Pengaruh Literasi Digital dan Iklim Sekolah terhadap Kreativitas Guru Sekolah Dasar di Gugus Langensari dan Palasari Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor

Authors

  • Yudi Junaedi Pascasarjana Universitas Terbuka
  • Yuyun Elizabeth Patras Universitas Pakuan
  • Suciati Suciati Pascasarjana Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5574

Keywords:

Pengaruh, Literasi Digital, Iklim Sekolah, Kreativitas Guru

Abstract

Pengembangan mutu pendidikan sangat bergantung pada gagasan dan kreativitas guru di dalamnya. Pendidikan saat ini, banyak dipengaruhi perkembangan teknologi sehingga guru dituntut untuk mampu meningkatkan kemampuan literasi digital yang ditunjang dengan iklim sekolah sebagai pendukung ketersediaan ruang dan waktu kreatif guru dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh literasi digital terhadap kreativitas guru, pengaruh iklim sekolah terhadap kreativitas guru, serta pengaruh literasi digital dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap kreativitas guru sekolah dasar. Fokus penelitian ini pada dua variabel independen, yaitu literasi digital (X1) dan iklim sekolah (X2) serta variabel dependen yaitu kreativitas guru (Y). Penelitian ini dilakukan pada guru sekolah dasar di Gugus Langensari dan Palasari Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor dengan populasi berjumlah 158 responden dan sampel sebanyak 113 responden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi antara variabel literasi digital dan kreativitas guru sebesar 0,681 dengan tingkat hubungan kuat. Koefisien determinasi sebesar 0,463 yang berarti bahwa literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas guru sebesar 46,30% dan sisanya dipengaruhi faktor lain. Nilai koefisien korelasi antara variabel iklim sekolah dan kreativitas guru sebesar 0,762 dengan tingkat hubungan kuat. Koefisien determinasi sebesar 0,581 yang berarti bahwa iklim sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas guru sebesar 58,10% dan sisanya dipengaruhi faktor lain. Nilai koefisien korelasi berganda antara variabel literasi digital, iklim sekolah, dan kreativitas guru sebesar 0,820 dengan tingkat hubungan sangat kuat. Koefisien determinasi sebesar 0,673 yang berarti bahwa literasi digital dan iklim sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas guru sebesar 67,30% dan sisanya dipengaruhi faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, D. F. N., & Nuro, F. R. M. (2023). Analisis Kompetensi Literasi Digital Guru sebagai Pendukung Keterampilan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 840–851. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4744

Alanoglu, M., Aslan, S., & Karabatak, S. (2022). Do Teachers’ Educational Philosophies Affect Their Digital Literacy? The Mediating Effect of Resistance to Change. Education and Information Technologies, 27(3), 3447–3466. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10753-3

Ida, R., Wahyudi, I., Kinasih, S. E., & Rozi, R. F. (2024). Literasi Digital Informasi Kebencanaan selama Erupsi Gunung Semeru pada Perempuan Terdampak di Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 15(1), 29-51. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v15i1.4179

Aniqoh, S., Anas Ma`arif, M., & Kartiko, A. (2022). Kreativitas Guru Al-Qur’an dalam Mendesain Model Pembelajaran Berbasis Literasi Digital dalam Masa Pandemi. Center Of Education Journal (CEJou), 2(02), 30–42. https://doi.org/10.55757/cejou.v2i02.21

Ardhyantama, V. (2020). Pengembangan Kreativitas Berdasarkan Gagasan Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 73–86. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i1.1502

Asakir, I., & Mahmudah, F. (2022). Kreativitas dan Inisiatif Guru dalam Pengembanggan Mutu Pembelajaran Online. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 31-40. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1541

Cahyono, A. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Efektif Kepala Sekolah Dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sd Negeri Di Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1168-1177. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.761

Dongoran, A. T., & Batubara, I. H. (2021). Pengaruh Iklim Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 2(1), 1–16. https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v2i1.7110

