META ANALISIS: MODEL PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5930

Authors

  • Ratna Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Nurdin Nurdin Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Rustiani S Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Suarti Djafar Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Putriyani S Universitas Muhammadiyah Enrekang

Keywords:

Kata Kunci: Project-Based-Learning (PjBL), Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar matematika dengan menggunakan metode meta-analisis. Sebanyak 10 artikel yang diterbitkan antara 2020 hingga 2025 dipilih berdasarkan kriteria tertentu, yaitu artikel eksperimen yang memiliki kelompok kontrol dan eksperimen serta data kuantitatif seperti jumlah sampel, nilai rata-rata, dan simpangan baku. Data dikumpulkan dari Google Scholar dan Publish or Perish. Ukuran efek setiap artikel dihitung menggunakan rumus Cohen’s d dan dikategorikan menjadi kecil, sedang, besar, dan sangat besar. Selain itu, dilakukan uji dua rata-rata (t-test) untuk menguji signifikansi perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa 70% artikel memiliki ukuran efek yang sangat besar, 20% besar, dan 10% kecil, yang menunjukkan bahwa penerapan PjBL memiliki dampak yang kuat terhadap peningkatan hasil belajar matematika. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen adalah 74,24, lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yang hanya 60,84, dengan nilai t-hitung 9,961 yang jauh lebih besar dari t-tabel 1,96. Ini berarti ada perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Kesimpulannya, model PjBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa karena dapat menghubungkan konsep abstrak dengan konteks nyata melalui proyek yang bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akthori, O., Nadzifa, H., & Setyaningsih, N. (2023). Implementasi Model PBL Berbasis Peta Konsep dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Keaktifan Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(02), 1254–1264.
Aliyah, D. N., Purnamasari, V., Article, H., Based, P., Terhadap, L., & Belajar, H. (2024). http://journal.upgris.ac.id/index.php/cm KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NWRINGINJAJAR 03. Cerdas Mendidik, 3(24), 227–234.
Ardi, Nurdin , Putriyani S , Rustiani S, S. D. (2024). Kognitif. 4(September), 1035–1047.
Azura, D., Nisa, S., Suriani, A., Hamka, J., Tawar Bar, A., Padang Utara, K., Padang, K., & Barat, S. (2024). Studi Literatur: Implementasi Model Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 267–281. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i2.2651
Djafar, S., S, P., Hafsyah, H., S, R., & Firdiani, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inside-Outside-Circle (IOC) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMAN 2 Enrekang. Journal on Education, 6(1), 2129–2138. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3209
Febriyanti, B., Suarjana, I. M., & Bayu, G. W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Gugus VII Kecamatan Buleleng. Innovative, 3(3), 12–23.
Himiyawati, A., & Ardani, A. (2024). Himiyawati , A ., Ardani , A . – Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 5 SD EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS Prodi PGSD , Universitas Pera. 11(2), 1164–1174.
Jamaludin, U., Adya Pribadi, R., & Sarni, S. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Ipa Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3247–3256. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1015
Kartikasari, N., Rahman, S., & Ahyan, S. (2023). Model Project-Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Kegiatan Lesson Study. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 289–298. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1344
Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL). Mimbar Ilmu, 25(1), 1. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24468
Kumesan, S. L. (2024). Model Project-Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang : Suatu Eksperimentasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tondano Model Project-Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang : Suatu Eksperimentasi Pada Sis. 4(2).
Luthfiyah, Yumna, A., & Rafianti, I. (2024). Pengaruh Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 15301–15309.
Mangangantung, J., Pantudai, F., & Rawis, J. A. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1163–1173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4962
Maryanti, I., Dachi, S. W., Learning, P. B., & Belajar, P. (2024). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi. Proceeding International Seminar of Islamic Studies, 5(1), 1767–1773.
Minangkabau, L., S, P., Djafar, S., & Nurdin, N. (2024). Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(2), 846–858. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i2.1961
Nuraeni, R. S. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI. Jurnal Pendidikan, 9(2), 1–13.
Nurniyati, T., Djafar, S., S, P., & Nurdin. (2024). Meta Analisis Pendekatan Etnomatematika dalam MeningkatkanKemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 08(November), 1981–1992.
Pangalila, M. S. T., Regar, V. E., & Monoarfa, J. F. (2024). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING ( PJBL ) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG THE APPLICATION OF PROJECT BASED LEARNING ( PJBL ) MODEL IN MATHEMATICS LEARNING ABOUT CURVED SIDE SPACE BUILDING MATERIAL. 7(2).
Putri Fatimah, Muhammad Makki, U. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 2(02), 420–426. https://doi.org/10.47709/jpsk.v2i02.1796
Rahmawati, A., Setiawan, E., Finanda, R. P., & Susilo, B. E. (2024). Kajian Literatur: Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Media Camtasia Studio. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 510–516. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
Sari, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V SDN 24 Batangase. International Journal of Elementary School Teacher, 2(2), 1–16. https://doi.org/10.26858/ijest.v2i2.30983
Tilari, A. G., Firmansyah, F. A., & Cipta, E. S. (2024). Pengaruh model project-based learning berbantuan geogebra terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar di madrasah ibtidaiyah. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(2), 385–396. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i2.18105
Widianti, Nurdin, Hafsyah , Putriyani S, R. S. (2024). Meta Analisis: Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan TPS. Journal of Education Research, 5(4), 1–11.
Yuliana, Wijayanti, S., & Yuwono, M. R. (2022). Tantangan pembelajaran matematika mobile problem based learning (mpbl) pada flipped classroom untuk membangun kemampuan berpikir kritis siswa A . Pendahuluan Kondisi pandemi mewabah sangat lama sejak dari tahun 2019 hingga sekarang , serta kemajuan ilmu. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 101–118.
Yuni Pusvita, Zamzaili, & Hari Sumardi. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Kota Bengkulu. Jurnal Math-UMB.EDU, 11(2), 137–143. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i2.5255

Downloads

Published

2025-06-04

How to Cite

Ratna, Nurdin, N., Rustiani S, R. S., Djafar, S., & Putriyani S, P. S. (2025). META ANALISIS: MODEL PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 438–456. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5930