Pengaruh Sikap Kreatif, Konsep Diri dan Kesiapan Diri Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Mahasiswa Pendidikan Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap kreatif, konsep diri, dan kesiapan diri dengan kemampuan menulis deskripsi mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian 227 orang dan sampel yang ditetapkan 34 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ada dua, yaitu tes menulis deskripsi mahasiswa dan non tes berupa kuesioner Pendidikan Dasar di UPBJJ UT Makassar. Teknik pengumpulan data digunakan teknik kuesioner tertutup dan tes menulis wacana deskripsi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasional regresi linear sederhana dan regresi ganda product moment dengan fasilitas SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap kreatif dengan kemampuan menulis wacana deskripsi mahasiswa Pendidikan Dasar, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara konsep diri dengan kemampuan menulis deskripsi mahasiswa Pendidikan Dasar, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kesiapan diri dengan kemampuan menulis deskriptif mahasiswa Pendidikan Dasar, dan (4) hasil analisis secara bersama-sama. Temuan dalam penelitian ini adalah antara sikap kreatif dengan kemampuan menulis deskripsi mahasiswa memiliki pengaruh signifikan, sedangkan Konsep Diri dan Kesiapan Diri tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Implikasi sikap kreatif, konsep diri, dan kesiapan diri yang kuat memberikan kontribusi peningkatan kemampuan menulis wacana deskripsi mahasiswa
Downloads
Metrics
References
Andinny, Y. (2015). Pengaruh Konsep Diri dan Berpikir Positif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2)
Amin, I. (2021). Terampil menulis Sinopsis dan Resensi Karya Sastra. GUEPEDIA.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage Publications.
Mamahit, C. E. (2019). Analysis To The Influence Of Time Management And Teaching Motivation On Lecturer’s Performance. Jurnal Manajerial, 18(1), 1-12.
Farida, N. (2014). Pengaruh Sikap Kreatif Terhadap Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2).
Harmini, T. (2017). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Kalkulus. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 145-158.
Hatmo T.K. (2021). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Klaten-Jateng: Lakeisha
Handayani, S. D. (2016). Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).
Irawan, S. (2017). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39-48.
Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Meria, L., & Tamzil, F. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Untuk Berubah Dan Kinerja Karyawan.
Mulyani, D (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 27-31.
Panuntun D.F. (2021). Seni dan Kepemimpinan Pada Masa Pasca Pandemi Mata Kami, CV Feniks Muda Sejahtera
Putri, M. (2017). Pengaruh Sikap Kreatif dan Gaya Belajar Siswa terhadap Pemahaman Membaca Siswa Kelas XI di SMK YPM Zain Pauh Kambar Padang Pariaman. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).
Santoso, S. (2018). Mahir Statistik Multivariat dengan SPSS. Elex Media Komputindo.
Sitepu, A. S. M. B. (2019). Pengembangan Kreativitas Siswa. Guepedia.
Sanusi, S. R. (2015). Beberapa Uji Validitas dan Reliabilitas pada Instrumen Penelitian (Some tests of validity and reliability of research instrument). Universitas Sumatera Utara.
Sukarelawati, M. S. (2019). Komunikasi Interpersonal Membentuk Sikap Remaja. Pt Penerbit IPB Press.
Suharnan. (2011). Kreativitas Teori dan Pengembangan. Surabaya: Laros.
Siddik, M. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Deskripsi. Tunggal Mandiri Publishing.
Weber, A. M., & Leuchter, M. (2022). Fostering Children's Block Building Self-Concepts and Stability Knowledge Through Construction Play. Journal of Applied Developmental Psychology, 80
Yulikasari, R., & Pramusinto, H. (2016). Pengaruh Kesiapan Belajar, Kompetensi Profesional Guru Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Kearsipan. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 825-825.
Ziaei, T., Gordani, N., Khoori, E., Tatari, M., & Gharahjeh, S. (2021). Evaluating Correlation of General Self-Concept with Sexual Self-Concept in Infertile Women. Journal of Research Development in Nursing and Midwifery, 18(2), 26-28.
Copyright (c) 2022 Patmawati Halim, M. Arifin Zaidin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.