Ghifar, R., Yusuf, A. E., Sumardi, S., & Wulandari, F. (2019). Peningkatan Kreativitas Guru Melalui Pengembangan Supervisi Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 790-799. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1328

Hidayat, R., & Patras, Y. E. (2024). Teacher Innovativeness: The Effect of Self-Efficacy, Transformational Leadership, and School Climate. Journal of Pedagogical Research, 8(1), 208–222. https://doi.org/10.33902/JPR.202424547

Hidayati, S., Fauziah, N., & Fitriah. (2023). Analisis Literasi Digital Guru Kelas. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 933–954. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2057

Ideswal, Yahya, & Alkadri, H. (2020). Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 460–466. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.381

Jumini. (2023). Development of Teacher Innovativeness Instruments in the Face of Educational Innovation. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 247–256. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.523

Lamusu, Y., Ansar, A., & Suking, A. (2023). Hubungan Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Student Journal of Educational Management, 1-12. https://doi.org/10.37411/sjem.v3i1.1683

Lestari, R. A., Gistituati, N., Jasrial, & Syahril. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin Jambi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 11(2), 83–90. https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i2.117449

Limbong, S., & Nasrul, H. W. (2021). Korelasi Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Sekolah Dan Fasilitas Pembelajaran Dengan Kreatifitas Guru. Jurnal Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 1(3), 341-355. https://doi.org/10.33373/jmob.v1i3.3738

Mursak, M., Edwita, E., Yatimah, D., Abduh, I., & Usbah, M. (2024). Inovasi Program Literasi di SDN 9 Banawa: Mengatasi Problematika Literasi Sekolah. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1191-1200. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4883

Nada, A. Q., & Indrawan, D. (2023). Analisis Tingkat Literasi Digital Guru Pendidikan Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(1), 9–15. https://doi.org/10.30605/cjpe.612023.2481

Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32

Oktaviani, N. (2023). Kreativitas Guru dalam Inovasi Pendidikan di Indonesia. Thesis Commons, 1, 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.31237/osf.io/9g2an

Patras, Y. E. (2017). Hubungan Kepuasan Kerja dan Iklim Organisasi dengan Komitmen Organisasional Guru. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 454–460. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v9i1.6668

Pohan, S. S., & Suparman, S. (2020). Perspektif Literasi Digital bagi Guru Sekolah Dasar. Seuneubok Lada: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 7(2), 164-178. https://doi.org/10.33059/jsnbl.v7i2.2932

Sartana, F., Entang, M., Patras, Y. E., & Harijanto, S. (2020). Peningkatan Kreativitas Kerja Guru dengan Memperbaiki Budaya Organisasi dan Efikasi Diri. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 41–45. https://doi.org/10.33751/jmp.v8i1.1964

Sukmadewi, R. (2022). Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan yang Melayani (Servant Leadership) Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Nasional, 2(1), 65–83. https://doi.org/10.55249/jpn.v2i1.36

Terry, H., Umbase, R. S., Pelealu, A. E., Burdam, Y., & Dasfordate, A. (2018). Teacher Creativity and School Climate. Proceedings of the 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018), 226(Icss), 708–710. https://doi.org/10.2991/icss-18.2018.143

Wajdi, M., Akib, T., Natsir, M., Hasan, E., & Abidin. (2021). Hubungan Antara Kecakapan Literasi Digital dengan Kreativitas Mengajar Guru dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(3), 214–222. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i3.259

Zayas, J. D. M., & Rofi'ah, N. (2022). The effect of digital literacy skills on improving teacher creativity. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 3(2), 168-174. https://doi.org/10.21154/insecta.v3i2.5100

Published

2025-03-26

How to Cite

Junaedi, Y., Patras, Y. E., & Suciati, S. (2025). Pengaruh Literasi Digital dan Iklim Sekolah terhadap Kreativitas Guru Sekolah Dasar di Gugus Langensari dan Palasari Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 301–318. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5574

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.