PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7003

Authors

  • Ayu Purnamasari Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Ma’rufi Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Patmaniar Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Syamsu Alam Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran Digital, Pecahan

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Model penelitian yang digunakan yaitu 4-D  define (pendefinisian), design (rancangan), develop (pengembangan), dan dissemination (penyebaran) Penelitian ini dilaksanakan di UPT SD Negeri 004 Kalotok Kecamatan Sabbang Selatan Kabupaten Luwu Utara. Instrumen penelitian yang diggunakan adalah wawancara dan kuisioner. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Prosedur pengembangan media pembelajaran digital matematika mengacu pada prosedur 4-D yaitu define (pendefinisian), design (rancangan), develop (pengembangan), dan dissemination (penyebaran). Media pembelajaran digital matematika yang dikembangkan divalidasi oleh dua orang validator dan dilakukan uji coba lapangan. menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Rata-rata nilai posttest lebih tinggi daripada nilai pretest. (2) Uji validitas media pembelajaran digital matematika dinyatakan layak digunakan. Selain itu, hasil uji coba lapangan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Rata-rata nilai posttest lebih tinggi daripada nilai pretest. (3) Uji keterlaksanaan penggunaan media pembelajaran digital matematika berada dalam kategori tinggi dengan tingkat kepraktisan yaitu praktis. (4) Uji keefektifan penggunaan media pembelajaran digital matematika dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan hasil dari N-gain kelas eksperimen yang berada dalam kategori medium-g atau sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akatsuka, Y. (2019). Awareness of Critical Thinking Attitudes and English Speaking Skills: The Effects of Questions Involving Higher Order Thinking. Journal of Pan-Pacific Association of Applied Linguistics, 23 (2), 59-84. https://doi.org/10.25256/PAAL.23.2.4.

Andayani, S. & Asmaranti, W. (2018). Mengapa Media Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika Penting? Perspektif Guru dan Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains 6 (2), hlm 146 – 147.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, 65–80.

Azwar, S. & Zain, T. S. (2018). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika antara Pembelajaran Multimedia iPad for Learning dan Media Pembelajaran Konvensional. Yogyakarta: Tesis S2 Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Djamas, D., Tinedi, V., & Yohandri. (2018). Development of interactive multimedia learning materials for improving critical thinking skills. International Journal of Information and Communication Technology Education, 14(4), 66–84. https://doi.org/10.4018/IJICTE.2018100105.

Egok, S. A. (2016). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 7.

GebreYohannes, H. M., Hadi Bhatti, A., & Hasan, R. (2016). Impact of multimedia in Teaching Mathematics. International Journal of Mathematics Trends and Technology, 39(1), 80–83. https://doi.org/10.14445/22315373/IJMTT- V39P510.

Hamid, A. M., Ramadhani R., Juliana M., Safitri M., Jamaludin, M. M., Simamarta J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Han, M., & Niu, S. (2019). Effect of Computer Multimedia Assisted Word Annotation on Incidental Vocabulary Acquisition of English Reading. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(13), 21–32. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i13.10705.

Handikha, I. M. D., Agung, A. A. G., & Sudatha, I. G. W. (2013). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Model Luther Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 Di SMP Negeri 1 Marga Kabupaten Tabanan. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2).

Hardman, J. (2019). Towards a Pedagogical Model Of Teaching with ICTs for Mathematics Attainment in Primary School: A Review of Studies 2008 – 2018. Heliyon 5 e01726 : Elsevier Ltd.

Ilahi, T. A. R. Sukartiningsih, W. & Subroto, W. T. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Materi Jenis-Jenis Pekerjaan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3), pp 826–835. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p826-835.

M. C. Paseleng and R. Arfiyani. 2015. “Pengimplementasian Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 5, no. 2, p. 131, 2015, doi: 10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p131-149.

Malik, S., & Agarwal, A. (2012). Use of Multimedia as a New Educational Technology Tool–A Study. International Journal of Information and Education Technology, 2(5), 468–471. https://doi.org/10.7763/ijiet.2012.v2.181

Masykur, R., Nofrizal, Syazali, M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8i2.

Miftahuddin, M. (2020). Pengembangan Permainan Kartu Hitung sebagai Media Pembelajaran Perkalian pada Siswa Kelas IV. Salatiga: Tesis Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Salatiga.

Mustafidah, H., Aryanto, D. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Interaktif Kalkulus-II dalam Peningkatan Prestasi Belajar. Jurnal Techno Volume 11 (2). Halaman: 84-93.

Pradana, L. N. & Sholikhah, O. H. (2018). Vitual Mathematics Kits (VMK): Mempromosikan Media Digital dalam Literasi Matematika. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Volume 2 (2).

Roemintoyo, R., Miyono, N., Murniati, N. A. N., & Budiarto, M. K. (2022). Optimising The Utilisation of Computer-Based Technology Through Interactive Multimedia for Entrepreneurship Learning. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(1), 105–119. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i1.6686.

Rosli, D. I. , et. al. (2017). Six to Ten Digits Multiplication Fun Learning Using Puppet Prototype. Journal of Physics: Conf. Series 795 (1) 012003: IOP Publishing.

Ş. Gökçearslan, E. Solmaz, and B. K. Coşkun. (2019). Critical Thinking and Digital Technologies. Journal Rapid Autom, no. January, pp. 1407–1433. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-8060-7.ch066.

Sanaky, A. H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Shofa, H., & Surjono, H. D. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Role Playing Games (RPG) pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP/MTs kelas VIII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 151–164. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15048.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2011). Instructional Technology & Media For Learning Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana.

Suparno, S. (2018). Development of E-Book Multimedia Model to Increase Critical Thinking of Senior High School Students. Dinamika Pendidikan, 12(2), 196– 206. https://doi.org/10.15294/dp.v12i2.13567.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Weng, F., Yang, R.-J., Ho, H.-J., & Su, H.-M. (2018). A TAM-Based Study of the Attitude towards Use Intention of Multimedia among School Teachers. Applied System Innovation, 1(3), 1–9. https://doi.org/10.3390/asi1030036.

Downloads

Published

2025-10-13

How to Cite

Purnamasari, A., Ma’rufi, M., Patmaniar, P., & Alam, S. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1457–1468. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7003

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>