META ANALISIS: MODEL PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5930
Keywords:
Kata Kunci: Project-Based-Learning (PjBL), Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar matematika dengan menggunakan metode meta-analisis. Sebanyak 10 artikel yang diterbitkan antara 2020 hingga 2025 dipilih berdasarkan kriteria tertentu, yaitu artikel eksperimen yang memiliki kelompok kontrol dan eksperimen serta data kuantitatif seperti jumlah sampel, nilai rata-rata, dan simpangan baku. Data dikumpulkan dari Google Scholar dan Publish or Perish. Ukuran efek setiap artikel dihitung menggunakan rumus Cohen’s d dan dikategorikan menjadi kecil, sedang, besar, dan sangat besar. Selain itu, dilakukan uji dua rata-rata (t-test) untuk menguji signifikansi perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa 70% artikel memiliki ukuran efek yang sangat besar, 20% besar, dan 10% kecil, yang menunjukkan bahwa penerapan PjBL memiliki dampak yang kuat terhadap peningkatan hasil belajar matematika. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen adalah 74,24, lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yang hanya 60,84, dengan nilai t-hitung 9,961 yang jauh lebih besar dari t-tabel 1,96. Ini berarti ada perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Kesimpulannya, model PjBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa karena dapat menghubungkan konsep abstrak dengan konteks nyata melalui proyek yang bermakna.
Downloads
References
Aliyah, D. N., Purnamasari, V., Article, H., Based, P., Terhadap, L., & Belajar, H. (2024). http://journal.upgris.ac.id/index.php/cm KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NWRINGINJAJAR 03. Cerdas Mendidik, 3(24), 227–234.
Ardi, Nurdin , Putriyani S , Rustiani S, S. D. (2024). Kognitif. 4(September), 1035–1047.
Azura, D., Nisa, S., Suriani, A., Hamka, J., Tawar Bar, A., Padang Utara, K., Padang, K., & Barat, S. (2024). Studi Literatur: Implementasi Model Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 267–281. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i2.2651
Djafar, S., S, P., Hafsyah, H., S, R., & Firdiani, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inside-Outside-Circle (IOC) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMAN 2 Enrekang. Journal on Education, 6(1), 2129–2138. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3209
Febriyanti, B., Suarjana, I. M., & Bayu, G. W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Gugus VII Kecamatan Buleleng. Innovative, 3(3), 12–23.
Himiyawati, A., & Ardani, A. (2024). Himiyawati , A ., Ardani , A . – Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 5 SD EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS Prodi PGSD , Universitas Pera. 11(2), 1164–1174.
Jamaludin, U., Adya Pribadi, R., & Sarni, S. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Ipa Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3247–3256. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1015
Kartikasari, N., Rahman, S., & Ahyan, S. (2023). Model Project-Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Kegiatan Lesson Study. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 289–298. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1344
Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL). Mimbar Ilmu, 25(1), 1. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24468
Kumesan, S. L. (2024). Model Project-Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang : Suatu Eksperimentasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tondano Model Project-Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang : Suatu Eksperimentasi Pada Sis. 4(2).
Luthfiyah, Yumna, A., & Rafianti, I. (2024). Pengaruh Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 15301–15309.
Mangangantung, J., Pantudai, F., & Rawis, J. A. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1163–1173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4962
Maryanti, I., Dachi, S. W., Learning, P. B., & Belajar, P. (2024). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi. Proceeding International Seminar of Islamic Studies, 5(1), 1767–1773.
Minangkabau, L., S, P., Djafar, S., & Nurdin, N. (2024). Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(2), 846–858. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i2.1961
Nuraeni, R. S. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI. Jurnal Pendidikan, 9(2), 1–13.
Nurniyati, T., Djafar, S., S, P., & Nurdin. (2024). Meta Analisis Pendekatan Etnomatematika dalam MeningkatkanKemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 08(November), 1981–1992.
Pangalila, M. S. T., Regar, V. E., & Monoarfa, J. F. (2024). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING ( PJBL ) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG THE APPLICATION OF PROJECT BASED LEARNING ( PJBL ) MODEL IN MATHEMATICS LEARNING ABOUT CURVED SIDE SPACE BUILDING MATERIAL. 7(2).
Putri Fatimah, Muhammad Makki, U. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 2(02), 420–426. https://doi.org/10.47709/jpsk.v2i02.1796
Rahmawati, A., Setiawan, E., Finanda, R. P., & Susilo, B. E. (2024). Kajian Literatur: Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Media Camtasia Studio. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 510–516. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
Sari, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V SDN 24 Batangase. International Journal of Elementary School Teacher, 2(2), 1–16. https://doi.org/10.26858/ijest.v2i2.30983
Tilari, A. G., Firmansyah, F. A., & Cipta, E. S. (2024). Pengaruh model project-based learning berbantuan geogebra terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar di madrasah ibtidaiyah. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(2), 385–396. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i2.18105
Widianti, Nurdin, Hafsyah , Putriyani S, R. S. (2024). Meta Analisis: Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan TPS. Journal of Education Research, 5(4), 1–11.
Yuliana, Wijayanti, S., & Yuwono, M. R. (2022). Tantangan pembelajaran matematika mobile problem based learning (mpbl) pada flipped classroom untuk membangun kemampuan berpikir kritis siswa A . Pendahuluan Kondisi pandemi mewabah sangat lama sejak dari tahun 2019 hingga sekarang , serta kemajuan ilmu. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 101–118.
Yuni Pusvita, Zamzaili, & Hari Sumardi. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Kota Bengkulu. Jurnal Math-UMB.EDU, 11(2), 137–143. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i2.5255
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.