Pengaruh Penggunaan Teknologi Berbasis AI terhadap Keterampilan Berhitung pada Materi Penjumlahan di Koksai Anusorn School

Authors

  • Riska Damayanty Siregar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Chairunnisa Amelia Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5841

Keywords:

Pengaruh, Penggunaan Teknologi, Artificial Intelligence, Keterampilan Berhitung, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berhitung siswa, khususnya dalam materi penjumlahan, yang menjadi kendala dalam memahami konsep dasar matematika. Banyak siswa belum mampu menguasai keterampilan ini sehingga kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI) terhadap keterampilan berhitung siswa kelas II di Koksai Anusorn School. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II yang berjumlah 30 orang dan dijadikan sampel melalui teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data berupa tes tertulis terkait materi penjumlahan, dengan analisis data yang meliputi uji validitas, normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi berbasis AI memberikan pengaruh signifikan terhadap keterampilan berhitung siswa. Uji independent t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang berarti hipotesis alternatif diterima. Rata-rata nilai keterampilan berhitung siswa di kelas kontrol sebelum perlakuan adalah 4,67, tergolong rendah, sedangkan pada kelas eksperimen setelah penerapan AI, nilai rata-rata meningkat menjadi 8,60, tergolong tinggi. Temuan ini membuktikan bahwa penggunaan teknologi AI dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa secara signifikan dan menjadi pendekatan efektif dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidah, A., Aklima, A., & Razak, A. (2022). Tantangan guru sekolah dasar dalam menghadapi era society 5.0. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 769-776. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.498

Ahudulu, S. N. (2020). Penggunaan media gambar dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian bilangan asli pada siswa kelas II SDN 01 Duhiadaa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(1), 45-50. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.4.1.45-50.2018

Darulanda, H., Padangjati, A. N., & Al-Marami, Z. (2024). Narasi Populer tentang AI dalam Pendidikan: Studi Literatur Wacana Daring. Jurnal Literasi Digital, 3(2), 99–109. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.601

Darwis, U. (2024). Implementasi Teknologi Artificial Intelegence Dalam Bidang Pendidikan. JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(1), 72-79. https://doi.org/10.32696/jip.v5i1.3153

Daulay, M. I., & Daulay, D. H. (2025). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk Anak Usia Dini. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 158-167. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.8681

Holmes, W. (2019). Artificial intelligence in education: Promises and implications for teaching and learning. Center for Curriculum Redesign.

Kesuma, D. P., & Fransen, L. A. (2025). Implementasi Instrumen MAILS (Meta AI Literacy Scale) Untuk Pengukuran Tingkat Literasi AI Pada Mahasiswa Ilmu Komputer. Jurnal Sistem Informasi, Manajemen dan Teknologi Informasi, 3(1), 25-36. https://doi.org/10.33020/jsimtek.v3i1.811

Kisno, K., Fatmawati, N., Rizqiyani, R., Kurniasih, S., & Ratnasari, E. M. (2023). Pemanfaatan teknologi artificial intelligences (ai) sebagai respon positif mahasiswa piaud dalam kreativitas pembelajaran dan transformasi digital. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 4(1), 44-56. https://doi.org/10.32332/ijigaed.v4i1.7878

Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Nurdesiana, N., Sukmawati, S., & Ramdani, R. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berhitung Operasi Penjumlahan Bilangan Asli Menggunakan Media Manik-Manik Pada Siswa Kelas I SDN N0. 14 Inpres Cikowang Kabupaten Takalar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 09-26. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i2.2862

Nurhami, N., Muharram, N., & Susanti, W. (2024). Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa SMA Negeri 9 Luwu melalui Pembelajaran Etno-Matematika Berbasis Augmented Reality. Jurnal Dieksis ID, 4(2), 128–140. https://doi.org/10.54065/dieksis.4.2.2024.521

Riyandi, M., Salim, A., & Qomario, Q. (2024). Efektivitas Program AI dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa di Orbit Future Academy. Journal of Education Research, 5(2), 2150-2154. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1101

Saraswati, L., Sukartiningsih, W., & Subrata, H. (2024). Analisis Kebutuhan Awal Penggunaan Media Visual Berbasis AI dalam Keterampilan Berbicara. Journal of Education Research, 5(3), 3544-3556. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1164

Sidabutar, H., & Munthe, H. P. (2022). Artificial Intelligence dan implikasinya terhadap tujuan pembelajaran pendidikan agama Kristen. JMPK: Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, 2(2), 76-90. https://doi.org/10.51667/jmpk.v2i2.1078

Sitorus, M., & Murti, M. D. F. (2024). Analisis pengaruh penggunaan artificial intelligence pada pembelajaran di cyber university. Innotech: Jurnal Ilmu Komputer, Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 1(2), 90-101.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. literasi media publishing.

Sutrisno, A. B., & Syukur , S. W. . (2023). Desain Pedagogis Pembajaran Project Based Learning (PBL) dalam Pendidikan Seni STEAM . Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(2), 130–143. https://doi.org/10.54065/pelita.3.2.2023.386

Usmaedi, U. (2021). Education curriculum for society 5.0 in the next decade. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi (JPDS), 4(2), 63-79.

Widaningsih, R., Irianto, D. M., & Yuniarti, Y. (2023). Pembelajaran Berbasis Tpack Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(1), 9-16. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p9-16

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis penelitian kuantitatif. Perspektif: Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96-102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540

Yuniarti, F., & Nurjannah, A. (2025). EcoLingua: Optimizing Indonesian Learning through Lumen5 in Digital Era. EBONY: Journal of English Language Teaching, Linguistics, and Literature, 5(1), 53-68. https://doi.org/10.37304/ebony.v5i1.18467

Published

2025-05-31

How to Cite

Siregar, R. D., & Amelia, C. (2025). Pengaruh Penggunaan Teknologi Berbasis AI terhadap Keterampilan Berhitung pada Materi Penjumlahan di Koksai Anusorn School. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 566–577. https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5841

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.