EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X IPA DI SMA NEGERI 2 LUWU
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.5251
Keywords:
Kemampuan Penalaran Matematis, Model Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Kemampuan penalaran matematis siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Luwu sebelum dan sesudah diterapkan model problem based learning. 2) Keterlaksanaan pembelajaran siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Luwu selama diterapkan model problem based learning. 3) Aktivitas belajar matematika pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Luwu selama diterapkan model problem based learning. 4) Respon siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Luwu setelah diterapkan model problem based learning. 5) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Luwu setelah diterapkan model problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Luwu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Eksperimen dengan desain penelitian One Grup Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dengan populasi yaitu seluruh kelas X IPA SMA Negeri 2 Luwu dan sampel yaitu kelas X IPA 3. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan One sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Kemampuan penalaran matematis siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Luwu sebelum di terapkannya model problem based learning berada pada kriteria kurang dan cukup baik, sedangkan kemampuan penalaran matematis siswa sesudah diterapkan model problem based learning berada pada kriteria baik dan sangat baik. 2) Keterlaksanaan pembelajaran siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Luwu selama diterapkan model problem based learning berada pada kriteria sangat baik. 3) Aktivitas belajar matematika pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Luwu selama diterapkan model problem based learning berada pada kategori sangat aktif. 4) Respon siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Luwu setelah diterapkan model problem based learning berada pada kategori sangat baik. 5) Terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Luwu setelah diterapkan model problem based learning dan berada pada kategori tinggi.
Downloads
References
Adhelina, Hala, Y., & A, A. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) SMP Negeri 2 Ulaweng. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2).
Agung, P., & Yuesti, A. (2019). Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif Dan Kualitatif. CV. Noah Aletheia.
Akbarita, R., & Narendra, R. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa SMK pada Materi Fungsi, Persamaan Fungsi Linier dan Fungsi Kuadrat.
Ambarwati, L., & Trisnawati, N. (2021). Keefektifan Pembelajaran Jarak Jauh bagi Siswa pada Mata Pelajaran Korespondensi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(2), 158–170. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.39564
Aminah, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Genta Mulia, XI(1), 6–12.
Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. LEMMA: Letters Of Mathematics Education, 8(2), 61–75.
Arif, L., Yuanita, P., & Hutapea, N. M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 423–436.
Fadila, R. N., Lutfiani, E. A., R, I. S., Veronika, N., Rachmanto, D., & Arfinanti, N. (2020). Efektivitas pengelolaan sumber daya sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 81–88. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.28997
Fadli, M., Mirunnisa, & Muhsin. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Dalam Jurnal Biomafika | (Vol. 1, Nomor 1).
Gustiadi, A., Agustyaningrum, N., Hanggara, Y., & Kepulauan, U. R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Dimensi Tiga (Vol. 4).
Hamzah, F., Mujib, A., & Firmansyah. (2022). Efektivitas Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Schoology Pada Pelajaran Matematika. Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 95–104. https://doi.org/10.31941/delta.v10i1.1501
Hasibuan, M., Minarni, A., & Amry, Z. (2022). Pengaruh Kemampuan Awal Matematis dan Model Pembelajaran (PjBL dan PBL) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2298–2317.
Herawati, R., Retnowati, R., & Harijanto, S. (2021). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Penguatan Supervisi Akademik Dan Disiplin Kerja. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 9(1). https://doi.org/10.33751/jmp.v9i1.3369
Hidayati, S. (2020). Analysis of Mathematic Reasoning Ability Assess from Learning Independence and Learning Interest. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. http://afeksi.id/jurnal/index.php/afeksi
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5–11.
Husna, A., Hasanah, R., & Nugroho, P. (2021). Efektivitas Program Tahfidz Al-Quran Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1), 47–54. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.10689
Husniah, A., & Azka, R. (2022). Modul Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Ilyas, M., Ma’rufi, & Nisraeni. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Pustaka Ramadhan.
Ismail, M., Kurniawansyah, E., & Fauzan, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pendemi Covid-19 Pada Mahasiswa Prodi PPKN FKIP Unram. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 5(4), 2598–9944. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i4.2559/http
Kadir, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Edmodo Di Man Lhokseumawe. Jurnal Numeracy, 7(2). https://www.researchandmarkets.com/research/lzl2z6/indonesia_digital
Kasturi, Ma’rufi, & Nurdin. (2022). Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1).
Khaeroh, A., Anriani, N., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Tirtamath : Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika , 2(1).
Khairani, M., Sukmawati, & Nasrun. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SDB 1 Lejang Kabupaten Pangkep. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 429. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1885
Kotto, M. A., Babys, U., & Gella, N. J. M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Melalui Model PBL (Problem Based Learning). Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 5(1), 24–27. https://doi.org/10.24246/juses.v5i1p24-27
Kriswinarso, T. B., Suaedi, & Ma’rufi. (2021). Penalaran Mahasiswa Calon Guru Matematika Yang Memiliki Gaya Berpikir Sekuensial Abstrak Dalam Menyelesaikan Soal HOTS. Pedagogy, 6(1).
Muhsin, & Taufiq. (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. SEMDI UNAYA, 542–533. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/semdiunaya
Munir, M., & Sholehah, H. (2019). Strategi Guru Dalam Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Penalaran Matematika Siswa. de Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).
Nurulaeni, F., & Rahma, A. (2022). Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika. JURNAL PACU PENDIDIKAN DASAR JURNAL PGSD UNU NTB, 2(1), 2807–1107. https://unu-ntb.e-journal.id/pacu
Oktaviana, V., & Aini, I. N. (2021). Dekripsi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.587-600
Putri, U. H. (2019). Efektivitas dan Efisiensi Pembiayaan Pendidikan.
Rahman, A., Munandar, S. A. ;, Fitriani, A., Karlina, Y. ;, & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul
Ramadhana, R., & Hadi, A. (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Berbantuan LKPD Elektronik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 380–389. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1778
Rasmuin, R., & Khatima, K. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 9–14. https://doi.org/10.55340/japm.v9i1.1126
Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa (Vol. 2, Nomor 1).
Sardia, Ma’rufi, & Ilyas, M. (2020). Kemampuan Penalaran Siswa Sanguinis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Berdasarkan Gender. Pedagogy, 5.
Setiawan, M. A., & Maghfirah, I. S. (2021). Efektivitas Aplikasi Zoom Dalam Proses Pembelajaran Matematika The Effectiveness Of The Zoom Application In The Mathematics Learning Process. BITNET Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 33–37. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/bitnet
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Qosim Jurnal Pendidikan, Sosial & Humoniora, 1(1).
Tahirah, N. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII MTS. ISTIQAMAH BOARDING SCHOOL MAROS (Vol. 1, Nomor 1).
Vatillah, V., Ambarwati, L., & El Hakim, L. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Dan Self Regulated Learning Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13(2), 313.
Widyanawati, S., & Firmansyah, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IX Pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika). https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584–3593. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2650
Zulfa, T., Tursinawati, T., & Darnius, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2111–2120. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5451
Zulkarnain, I., & Masruroh, A. (2020). Meningkatkan Penalaran Matematika Melalui Pembinaan Olimpiade Sains Kota/Kabupaten Matematika Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.