EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP DATOK SULAIMAN PALOPO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis etnomatematika terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Datok Sulaiman Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design dengan satuan eksperimen yang dilakukan pada salah satu kelas VIII di SMP Datok Sulaiman Palopo. Penentuan satuan eksperimen dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini adalah tes pemahaman konsep, lembar aktivitas peserta didik, lembar keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis inferensial dan kriteria keefektifan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Datok Sulaiman Palopo sebelum pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis etnomatematikaberada pada kategori rendah, (2) Kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Datok Sulaiman Palopo setelah pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis etnomatematika berada pada kategori baik, (3) Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Datok Sulaiman Palopo setelah pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis etnomatematika, (4) Aktivitas peserta didik kelas VIII SMP Datok Sulaiman Palopo pada saat proses pembelajaran berada pada kategori aktif, dan (5) Respon peserta didik kelas VIII SMP Datok Sulaiman Palopo setalah pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis berada pada kategori posotif. (6) Penggunaan media pembelajaran efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik.
Downloads
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.