Pengaruh Literasi Digital dan Iklim Sekolah terhadap Kreativitas Guru Sekolah Dasar di Gugus Langensari dan Palasari Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5574Keywords:
Pengaruh, Literasi Digital, Iklim Sekolah, Kreativitas GuruAbstract
Pengembangan mutu pendidikan sangat bergantung pada gagasan dan kreativitas guru di dalamnya. Pendidikan saat ini, banyak dipengaruhi perkembangan teknologi sehingga guru dituntut untuk mampu meningkatkan kemampuan literasi digital yang ditunjang dengan iklim sekolah sebagai pendukung ketersediaan ruang dan waktu kreatif guru dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh literasi digital terhadap kreativitas guru, pengaruh iklim sekolah terhadap kreativitas guru, serta pengaruh literasi digital dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap kreativitas guru sekolah dasar. Fokus penelitian ini pada dua variabel independen, yaitu literasi digital (X1) dan iklim sekolah (X2) serta variabel dependen yaitu kreativitas guru (Y). Penelitian ini dilakukan pada guru sekolah dasar di Gugus Langensari dan Palasari Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor dengan populasi berjumlah 158 responden dan sampel sebanyak 113 responden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi antara variabel literasi digital dan kreativitas guru sebesar 0,681 dengan tingkat hubungan kuat. Koefisien determinasi sebesar 0,463 yang berarti bahwa literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas guru sebesar 46,30% dan sisanya dipengaruhi faktor lain. Nilai koefisien korelasi antara variabel iklim sekolah dan kreativitas guru sebesar 0,762 dengan tingkat hubungan kuat. Koefisien determinasi sebesar 0,581 yang berarti bahwa iklim sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas guru sebesar 58,10% dan sisanya dipengaruhi faktor lain. Nilai koefisien korelasi berganda antara variabel literasi digital, iklim sekolah, dan kreativitas guru sebesar 0,820 dengan tingkat hubungan sangat kuat. Koefisien determinasi sebesar 0,673 yang berarti bahwa literasi digital dan iklim sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas guru sebesar 67,30% dan sisanya dipengaruhi faktor lain.
Downloads
References
Aini, D. F. N., & Nuro, F. R. M. (2023). Analisis Kompetensi Literasi Digital Guru sebagai Pendukung Keterampilan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 840–851. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4744
Alanoglu, M., Aslan, S., & Karabatak, S. (2022). Do Teachers’ Educational Philosophies Affect Their Digital Literacy? The Mediating Effect of Resistance to Change. Education and Information Technologies, 27(3), 3447–3466. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10753-3
Ida, R., Wahyudi, I., Kinasih, S. E., & Rozi, R. F. (2024). Literasi Digital Informasi Kebencanaan selama Erupsi Gunung Semeru pada Perempuan Terdampak di Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 15(1), 29-51. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v15i1.4179
Aniqoh, S., Anas Ma`arif, M., & Kartiko, A. (2022). Kreativitas Guru Al-Qur’an dalam Mendesain Model Pembelajaran Berbasis Literasi Digital dalam Masa Pandemi. Center Of Education Journal (CEJou), 2(02), 30–42. https://doi.org/10.55757/cejou.v2i02.21
Ardhyantama, V. (2020). Pengembangan Kreativitas Berdasarkan Gagasan Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 73–86. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i1.1502
Asakir, I., & Mahmudah, F. (2022). Kreativitas dan Inisiatif Guru dalam Pengembanggan Mutu Pembelajaran Online. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 31-40. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1541
Cahyono, A. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Efektif Kepala Sekolah Dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sd Negeri Di Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1168-1177. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.761
Dongoran, A. T., & Batubara, I. H. (2021). Pengaruh Iklim Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 2(1), 1–16. https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v2i1.7110
Ghifar, R., Yusuf, A. E., Sumardi, S., & Wulandari, F. (2019). Peningkatan Kreativitas Guru Melalui Pengembangan Supervisi Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 790-799. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1328
Hidayat, R., & Patras, Y. E. (2024). Teacher Innovativeness: The Effect of Self-Efficacy, Transformational Leadership, and School Climate. Journal of Pedagogical Research, 8(1), 208–222. https://doi.org/10.33902/JPR.202424547
Hidayati, S., Fauziah, N., & Fitriah. (2023). Analisis Literasi Digital Guru Kelas. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 933–954. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2057
Ideswal, Yahya, & Alkadri, H. (2020). Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 460–466. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.381
Jumini. (2023). Development of Teacher Innovativeness Instruments in the Face of Educational Innovation. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 247–256. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.523
Lamusu, Y., Ansar, A., & Suking, A. (2023). Hubungan Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Student Journal of Educational Management, 1-12. https://doi.org/10.37411/sjem.v3i1.1683
Lestari, R. A., Gistituati, N., Jasrial, & Syahril. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin Jambi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 11(2), 83–90. https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i2.117449
Limbong, S., & Nasrul, H. W. (2021). Korelasi Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Sekolah Dan Fasilitas Pembelajaran Dengan Kreatifitas Guru. Jurnal Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 1(3), 341-355. https://doi.org/10.33373/jmob.v1i3.3738
Mursak, M., Edwita, E., Yatimah, D., Abduh, I., & Usbah, M. (2024). Inovasi Program Literasi di SDN 9 Banawa: Mengatasi Problematika Literasi Sekolah. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1191-1200. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4883
Nada, A. Q., & Indrawan, D. (2023). Analisis Tingkat Literasi Digital Guru Pendidikan Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(1), 9–15. https://doi.org/10.30605/cjpe.612023.2481
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Oktaviani, N. (2023). Kreativitas Guru dalam Inovasi Pendidikan di Indonesia. Thesis Commons, 1, 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.31237/osf.io/9g2an
Patras, Y. E. (2017). Hubungan Kepuasan Kerja dan Iklim Organisasi dengan Komitmen Organisasional Guru. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 454–460. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v9i1.6668
Pohan, S. S., & Suparman, S. (2020). Perspektif Literasi Digital bagi Guru Sekolah Dasar. Seuneubok Lada: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 7(2), 164-178. https://doi.org/10.33059/jsnbl.v7i2.2932
Sartana, F., Entang, M., Patras, Y. E., & Harijanto, S. (2020). Peningkatan Kreativitas Kerja Guru dengan Memperbaiki Budaya Organisasi dan Efikasi Diri. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 41–45. https://doi.org/10.33751/jmp.v8i1.1964
Sukmadewi, R. (2022). Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan yang Melayani (Servant Leadership) Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Nasional, 2(1), 65–83. https://doi.org/10.55249/jpn.v2i1.36
Terry, H., Umbase, R. S., Pelealu, A. E., Burdam, Y., & Dasfordate, A. (2018). Teacher Creativity and School Climate. Proceedings of the 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018), 226(Icss), 708–710. https://doi.org/10.2991/icss-18.2018.143
Wajdi, M., Akib, T., Natsir, M., Hasan, E., & Abidin. (2021). Hubungan Antara Kecakapan Literasi Digital dengan Kreativitas Mengajar Guru dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(3), 214–222. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i3.259
Zayas, J. D. M., & Rofi'ah, N. (2022). The effect of digital literacy skills on improving teacher creativity. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 3(2), 168-174. https://doi.org/10.21154/insecta.v3i2.5100
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.