Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Demonstrasi dan Make a Match Siswa Kelas V UPT SDN 289 Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5668Keywords:
Meningkatkan, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Demonstrasi, Make A MatchAbstract
Urgensi penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang ditunjukkan oleh capaian nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), serta terbatasnya penggunaan metode pembelajaran inovatif yang mampu memfasilitasi pemahaman konsep sosial secara efektif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V UPT SDN 289 Pinrang melalui penerapan metode demonstrasi dan Make A match. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SDN 289 Pinrang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 28 orang, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024, tepatnya dari bulan Januari hingga Maret 2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, catatan lapangan, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk melihat peningkatan nilai hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada prasiklus, rata-rata nilai hasil belajar siswa adalah 30%. Setelah penerapan metode demonstrasi dan Make A match pada siklus I, rata-rata nilai hasil belajar meningkat menjadi 60%. Hasil pelaksanaan siklus II, terjadi peningkatan rata-rata nilai hasil belajar menjadi 80%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode demonstrasi dan Make A match efektif dalam meningkatkan nilai hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V UPT SDN 289 Pinrang
Downloads
References
Aksa, F. I., Utaya, S., Bachri, S., & Handoyo, B. (2020). Investigating the role of geography education in enhancing earthquake preparedness: Evidence from Aceh, Indonesia. Geomate Journal, 19(76), 9-16.
Alviana, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Metode Make A Match Pada Materi Ciri Khusus Makhluk Hidup Di Kelas VI: Improving Students Learning Outcomes By Using Make A Match Method On The Special Characteristics Of Living Things In Class VI. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 43-50. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.3048
Andayani, T., & Madani, F. (2023). Peran Penilaian Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 924-930. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4402
Apriani, L. N., & Hatami, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match dan Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar IPS. SOCIAL PEDAGOGY: Journal of Social Science Education, 4(2), 179-190. https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v4i2.7618
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Aslach, Z. (2020). Pengaruh Kreativitas Siswa Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Kalisari 01. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 30-43. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.7.1.30-43
Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2020). Implications for educational practice of the science of learning and development. Applied developmental science, 24(2), 97-140. https://doi.org/10.1080/10888691.2018.1537791
Fariza, N. A., & Kusuma, I. H. (2024). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(3), 1-10. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.453
Khauzanah, A. N., & Wardani, K. W. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Berbasis Literasi Digital Dengan Model Project Based Learning pada Siswa Kelas V SD Negeri Secang 1. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i3.79069
Marpaung, M. E., Tanwijaya, P., Huberta, G. A., Belo, N. W., Fewsan, K., & Susanti, T. (2025). Studi Komparasi dan Implementasi Pemberantasan Korupsi Dalam Praktik Suap dan Penyalahgunaan Wewenang. Jurnal Sosial Teknologi, 5(3), 709-720. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32052
Ningtyas, E. S., & Wuryani, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Make-a Match Berbantuan Media Komik Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(1), 66-74.
Nurchasanah, H. (2020). Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran tematik melalui contextual teaching and learning berbantu media powerpoint pada siswa kelas II SD Negeri 3 Bojong Kabupaten Purbalingga tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Kualita Pendidikan, 1(3), 44-51. https://doi.org/10.51651/jkp.v1i3.7
Prawito, B. A. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi dan Media Pembelajaran (Alat Peraga IPA) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasi Digital, 2(2), 132–138. https://doi.org/10.54065/jld.2.2.2022.187
Prayunisa, F., & Muhsinun, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Sman 1 Suralaga Materi Pokok Stoikiometri Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Global Education, 2(2), 196-201. https://doi.org/10.55681/jige.v2i2.126
Sambawarana, A. A. N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(4), 446-452. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45871
Sukamtini, S. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Materi Perkembangan Teknologi Menggunakan Group Investigation . Jurnal Literasi Digital, 3(2), 82–88. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.167
Suriansyah, A., & Aslamiah, A. (2015). Strategi kepemimpinan kepala sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat dalam membentuk karakter siswa. Cakrawala Pendidikan, (2), 87061. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4828
Wahyuni, I., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Penerapan Model PBL Berbantuan Role Playing untuk Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 356-363. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16152
Widyastuti, R. (2022). Kemampuan Psikomotor Dalam Memainkan Alat Musik Melalui Metode Demonstrasi Siswa. Jurnal Dieksis ID, 2(1), 47–54. https://doi.org/10.54065/dieksis.2.1.2022.83
Zhein, U. A., Condro, R., & Nurudin, N. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar IPS melalui Metode Mind Mapping Siswa Kelas IV SDN 1 Purwogondo. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 224-227. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.226
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.