Pengaruh Sikap Kreatif, Konsep Diri dan Kesiapan Diri Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Mahasiswa Pendidikan Dasar

  • Patmawati Halim Universitas Terbuka
  • M. Arifin Zaidin Universitas Terbuka
Keywords: Sikap Kreatif, Konsep Diri, Kesiapan Diri, Menulis Deskripsi, Pendidikan Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap kreatif, konsep diri, dan kesiapan diri dengan kemampuan menulis deskripsi mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian 227 orang dan sampel yang ditetapkan 34 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ada dua, yaitu tes menulis deskripsi mahasiswa dan non tes berupa kuesioner Pendidikan Dasar di UPBJJ UT Makassar. Teknik pengumpulan data digunakan teknik kuesioner tertutup dan tes menulis wacana deskripsi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasional regresi linear sederhana dan regresi ganda product moment dengan fasilitas SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap kreatif dengan kemampuan menulis wacana deskripsi mahasiswa Pendidikan Dasar, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara konsep diri dengan kemampuan menulis deskripsi mahasiswa Pendidikan Dasar, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kesiapan diri dengan kemampuan menulis deskriptif mahasiswa Pendidikan Dasar, dan (4) hasil analisis secara bersama-sama. Temuan dalam penelitian ini adalah antara sikap kreatif dengan kemampuan menulis deskripsi mahasiswa memiliki pengaruh signifikan, sedangkan Konsep Diri dan Kesiapan Diri tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Implikasi sikap kreatif, konsep diri, dan kesiapan diri yang kuat memberikan kontribusi peningkatan kemampuan menulis wacana deskripsi mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Andinny, Y. (2015). Pengaruh Konsep Diri dan Berpikir Positif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2)

Amin, I. (2021). Terampil menulis Sinopsis dan Resensi Karya Sastra. GUEPEDIA.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage Publications.

Mamahit, C. E. (2019). Analysis To The Influence Of Time Management And Teaching Motivation On Lecturer’s Performance. Jurnal Manajerial, 18(1), 1-12.

Farida, N. (2014). Pengaruh Sikap Kreatif Terhadap Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2).

Harmini, T. (2017). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Kalkulus. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 145-158.

Hatmo T.K. (2021). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Klaten-Jateng: Lakeisha

Handayani, S. D. (2016). Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Irawan, S. (2017). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39-48.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Meria, L., & Tamzil, F. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Untuk Berubah Dan Kinerja Karyawan.

Mulyani, D (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 27-31.

Panuntun D.F. (2021). Seni dan Kepemimpinan Pada Masa Pasca Pandemi Mata Kami, CV Feniks Muda Sejahtera

Putri, M. (2017). Pengaruh Sikap Kreatif dan Gaya Belajar Siswa terhadap Pemahaman Membaca Siswa Kelas XI di SMK YPM Zain Pauh Kambar Padang Pariaman. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Santoso, S. (2018). Mahir Statistik Multivariat dengan SPSS. Elex Media Komputindo.

Sitepu, A. S. M. B. (2019). Pengembangan Kreativitas Siswa. Guepedia.

Sanusi, S. R. (2015). Beberapa Uji Validitas dan Reliabilitas pada Instrumen Penelitian (Some tests of validity and reliability of research instrument). Universitas Sumatera Utara.

Sukarelawati, M. S. (2019). Komunikasi Interpersonal Membentuk Sikap Remaja. Pt Penerbit IPB Press.

Suharnan. (2011). Kreativitas Teori dan Pengembangan. Surabaya: Laros.

Siddik, M. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Deskripsi. Tunggal Mandiri Publishing.

Weber, A. M., & Leuchter, M. (2022). Fostering Children's Block Building Self-Concepts and Stability Knowledge Through Construction Play. Journal of Applied Developmental Psychology, 80

Yulikasari, R., & Pramusinto, H. (2016). Pengaruh Kesiapan Belajar, Kompetensi Profesional Guru Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Kearsipan. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 825-825.

Ziaei, T., Gordani, N., Khoori, E., Tatari, M., & Gharahjeh, S. (2021). Evaluating Correlation of General Self-Concept with Sexual Self-Concept in Infertile Women. Journal of Research Development in Nursing and Midwifery, 18(2), 26-28.

Published
31-10-2022
How to Cite
Halim, P., & Zaidin , M. A. (2022). Pengaruh Sikap Kreatif, Konsep Diri dan Kesiapan Diri Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Mahasiswa Pendidikan Dasar . Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(2), 219-227. https://doi.org/10.30605/cjpe.522022.2263