and Learning, 3(2), 147-157.
Pimta, S., Tayruakham, S., & Nuangchale, P. (2009). Factors Influencing Mathematic Problem-Solving Ability of Sixth Grade Students. Journal of Social Sciences, 5(4), 381–385. https://doi.org/10.3844/jssp.2009.381.385
Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan matematis–logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1).
Susanti, V. D. (2018). Analisis kemampuan kognitif dalam pemecahan masalah berdasarkan kecerdasan logis-matematis. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 71-83.
Wai, J., Lubinski, D., & Benbow, C. P. (2009). Spatial ability for STEM domains: aligning over 50 years of cumulative psychological knowledge solidifies its importance. Journal of Educational Psychology, 101(4), 817–835.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Bethony, M. ., Alam, S. ., & Taufiq`, T. (2024). PENGARUH KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS, KECERDASAN VISUAL-SPASIAL, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 322–337. Retrieved from https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/4943

Most read articles by the same author(s)