EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VARIASI MEDIA DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD

Authors

  • Zetna Bethony Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Ma’rufi Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Patmaniar Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Syamsu Alam Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

pengembangan, variasi media, aktivitas, hasil belajar

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan variasi media dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SD. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas I UPT SD Negeri 081 Busak sebanyak 17 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Instrumen penelitian terdiri dari pretest, posttest, dan lembar observasi aktivitas siswa. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada Borg & Gall (1993) yang terdiri dari 10 langkah yaitu studi pendahuluan (research and information colleting), perencanaan (planning), pengembangan desain produk (develop premilinary form of product), uji coba produk awal (preliminary field tasting), revisi produk I (main product revision), uji coba lapangan utama (main filed tasting), revisi produk II (operational product revision), uji operasional (operational field testing), revisi produk akhir (final product revision), diseminasi dan implementasi (dissemination and implementation). Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah penggunaan variasi media dalam pembelajaran, yaitu rata-rata nilai pretest adalah 71,18 meningkat menjadi rata-rata nilai posttest 84,71. Selanjutnya, penggunaan variasi media dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa SD, ditunjukkan dengan hasil rata-rata observasi aktivitas siswa secara keseluruhan mencapai 3,46 dan berada dalam kategori aktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Bennet, A, B. (2012). Mathematics for Elementary Teachers: A Conceptual Approach 9th ed. New York: The Mc Graw-Hill Companies, Inc.
Bhaskaran, M. (2006). Evaluation of Memory in Abacus Learners. Indian J Physiol Pharmacil, 50(3): 225 – 233.
Boggan, M., Sallie, H., & Anna, W. (2010). Using manipulatives to teach elementary mathematics. Journal of Instructional Pedagogis, Volume 3 June 2010.
Chruchman, S. L. (2006). Bringing math home. Chicago: Zephyr Press.
Djamarah, S. B., & Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Freudenthal, H. (2002). Revisiting Mathematics Education. New York, Boston, Dordrecht, London, Moscow: Kluwer Academic Publishers.
Geeta, N & Rahul, D. G. (2014). Enhanced learning with abacus and its analysis using by technology. I.J. Modern Education and Computer Science, 9, halaman 22-27.
Ma, L. (2010). Knowing and Teaching Elementary Mathematics. New York: Rotuledge.
Musser, G. L. (2011). Mathematics for Elementary Teachers: A Contemporary Approach Ninth Edition. United States of America: John Wiley & Sons, Inc.
Reys. (2009). Helping Children Learn Mathematic. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.
Runtukahu, J. T & Selpius, K. (2016). Pembelajaran matematika dasar bagi anak berkesulitan belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Selter, C. (2002). Additional and substraction of three digits numbers: Germany elementary children’s successs, methods, and strategies. Educational Studies in Mathematics. Halaman 145 – 173.
Smaldino, S. E. (2006). Instructional technology and media for learning eight edition. Ohio: Pearson.
Smaldino, S. E., Lowther , Deborah L., Russel, James D. (2008). Instructional Technology and Media for Learning (Ninth Edition). NJ: Pearson Education Inc.
Sukayati. (2011). Pembelajaran Pecahan di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Widyaiswara PPPPTK Matematika.
Sulistiyani, Wahyudi, & Ngatman. (2014). Penggunaan pendekatan realistic mathematics education (rme) dalam meningkatkan pembelajaran matematik.
Sundayana. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.
The National Council of Teachers of Mathematics, Inc. (2000). Principles and standard for school mathematic. VA.
Van de Walle, J. A. (2013). Elementary and middle school mathematics eight edition. New Jersey: Pearson.
Webb, David C, Henk van der Kooij, & Moniva, R. G. (2011). Journal of Mathematics Education at Teachers College. Spring-Summer. Volume w, page 47-52.
Winarni, S. (2012). Model Cooperative Learning dan Individual Learning dalam Pendidikan Jasmani untuk Mengembangkan Empati dan Toleransi, Laporan Penelitian. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Bethony, Z. ., Ma’rufi, M., Patmaniar, P., & Alam, S. . (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VARIASI MEDIA DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 484–493. Retrieved from https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/5254

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>